Rudolf I dari Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rudolf I
Makam Rudolf  I di Speyer
Makam Rudolf  I di Speyer
Raja Jerman
(resminya Raja Romawi)
Memerintah 29 September 1273 – 15 Juli 1291
(17 tahun, 289 hari)
Koronasi 24 Oktober 1273
Katedral Aachen
Pendahulu (Richard dari Cornwall)
Interregnum
Pengganti Adolf dari Nassau
Adipati Austria dan Stiria
Memerintah 26 Agustus 1278 – 27 Desember 1282
(4 tahun, 123 hari)
Pendahulu Ottokar II dari Bohemia
Pengganti Albrecht I
Adipati Kärnten
Memerintah 26 Agustus 1278 – 1 Februari 1286
(7 tahun, 159 hari)
Pendahulu Ottokar II dari Bohemia
Pengganti Meinhard II dari Gorizia-Tirol
Pasangan Gertrud dari Hohenburg
Isabelle dari Burgundia
Anak
Albrecht I dari Jerman
Pangeran Hartmann
Rudolf II dari Austria
Mathilde, Adipati Wanita Bayern
Katharina, Adipati Wanita Bayern
Agnes, Adipati Wanita Sachsen
Hedwig, Mangravine Brandenburg
Clementia, Ratu Hongaria
Guta, Ratu Bohemia dan Polandia
Ayah Albrecht IV, Pangeran Habsburg
Ibu Hedwige von Kyburg
Lahir 1 Mei 1218
Meninggal 15 Juli 1291 (umur 73)
Dikubur Katedral Speyer
Rudolf I dari Jerman lukisan kaca di kapel Santo Jerome di balai kota di Olomouc, (Republik Ceko).

Rudolf I (juga dikenal sebagai Rudolf dari Habsburg) (bahasa Jerman: Rudolf von Habsburg, bahasa Latin: Rudolphus) (1 Mei 121815 Juli 1291) merupakan Raja Romawi dari tahun 1273 sampai kematiannya. Ia memainkan peranan penting di dalam meningkatkan Wangsa Habsburg ke posisi memimpin di antara permusuhan berbagai wangsa kerajaan. Aslinya pangeran Swabia, ia merupakan anggota keluarga Habsburg yang pertama yang mendapatkan wilayah adipati Austria dan Stiria, wilayah-wilayah yang akan tinggal dibawah pemerintahan Habsburg selama lebih dari 600 tahun dan akan membentuk jantung penguasa Wangsa Habsburg dan yang sekarang negara Austria.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Rudolf merupakan putra Pangeran Albrecht IV dari Habsburg dan Hedwig, putri Pangeran Ulrich dari Kyburg, dilahirkan di Puri Limburg dekat Sasbach am Kaiserstuhl di dalam wilayah Breisgau. Setelah kematian ayahnya pada tahun 1239, ia mewarisi harta yang besar dari ayahnya disekitar kedudukan leluhur di Puri Habsburg di dalam wilayah Aargau yang sekarang Swiss juga Alsace. Pada tahun 1245 Rudolf menikahi Gertrud, putri Pangeran Burkhard III dari Hohenberg. Akibatnya, ia menjadi kaki tangan yang penting di Swabia, bekas batang provinsi Alemannik Jerman .

Rudolf sering mengunjungi istana ayah angkatnya, Hohenstaufen Kaisar Friedrich II, dan kesetiaannya kepada Friedrich dan putranya, Raja Konrad IV dari Jerman, diberikan banyak jaminan tanah. Pada tahun 1254, ia dikucilkan oleh Paus Innosensius IV sebagai pendukung Raja Konrad, karena konflik politik di dalam Kerajaan, yang memerintah Kerajaan Sisilia dan ingin mendirikan kembali kekuasaannya di dalam Kerajaan Italia, terutama di wilayah Lombardia, dan kepausan, yang negaranya terletak di antara dan dicemaskan akan melampau kekuasaannya oleh Kaisar.

Mulai Berkuasa[sunting | sunting sumber]

Kekacauan di Jerman selama masa peralihan pemerintahan setelah dinasti Hohenstaufen jatuh membuka kesempatan untuk Pangeran Rudolph untuk meningkatkan kekuasaannya. Istrinya merupakan pewaris Hohenberg; dan atas kematian paman maternalnya yang tidak memiliki keturunan, Pangeran Hartmann IV dari Kyburg pada tahun 1264, ia juga menyita hartanya yang berharga. Permusuhan dengan Uskup-uskup Strasbourg dan Basel lebih jauh ditambah kekayaan dan reputasinya, termasuk hak-hak atas berbagai sistem wilayah yang ia beli dari kepala biara dan dengan yang lainnya.

Raja Jerman[sunting | sunting sumber]

Rudolf dimahkotai di Katedral Aachen pada tanggal 24 Oktober 1273. Untuk memenangkan kembali Paus, Rudolf mengumumkan seluruh hak-hak kerajaan di Roma, wilayah kepausan, dan Sisilia, dan berjanji untuk memimpin sebuah Perang Salib baru. Paus Gregorius X, dibalik protes Otakar, bukan hanya diakui oleh Rudolph sendiri, namun dibujuk oleh Raja Alfonso X dari Kastilia (cucu laki-laki Philipp dari Swabia yang lain), yang terpilih (anti-)raja Jerman pada tahun 1257 sebagai pewaris Pangeran Willem II dari Holland, untuk melakukan hal yang sama. Kemudian, Rudolf melampaui kedua pewaris wangsa Hohenstaufen yang tadinya ia layani dengan sangat setia.

