Kekuatan besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kekuatan besar diakui dalam suatu struktur internasional seperti Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.[1][2][3] Ditunjukkan di sni adalah Ruang Dewan Keamanan.

Kekuatan besar adalah negara yang diakui memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruhnya dalam skala global. Ciri kekuatan besar adalah memiliki kekuatan militer dan dilomasi serta pengaruh kekuatan lunak yang bisa membuat kekuatan kecil mempertimbangkan pendapat kekuatan besar sebelum mengambil tindakan sendiri. Para pakar hubungan internasional berpendapat bahwa status kekuatan besar dapat dicirikan menjadi kapabilitas kekuatan, aspek spasial, dan dimensi status. Terkadang status kekuatan besar secara formal diakui dalam konferensi seperi Kongres Wina[1][4][5] atau suatu struktur internasional seperti Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.[1][2][6]

Isitlah "kekautan besar" pertama kali digunakan untuk menunjukkan negara-negara yang paling penting di Eropa pada masa pasca-Napoleon. "Kekuatan Besar" menegakkan "Kesepakatan Eropa" dan mengklaim memiliki hak untuk bersam-samaa menegaskan perjanjian pascaperang.[7] Formalisasi pembagian antara kekuatan kecil[8] dan kekuatan besar muncul dengan disepakatinya Perjanjian Chaumont pada tahun 1814. Sejak itu, keseimbangan kekuatan telah berganti berkali-kali, yang paling dramatis adalah pada Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Meskipun beberapa negara banyak dianggap sebagai kekuatan besar, namun tidak ada daftar tetapnya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Encarta
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama The_world_we_want
  3. ^ Kelsen, Hans (2000). The law of the United Nations: a critical analysis of its fundamental .... United States of America: The Lawbook Exchange, Ltd. hlm. 272–281, 911. ISBN 1-58477-077-5. 
  4. ^ Fueter, Eduard (1922). World history, 1815–1920. United States of America: Harcourt, Brace and Company. hlm. 25–28, 36–44. ISBN 1-58477-077-5. 
  5. ^ Danilovic, Vesna. "When the Stakes Are High—Deterrence and Conflict among Major Powers", University of Michigan Press (2002), p 27, p225-p228 (PDF chapter downloads) (PDF copy).
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Balance_of_Power
  7. ^ Charles Webster, (ed), British Diplomacy 1813–1815: Selected Documents Dealing with the Reconciliation of Europe, (1931), p307.
  8. ^ Toje, A. (2010). The European Union as a small power: After the post-Cold War. New York: Palgrave Macmillan.