Daftar negara yang terlibat dalam Perang Dunia II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Daftar negara yang terlibat dalam Perang Dunia II :

Afghanistan[sunting | sunting sumber]

King Mohammed Zahir Shah berhasil menjauhkan kerajaannya yang terisolasi dari perang. Harga minyak naik dan kenaikan perdagangan negara lain dengan Afganistan membuatnya lebih kaya sepanjang perang.

Albania[sunting | sunting sumber]

Albania dipaksa untuk membantu Italia pada tahun 1939 sesaat sesudah Jerman menguasai Cekoslowakia. Albania tidak memiliki kemampuan untuk menahan serangan Italia dan pada akhirnya menjadi titik peluncuran serangan Itali ke negara Yunani. Setelah kegagalan Itali menyerang Yunani, kemudian pasukan Yunani menyerang balik dan merampas beberapa daerah Albania. Sesudah kampanye Jerman Balkan selesai pada tahun 1941, Albania menjadi pangkalan ganisun Italia di Balkan, yang kemudian diganti oleh pasukan Jerman sesudah Itali berganti pihak pada tahun 1943.

Argentina[sunting | sunting sumber]

Di bawah pemerintah militeristis Gral. Edelmiro T. Farrell, Argentina pada awalnya bersimpati pada Kekuasaan Poros. Tetapi, untuk sebab politik, Argentina bergabung dengan negara Amerika Latin lain dan menyatakan perang dengan Jerman dan Jepang kemudian pada tanggal 27 maret 1945. Sumbangan mereka di perang kecil.

Australia[sunting | sunting sumber]

Australia adalah salah satu negara yang paling pertama menyatakan perang dengan Jerman, yaitu pada tanggal 3 september 1938. Lebih dari 1 juta penduduk Australia, baik pria maupun wanita ikut dalam perang. Pada tahun 1942 (setelah pulau utama Australia pertama kali diserang) sampai akhir perang dunia kedua, Australia kebanyakan lebih berpartisipasi dalam perang Pasifik melawan Jepang.

Austria[sunting | sunting sumber]

Austria menjadi bagian dari reich Jerman pada tahun 1938 . Sesudah kekalahan Kekuatan Poros, Sekutu dan uni soviet membagi wilayah Austria pada akhir perang dunia kedua sampai tahun 1955, kemudian Austria menjadi negara republik yang mandiri sepenuhnya dibawah kondisi bahwa dia tetap netral.

Bahrain[sunting | sunting sumber]

Bahrain menyatakan perang kepada Jerman pada tanggal 10 September 1939. Pasukan Bahrain bertempur dibawah komando Inggris di Timur Tengah.

Belgia[sunting | sunting sumber]

Seperti Belanda, Belgia menyatakan netral dalam usaha untuk menghindari konflik perang antara Jerman dan Perancis. Tetapi Nazi Jerman tidak menghormati kenetralan Belgia dan menyerbu Belgia sebagai bagian dari penyerangan ke Perancis pada tahun 1940. Kemudian Belgia bergabung dengan Sekutu.

Bolivia[sunting | sunting sumber]

Bolivia adalah salah satu negara Amerika Latin yang menyatakan perang dengan Jerman pada akhir-akhir perang, bergabung dengan sekutu tanggal 4 desember 1943. Sesaat setelah pernyataan perang diumumkan, Presiden Bolivia Enrique Peñaranda digulingkan. Pemimpin baru, Gualberto Villarroel, seorang fasis dan cenderung kontra dan anti-Semit, tetapi tekanan luar negeri memaksa Villarroel untuk tetap ikut perang dan mengusir simpatisan Nazi di antara para pendukungnya. Bolivia adalah penyuplai utama bahan perang, dan timah kepada Sekutu.

Borneo[sunting | sunting sumber]

(sekarang ini pecah menjadi 3; negara Brunei, wilayah Malaysia bagian timur dan wilayah Indonesia yang dikenal dengan nama Kalimantan)
Borneo sebenarnya adalah nama pulau, sewaktu perang dunia kedua dikuasai oleh angkatan laut Jepang, dan pada tahun 1945, Australia menyerang Jepang di pulau Borneo terutama bagian utara, pertempuran ini dikenal dengan nama Kampanye Borneo. Borneo Timur dan Selatan yang dikuasai oleh Jepang dibawah kepemimpinan Laksamana Muda Michiaki Kamada dan di bagian barat-utara Borneo dikuasai oleh armada jepang yang ke-37, yang dikomando oleh Letnan Jendral Baba Masao.

Brasil[sunting | sunting sumber]

Brazilia dibawah kediktatoran Getúlio Vargas dan berusaha netral sampai awal 1942. Sesudah Jerman menyerang kapal-kapal Brazilia di Samudera Atlantik dan Pearl Harbor, Brazilia berpihak dengan Sekutu, menyatakan perang dengan Jerman dan Italia pada tahun 1942. Brazilia membantu dengan patroli di sekitar Atlantik Utara, membuka pelabuhan mereka untuk pasukan angkatan laut Sekutu dan mengirim 25.000 pasukan untuk bertempur di Eropa pada tahun 1944. Brazilia menjadi satu-satunya negara di Amerika Latin yang mengirim pasukan ke Eropa. Pasukan ini bergabung dengan pasukan kelima Amerika Serika dibawah komando Jendral Mark Wayne Clard dan berpartisipasi di kampanye Itali sampai akhir perang.

