Kunhuta Uherská

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kunigunda dari Slavonia)
Kunhuta Uherská
Ratu Bohemia
Periode1261–1278
Penobatan1261
Informasi pribadi
Pemakaman
Praha
WangsaWangsa Rurik (oleh kelahiran)
Wangsa Přemyslid (oleh pernikahan pertama)
AyahRosztyiszláv Mihailovich
IbuAnna dari Hungaria
PasanganOttokar II dari Bohemia
Zavish, Maharaja Falkenstejn
AnakVáclav II dari Bohemia
Kunhuta Přemyslovna
Agnes, Adipati Wanita Austria

Kunhuta Uherská (1245 – 9 September 1285) (Bahasa Ceko: Kunhuta Uherská atau Kunhuta Haličská) merupakan Permaisuri Bohemia dan wali raja dari tahun 1278 sampai kematiannya. Ia merupakan anggota keluarga Wangsa Chernigov, dan putri penguasa Slavonia.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Ia kemungkinan lahir di Rutenia, di dalam wilayah kakek paternalnya Mikhail Vsevolodovich, Pangeran Agung Kiev. Orangtuanya adalah Rosztyiszláv Mihailovich, calon pemimpin Belgrade dan Slavonia, dan istrinya Anna dari Hungaria. Setelah kematian ayahnya, keluarga Kunhuta berlokasi di Hungaria, dimana kakek maternalnya, Béla IV dari Hungaria, membuat ayahnya gubernur dari sejumlah wilayah yang berbicara bahasa Serbia di Lembah Danube. Ayahnya mengumumkan dirinya sendiri sebagai Kaisar Bulgaria pada tahun 1256 namun tidak tinggal disana untuk mempertahankan gelarnya.

Kunhuta menikah - sebagai sebuah token aliansi dari kakek maternalnya Béla - kepada Raja Přemysl Otakar II dari Bohemia (sekitar 1233 – 1278) di Bratislava pada tanggal 25 Oktober 1261, diikuti perceraiannya dari Margarete dari Austria, Ratu Bohemia (sekitar 1204 – 1266) yang berusia lebih tua dan mandul, dan tidak mampu memberikan seorang keturunan untuk Raja.

Pernikahan: Ratu Bohemia[sunting | sunting sumber]

Kunhuta, 41 tahun lebih muda daripada Margarete, dan memberikan Ottokar beberapa orang anak:

Akan tetapi, kedamaian di antara Bohemia dan Hungaria berakhir setelah 10 tahun, ketika paman Kunhuta Stefan berkuasa sebagai Raja Hungaria.

Pada tahun 1278, Raja Otakar mencoba untuk memulihkan wilayahnya yang hilang dari Rudolf I dari Jerman pada tahun 1276. Ia bersekutu dan mengumpulkan sejumlah pasukan besar, tetapi ia dapat dikalahkan oleh Rodulf dan tewas terbunuh di medan Pertempuran Dürnkrut dan Jedenspeigen di March pada tanggal 26 Agustus 1278.

Moravia menyerah dan pemerintahannya dipercayakan kepada wakil Rudolf, meninggalkan Kunhuta, yang sekarang Ratu Bohemia dalam mengendalikan hanya provinsi yang mengelilingi Praha, dan Václav muda dijodohkan dan menikah dengan salah satu putri Rudolf, Guta.

Kehidupan kemudian[sunting | sunting sumber]

Kunhuta menikah kedua kalinya dengan seorang tokoh terkemuka Bohemia Záviš, Maharaja Falkenštejn, di Praha pad tahun 1285. Akan tetapi ia meninggal hanya beberapa bulan kemudian. Záviš hidup lebih lama darinya dan menikah lagi dengan Puteri Hungaria Erzsébet. Ia dieksekusi atas nama raja pada tanggal 24 August 1290.

Putra Kunhuta Václav II menyimpan Kerajaan Bohemia, dan juga berhasil mendapatkan Polandia dan Hungaria meskipun tidak terlalu lestari. Akhirnya, ia merupakan salah seorang leluhur penting Wangsa Luksemburg dan Habsburg.

Silsilah[sunting | sunting sumber]