Blok Sentral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Persekutuan militer Eropa pada 1915. Blok Sentral ditunjukkan dengan warna puce, Blok Entente warna abu-abu dan negara-negara yang netral kuning.
Peta dunia dengan Peserta Perang Dunia I. Sekutu dan koloni-koloninya berwarna hijau, blok Sentral dalam koloninya kuning, dan negara-negara yang netral abu-abu.
Kepala dari Blok Sentral. Dari Kiri Ke Kanan: Wilhelm II, Mehmed V Dan Franz Joseph.
Blok Sentral. Dari Kiri Ke Kanan: Wilhelm II dari Kekaisaran Jerman, Franz Joseph dari Austria-Hongaria, Mehmed V dari Kesultanan Utsmaniyah dan Ferdinand I dari Bulgaria.
Kartu Pos mengenai Blok Sentral.

Blok Sentral adalah negara-negara Jerman, Austria-Hongaria, Turki Utsmani, dan Bulgaria, yang berperang melawan Sekutu selama Perang Dunia I. Sebutan itu muncul karena negara-negara blok Sentral terletak antara Rusia di timur dan Prancis serta Britania Raya di barat.

Jerman dan Austria-Hongaria menjadi sekutu pada 7 Oktober 1879, kemudian bergabunglah (20 Mei 1882) (lihat Triple Sekutu) Italia, yang berlaku membatasi sekutu buat tujuan bertahan. Pada awal perang, permintaan Jerman dan Austria-Hongaria atas intervensi Italia, ditolak oleh Pemerinahan Italia berdasar fakta bahwa Austria dan bukan Serbia yang mendeklarasikan perang, maka itu bukan perang bertahan. Italia memasuki PD I pada 23 Mei 1915, di sisi Sekutu.

Menyusul pecahnya perang di Eropa pada Agustus 1914, Turki Ottoman ikut campur di akhir Oktober tehadap Rusia, menimbulkan pernyataan perang oleh Triple Entente --Rusia, Prancis dan Britania.

Bulgaria, yang masih benci setelah kekalahannya pada Juli 1913 pada sisi Serbia, Yunani, Rumania dan Kesultanan Turki Utsmani, ialah negara terakhir yang berperang melawan Entente, menyerang Serbia bersamaan dengan angkatan Jerman dan Austria-Hongaria pada Oktober 1915.

Bulgaria menandatangani gencatan senjata dengan Sekutu pada 29 September 1918, menyusul kemajuan mereka di Makedonia. Khilafah Turki Utsmani menyusul begitu pula pada 30 Oktober di depan keuntungan Inggris dan Arab di Palestina dan Suriah. Austria dan Hongaria menandatangani gencatan senjata secara terpisah selaam minggu pertama November menyusul perpecahan dalam tubuh Kekaisaran Habsburg, dan Jerman menandatangani gencatan senjata yang mengakhiri perang pada pagi 11 November setelah serangkaian kemajuan angkatan Belgia, Britania Raya, Perancis, dan Amerika Serikat di Perancis timur laut dan Belgia.

Anggota-anggota Blok Sentral yang menyerah menurut tanggal:

  • Bulgaria 29 September 1918
  • Turki Utsmani 30 Oktober 1918
  • Austria-Hongaria 4 November 1918
  • Jerman 11 November 1918

Lihat pula[sunting | sunting sumber]