Rudolf II dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rudolph I dari Bohemia dan Rudolf II, Adipati Austria.

Rudolph II dari Austria (1270 – 10 Mei 1290), putra Raja Rudolph dari Habsburg yang lebih muda dan Gertrude dari Hohenburg, merupakan Adipati Austria dan Stiria dari tahun 1282 sampai dengan tahun 1283, bergabung dengan abangnya Albert I, yang menggantikannya.

Di bulan Desember 1282 Raja Rudolph menginvestasikan putra-putranya dengan wilayah adipati Austria dan Stiria, yang ia sita untuk Istana Habsburg dari Raja Ottokar II dari Bohemia pada tahun 1276. Akan tetapi, di dalam Perjanjian Rheinfelden pada tanggal 1 Juni 1283 Rudolph II harus melepaskan saham demi saudaranya Albert. Untuk kompensasi ayahnya Raja Rudolph menunjuknya sebagai "Adipati Swabia" - kurang lebih sebuah gelar kehormatan, sebagai bekas batang kadipaten telah sejak lama musnah setelah adipati Hohenstaufen yang terakhir, Conradin yang masih muda terbunuh pada tahun 1268. Di Swabia bekas Pangeran-pangeran Habsburg hanya memegang berbagai wilayah yang lebih kecil, kemudian meningkat menjadi Austria Selanjutnya, yang Rudolph II sebenarnya tidak pernah menundanya.

Di dalam proses rekonsiliasi dengan Dinasti Přemyslid, Rudolph II pada tahun 1289 menikahi Agnes dari Bohemia, putri Raja Ottokar II dan Kunigunda dari Slavonia. Mereka memiliki seorang putra John. Rudolph tiba-tiba meninggal di Praha, dimana ia tinggal di istana saudara iparnya Raja Wenceslaus II, di thaun yang sama putranya lahir, di usianya yang ke-20.

Kegagalan saudaranya untuk memastikan bahwa Rudolf akan memberikan kompensasi yang adil untuk melepaskan tuntutannya atas tahta menyebabkan perselisihan di dalam dinasti Habsburg, menyebabkan pembunuhan Albert I oleh putra Rudolph, John "Parricida" pada tahun 1308.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Rudolph I
Adipati Austria dan Stiria
dengan Albert I
1282–1283
Diteruskan oleh:
Albert I