Bedřich Smetana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Potret Bedřich Smetana

Bedřich Smetana (diucapkan:ˈbɛdr̝ix ˈsmɛtana); lahir 2 Maret 1824 – meninggal 12 Mei 1884 pada umur 60 tahun) dianggap sebagai salah satu komponis terbesar Ceko pada abad ke-19. Ia paling terkenal karena puisi simfonisnya Vltava (Moldau), bagian kedua dari siklus enam komposisi yang diberi judul Má vlast (Negaraku).

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Smetana adalah anak seorang pembuat bir di Litomyšl di Bohemia, yang saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Austria. Sejak kecil ia belajar piano dan biola, dan bermain di sebuah kuartet gesek amatir dengan anggota-anggota keluarganya yang lain. Smetana belajar di SMA di Pilsen sejak 1840-1843. Ia belajar musik di Praha, meskipun mulanya ayahnya sangat menentangnya. Ia memperoleh kedudukan sebagai pemusik utama di sebuah keluarga bangsawan, dan pada 1848 ia mendapat dana dari Franz Liszt untuk mendirikan sekolah musiknya sendiri.

Monumen Smetana di Litomyšl

September 1855 menandai kematian anaknya yang kedua, anak perempuan empat tahun yang sangat dicintainya, Bedřiska. Ketika anaknya yang ketiga meninggal pula sembilan bulan kemudian, ia mengabdikan dirinya pada komposisi, menciptakan Piano Trio dalam G minor. Karya ini penuh dengan kesedihan dan keputusasaan, menggunakan ungkapan-ungkapan yang tidak lengkap, kemungkinan mirip dengan kehidupan anak perempuannya sendiri.

Pada 1856, Smetana pindah ke Gothenburg, Swedia, dan di sana ia mengajar, menjadi dirigen dan memberikan resital musik kamar. Pada 1863, kembali di Praha, ia membuka sebuah sekolah musik baru yang secara khusus mempromosikan musik khas Ceko. Pada 1874 ia menjadi tuli karena sifilis, tetapi ia terus mencipta; Má vlast ditulisnya setelah ia menjadi tuli. Sepertinya tuli saja tidak cukup, Smetana juga menderita karena dengungan di telinganya (tinnitus), yang membuat ia terus-menerus mendengar suara tinggi yang membuatnya gila, yang digambarkannya sebagai "siulan dari inversi akord A-mol dalam nada piccolo yang paling tinggi."

Sejak 1875 ia tinggal di sebuah desa kecil, Jabkenice.

Kuartet geseknya dalam E minor, Z mého života (Dari Kehidupanku, diciptakan pada 1876), yang pertama dari hanya dua kuartet, adalah sebuah karya otobiografis. Movement gerakhirnya ditandai oleh nada E tinggi yang melengking pada biola pertama yang, menurut Smetana, menggambarkan dampak yang menghancurkan dari tinnitus. Mungkin juga ia memberikan gambaran tentang kemalangan pribadinya dengan nada piccolo dalam Má vlast. Pada 1883 Smetana, yang menderita lebih jauh akibat dampak progresif enurologis dari penyakitnya, akhirnya menjadi gila, dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa di Praha. Pada tahun berikutnya ia meninggal dunia. Ia dikebumikan di Pekuburan Vyšehrad di Praha.

Smetana terkenal sebagai komponis pertama yang membuat karya musik yang khas Ceko. Banyak dari operanya didasarkan pada tema-tema Ceko, dan yang terkenal adalah komedi Pengantin yang Dibarter (1866). Ia menggunakan banyak irama dansa Ceko dan melodinya kadang-kadang mirip dengan lagu-lagu rakyat. Ia sangat berpengaruh terhadap Antonín Dvořák, yang juga menggunakan tema-tema Ceko dalam karya-karyanya.

Karya[sunting | sunting sumber]

Daftar lengkap opera Smetana secara kronologis:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Jiří Ramba: Slavné české lebky, antropologicko-lékařské nálezy jako pomocníci historie (Tengkorak Ceko Terkenal: temuan medis-antropologis sebagai pembantu dalam sejarah), Galén, 2005, Prague, ISBN 80-7262-325-7