Libuše

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Přemysl dan Libuše, patung oleh Josef Václav Myslbek (1881), sekarang di Vyšehrad

Libuše (Ceska; di dalam bahasa Jerman Libussa atau Libuscha) adalah seorang leluhur mitos Dinasti Přemyslid dan Ceko sebagai kesatuan. Libuše merupakan putri yang terbijak di antara ketiga saudarinya dan bernubuat pondasi Praha (yang di dalam bahasa Ceska berarti: "permulaan") dari kastilnya Libušín (menurut legenda kemudian, Vyšehrad). Ia dianggap telah mendirikan kota Praha selama abad ke-8.

Libuše juga merupakan nama komunitas Ceko di Rapides Parish, Louisiana.

Kisah[sunting | sunting sumber]

Libuše dari "Promptuarii Iconum Insigniorum"

Libuše konon adalah putri mitos yang sama penguasa Ceko Krok, dan saudari bungsu di antara saudari-saudarinya, penyembuh Kazi dan penyulap Teta. Ia dipilih oleh ayahnya sebagai pewarisnya (giudice). Meksipun ia membuktikan dirinya sendiri sebagai seorang pemimpin yang bijak, pihak laki-laki dari suku ini tidak suka memiliki seorang pemimpin wanita.

Mereka meminta Libuše untuk memilih seorang pangeran laki-laki untuk rakyat, dan ia menghubungkan sebuah visi dimana ia melihat seorang petani dengan sandal yang rusak, sedang membajak sebuah ladang. Ia memerintahkan kanselirnya untuk mencari pria tersebut, mencatat bahwa mereka akan menemukan pria itu yang sedang membajak. Pencarian mereka mengarah mereka ke Přemysl dari desa Stadice, yang ditemukan di tempat persis seperti yang diramalkan.

Sejak Přemysl meninggalkan bajaknya di tengah lapangan dimana ia membajak, kelaparan telah diantisipasi diwalayah ini dan tidak benar-benar terjadi. Dua grandee yang ditemukan Přemysl membawanya ke istana pangeran. Přemysl Pembajak Tanah kemudian menjadi pemimpin; Libuše menikahinya dan menjadi ibu Nezamysl. Hal ini merupakan permulaan Dinasti Přemyslid di dalam wilayah Ceko.

Seni[sunting | sunting sumber]

Figur mitos Libuše memberi bahan untuk beberapa karya dramatis, termasuk sebuah tragedi oleh Franz Grillparzer, sebuah opera oleh Bedřich Smetana dan sebuah novel oleh Miloš Urban, Pole a palisáda. Ia juga tampil di dalam sebuah karakter di dalam permainan Edward Einhorn, Rudolf II.[1]

Kisah Libuše dan Přemysl telah diceritakan secara detail oleh Cosmas dari Praha di dalam Chronica Boëmorumnya (XII c.).

Pada tahun 2009 sebuah film Amerika-Ceko kisah Libuše dan Přemysl diterbitkan dengan nama The Pagan Queen.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rudolf II, world premiere

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]