Bulgaria[sunting | sunting sumber]

Bulgaria adalah negara sekutu kecil Jerman, menandatangani Perjanjian Tiga Pihak pada tanggal 1 Maret 1941, sumbangan utama mereka adalah menjadi tempat transit bagi pasukan Jerman dalam melawan Yugoslavia dan Yunani. Setelah kekalahan Yugoslavia dan Yunani dalam perang melawan Jerman, Jerman membiarkan Bulgaria menguasai bagian-bagian Yunani dan Yugoslavia, tetapi Bulgaria tidak ikut serta dalam penyerangan ke Uni Soviet.

Bukovina[sunting | sunting sumber]

Bukovina paska perang dunia kedua adalah nama suatu wilayah milik Rumania. Yang kemudian terjadi konflik penguasaan di antara negara-negara terkait yaitu; Rumania, Uni Soviet, Moldova dan Ukraina.
untuk keterangan lebih lanjut di Bukovina di Wikipedia Inggris

Kanada[sunting | sunting sumber]

(Saat perang dunia kedua, Newfoundland dan Labrador bukan bagian dari negara Kanada)

Chile[sunting | sunting sumber]

Chili pilih untuk tetap netral di perang, karena mempunyai hubungan perdagangan yang dekat dengan Jerman. Kemudian Chili menjaga jarak dengan kekuatan Poros dan pemerintahan Chili mengambil langkah memecat perwira militer yang pro-Jerman. Hubungan dengan negara-negara Poros pecah pada tahun 1943, dan pada tahun 1945 Chili menyatakan perang dengan Jepang

China (Tiongkok)[sunting | sunting sumber]

Manchukuo[sunting | sunting sumber]

Pada Tahun 1926 jepang menyerang manchuria dan mendirikan negara boneka yang bernama Manchukuo yang dipimpin oleh kaisar Pu Yi yang masih remaja.ketika terjadi perang pasific di asia manchukuo berpihak pada jepang karena status negara tersebut yang merupakan negara boneka jepang.ketika akhir perang pasific manchukuo diserang oleh tentara merah soviet.serangan soviet terhasap manchukuo adalah untuk mengusir tentara jepang dari china.ketika perang selesai manchukuo ingin memerdekan diri dari soviet untu membentuk negara baru yang mandiri tapi usul itu ditolak dan malah memasukkan manchukuo keadalam wilayah china komunis.
lihat Manchukuo

Nanking[sunting | sunting sumber]

Kolombia[sunting | sunting sumber]

Sesudah penyerangan ke Pearl Harbor, Kolombia memutus hubungan diplomatik dengan Kekuatan Poros. Kemudian pada tahun 1943, kapal seram U 505 milik Jerman menghancurkan sekunar Kolombia, yang menyebabkan Kolombia menyatakan perang dengan Jerman.

Kosta Rika[sunting | sunting sumber]

Kosta Rika bergabung dengan Sekutu agak terlambat di perang. Administrasi Presiden Rafael Ángel Calderón Guardia yang beraliran kiri bermusuhan kepada Nazi, dan melakukan sejumlah tindakan untuk mengurangi pengaruh Jerman di negara. Kosta Rika mengumumkan perang dengan Jepang sesudah serangan pada Pearl Harbor, dan menyatakan perang terhadap Jerman dan Itali tak lama kemudian.Kosta Rika memperbolehkan Amerika Serikat mendirikan lapangan terbang di Pulau Kokos.

Kuba[sunting | sunting sumber]

Kuba bergabung dengan Sekutu pada tanggal Desember 1941, ketika mengumumkan perang dengan Jepang. Pada tanggal 11, juga mengumumkan perang di Jerman dan Itali. Pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di teluk Guantanamo dipergunakan sebagai pangkalan penting karena melindungi kapal-kapal Sekutu di laut Karibea, dan tanggal 15 Mei 1943, kapal perang Kuba menengelamkan kapal selam Jerman di perairan dekat Havana. Kuba mulai merencanakan program wajib militer untuk menyumbang tentara, tetapi kemudian tidak jadi pada akhirnya menjelang akhir perang.

Cekoslowakia[sunting | sunting sumber]

pada tahun 1938 jerman menganeksasi wilayah sudetemland di cekoslowakia dengan alasan banyak penduduknya berbahasa jerman.pada tahun yang sama pula jerman menginvasi cekoslowakia dan memasukkan wilayah negara itu ke wilayah administrasi jerman dan mendirikan negara slowakia.setelah akhir perang. tentara sekutu dan tentara soviet tiba di cekoslowakia untuk merebut kantung terakhir tentara jerman disana.ketika tentara jerman yang terakhir menyerah kepada tentara soviet di cekoslowakia tentara soviet dan sekutu mengadakan perjanjian dimana tentara sekutu mundur dan menyerahkan wilayah cwkoslowakia untuk dimiliki oleh uni soviet. (sekarang ini terpecah menjadi 2; Republik Ceko dan Slowakia)

Republik Dominika[sunting | sunting sumber]

Salah satu negara di laut karibean yang kemudian bergabung dengan pihak Sekutu saat perang.