Pada tahun 1281 istri pertamanya wafat. Pada tanggal 5 Pebruari 1284, ia menikahi Isabelle, putri Adipati Hugues IV dari Burgundia, negara tetangga kerajaan di bagian barat di dalam Kerajaan Perancis.

Rudolf tidak begitu berhasil di dalam memulihkan kedamaian internal. Perintah-perintah dengan pasti dikeluarkan untuk mendirikan wilayah-wilayah damai di Bayern, Franken dan Swabia, dan setelah itu untuk seluruh kerajaan. Namun raja kekurangan kekuasaan, sumber daya atau penentuan untuk memaksa mereka, meskipun di bulan Desember 1289 ia memimpin sebuah ekspedisi ke Thüringen dimana ia menghancurkan sejumlah puri perampok.

Pada tahun 1291, ia berupaya untuk menjaga pemilihan putranya Albrecht sebagai Raja Jerman. Akan tetapi, para pemilih menolak menuntut ketidakmampuan untuk mendukung dua raja, namun di dalam kenyataan, mungkin curiga dari meningkatnya kekuatan wangsa Habsburg. Setelah Rudolf mereka memilih Pangeran Adolf dari Nassau.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Rudolf meninggal di Speyer pada tanggal 15 Juli 1291, dan dimakamkan di Katedral Speyer. Meskipun ia memiliki keluarga besar, ia hanya memiliki seorang putra, Albrecht, setelah itu Raja Jerman Albrecht I. Banyak dari putri-putrinya yang hidup lebih lama darinya, kecuali Katharina yang meninggal pada tahun 1282 ketika melahirkan dan Hedwig yang meninggal pada tahun 1285/6.

Pemerintahan Rudolf yang paling dikenal adalah dengan mendirikan Wangsa Habsburg sebagai wangsa yang berkuasa di bagian tenggara kerajaan. Di dalam wilayah-wilayah lainnya, berabad-abad lamanya menolak otoritas kerajaan sejak masa-masa Penobatan Kontroversi dilanjutkan, dan sebagian besar pangeran dibiarkan dengan wilayah mereka sendiri.

Keluarga dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dua kali. Petama pada tahun 1245, dengan Gertrud dari Hohenberg dan kedua pada tahun 1284, dengan Isabelle dari Burgundia, putri Hugues IV, Adipati Burgundia dan Beatriz dari Navarra. Seluruh anaknya berasal dari pernikahan pertama.

  1. Albrecht I dari Jerman (Juli 1255 – 1 Mei 1308), Adipati Austria dan juga Stiria.
  2. Mathilde (sekitar 1251/53, Rheinfelden–23 Desember 1304, Munich), menikah 1273 di Aachen dengan Louis II, Adipati Bayern dan menjadi ibu Rudolf I, Pangeran Palatine dari Rhein dan Louis IV, Kaisar Romawi Suci.
  3. Katharina (1256–4 April 1282, Landshut), menikah 1279 di Wina dengan Otto III, Adipati Bayern yang kemudian (setelah kematiannya) menjadi yang diperdebatkan Raja Béla V dari Hongaria dan wafat tanpa keturunan.
  4. Agnes (sekitar 1257–11 Oktober 1322, Wittenberg), menikah 1273 dengan Albert II, Adipati Saxe-Wittenberg dan menjadi ibu Rudolf I, Pemilih Sachsen.
  5. Hedwig (wafat 1285/86), menikah 1270 di Wina dengan Otto VI, Margrave dari Brandenburg dan tanpa keturunan.
  6. Clementia (sekitar 1262–setelah 7 Februari 1293), menikah 1281 di Wina dengan Charles Martel dari Anjou, tuntuan kepausan atas tahta Hongaria dan ibu Raja Károly I dari Hongaria, juga Ratu Clementia dari Perancis, dirinya sendiri adalah ibu dari Raja Jean I dari Perancis.
  7. Hartmann (1263, Rheinfelden–21 Desember 1281), dibenamkan di Rheinau.
  8. Rudolf II, Adipati Austria dan Stiria (1270–10 Mei 1290, Praha), tituler Adipati Swabia, ayah Johann Parricida dari Austria.
  9. Guta (Jutte/Bona) (13 Maret 1271–18 Juni 1297, Praha), menikah 24 Januari 1285 dengan Raja Václav II dari Bohemia dan menjadi ibu Raja Václav III dari Bohemia, Polandia dan Hongaria, Ratu Anna Přemyslovna, Adipati Wanita Kärnten, dan Ratu Eliška Přemyslovna, puteri Bohemia.

Keturunan terakhir Rudolf I adalah Kaisarina Maria Theresa (meninggal tahun 1780).

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Artikel ini memuat teks dari Encyclopædia Britannica Eleventh Edition, publikasi yang sekarang berada di domain umum.

Rudolf I dari Jerman
Lahir: 1218 Wafat: 1291
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
saingan raja Richard dari Cornwall dan
Alfonso dari Kastilia
Raja Jerman
(resminya Raja Romawi)

29 September 1273 – 15 Juli 1291
(diperebutkan oleh Alfonso dari Kastilia 1273–1275)
Diteruskan oleh:
Adolf dari Nassau
Didahului oleh:
Ottokar II dari Bohemia
Adipati Austria dan dari Stiria
1278–1282
Diteruskan oleh:
Albert I
Rudolf II
Adipati Kärnten dan dari Carniola
1278–1282
Diteruskan oleh:
Meinhard II
(digadaikan tahun 1276, feodal tahun 1286)