Blok Poros

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
warna hijau adalah pihak Sekutu(hijau terang adalah yang bergabung setelah penyerangan ke Pearl Harbor), Negara-negara sentral berwarna biru dan warna abu-abu adalah negara netral
Bendera Jerman , Jepang , dan Italia dikibarkan berurutan di Kedubes Jepang di Tiergartenstraße (Jalan Zoo) , Berlin (September 1940)
Dua pemimpin blok poros, yaitu Duce Benito Mussolini (Italia) dan Führer Adolf Hitler (Jerman).
Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo (tengah) bersama perwakilan pemerintah sesama Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya. Di sebelah kiri Tojo, dari kiri ke kanan: Ba Maw dari Burma, Zhang Jinghui dari Manchuria, Wang Jingwei dari Cina. Di sebelah kanan Tojo, dari kiri ke kanan, Wan Waithayakon dari Thailand, José P. Laurel dari Filipina, Subhas Chandra Bose dari India.
"Teman-teman yang baik di tiga negara" (1938): propaganda kartu pos Jepang merayakan partisipasi Italia di Pakta Anti-Komintern pada tanggal 6 November 1937. Di atas, Hitler, Konoe dan Mussolini masing-masing di medali.
Axis powers
Achsenmächte
枢軸国
Potenze dell'Asse
Aliansi militer
1940–1945
Ibukota Tidak disebutkan
Struktur politik Aliansi militer
Era sejarah Perang Dunia II
 -  Pakta Tripartit 27 September 1940
 -  Pakta Anti-Komintern 25 November 1936
 -  Pakta Besi 22 Mei 1939
 -  Dibubarkan 2 September 1945

Negara-negara sentral adalah negara-negara yang menentang pihak Sekutu selama Perang Dunia II. Ada 3 negara utama dalam kekuatan poros yaitu; Nazi Jerman, Italia dan Kekaisaran Jepang. Pada puncak kejayaan mereka, Kekuatan Poros menguasai dominasi daerah yang sangat luas di Eropa, Asia, Afrika dan Oseania/Pasifik. Tetapi Perang Dunia II berakhir dengan kekalahan mereka. Seperti pihak Sekutu, keanggotaan Negara-negara Poros tidak tetap, dan beberapa negara bergabung dan kemudian meninggalkan Negara-negara Poros selama perang berlangsung.

Anggota Negara-negara Poros yang utama[sunting | sunting sumber]

Anggota Negara-negara Poros minoritas[sunting | sunting sumber]

Negara Boneka Jepang[sunting | sunting sumber]

Disini Indonesia tidak terlibat perang karena tidak mau bekerjasama dengan Jepang

Negara boneka Italia[sunting | sunting sumber]

Negara boneka Jerman[sunting | sunting sumber]

Negara lainnya yang berkoalisi[sunting | sunting sumber]

Bekas anggota[sunting | sunting sumber]