Ekuador[sunting | sunting sumber]

Negara lain di benua Amerika Selatan yang bergabung dengan Sekutu di waktu perang (bergabung melawan Jerman pada tanggal 2 februari 1945, mengizinkan Amerika menggunakan pulau Baltra sebagai pangkalan angkatan laut.

El Salvador[sunting | sunting sumber]

Dari 1931 sampai 1944, El Salvador dipimpin oleh Maximiliano Hernandez Martinez, seorang pengagum Hitler dan Mussolini. Namun, Maximiliano menyatakan perang dengan Jepang pada tanggal 8 Desember 1941 dan pada Jerman tanggal 12 Desember 1941 sesaat sesudah penyerangan ke Pearl Harbor oleh Jepang, dengan alasan ekonomi. Ekonomi El Salvador sangat tergantung dengan Amerika Serikat. Martinez mencabut orang-orang Jerman dari pemerintahan.

Fiji[sunting | sunting sumber]

Fiji adalah Negara Koloni Inggris selama perang dunia II. Pasukan Pertahanan Fiji dengan pasukan Selandia Baru, dibawah komando Sekutu Daerah Laut Pasifik

Finlandia[sunting | sunting sumber]

Pada perang dunia ke 2 finlandia sebenarnya bersifat netral tetepi thn 1940uni soviet menyerang finlandia ntuk merebut pulau huko,dengan alasan untuk menjaga garis pantai Leningrad dari serangan pihak asing. dalam winter war finlandia kalah dan menyerahkan pulau hanko kedalam wilayah soviet.ketika jerman menginvasi soviet dalam serangan Barbarossa finlandia ikut membantu jerman.ketika perang akan berakhir tentara soviet lalu menyerang finlandia dalam pertempuran Scandinavia itu tentara soviet berhasil menduduki seluruh wilayah finlandia.

Perancis[sunting | sunting sumber]

Perancis pada permulaan PD II adalah salah satu negara penjamin keamanan di Polandia bersama inggris.ketika jerman menginvasi polandia dalam serangan blitzkrieg ( serangan kilat )inggris meminta prancis bersama - sama inggris untuk menyatakan perang terhadap jerman pada tahun 1939.selama perang berlangsung tentara perancis tidak bersikap offensive.ketika pada tahun 1940 jerman melakukan offensive untuk menginvasi perancis melalui negara rendah yang diyakini jerman sebagai titik terlemah dari sistem pertahanan perancis yang disebar.ketika serangan terjadi tentara perancis bersama tentara inggris terjepit oleh serangan Blitzkrieg tentara jerman.laju tentara jerman yang menjepit menyebabkan tentara inggris dan sebagian tentara perancis yang berada di perancis kabur ke tanah inggris. ketika tentara jerman sampai di paris terjadi perundingan antara tentara jerman dengan pihak perancis pimpinan marsekal petain yang menerima gencatan senjata dengan jerman dan jenderal De Gaulle melarikan diri ke Koloni perancis di afrika untuk membuat negara perancis merdeka untuk melanjutkan perlawanan terhadap Nazi jerman.

Koloni Perancis[sunting | sunting sumber]

Angkatan perang bebas Perancis[sunting | sunting sumber]

Perancis Vichy[sunting | sunting sumber]

Ketika tentara jerman menyerang perancis dan menduduki paris muncul marsekal petain.dia adalah marsekal senior pada perang dunia pertama.dia tidak ingin melihat perancis hancur dalam kekacauan maka ia dan beberapa jenderal bertemu dengan Hitler dan berunding tentang masalah perancis.Setelah perundingan itu jerman dan petain sepakat untuk membagi wilayah perancis.Hitler mendpatkan wilayah perancis bagian utara termasuk paris dan petain berhak memiliki perancis bagian selatan lalu petain menjadikan wilayah vichy sebagai ibu kota perancis,dan karena itu lebih dikenal sebagai negara perancis vichy. meskipun peracis vichy memiliki pemerintahan yang diintervensi oleh pihak jerman tapi perancis vichy bersikap netral. ketika tentara amerika mendarat di afrika utara dalam operasi obor.pihak jerman meminta perancis vichy untuk menyerang tentara amerika tersebut dan menyatakan perang terhadap sekutu.ultimatum jerman ditanggapi dingin oleh perancis vichy yang menyebabkan tentara jerman menginvasi perancis bagian selatan dan membaginya dengan itali.ketika perang usai para pejabat yang menjabat di pemerintahan perancis vichy di jatuhi hukuman mati oleh pemerintah perancis merdeka pimpina De Gaulle kecuali petain mengingat usia yang sudah tua dan jasa2 pada perang dunia 1.

Jerman[sunting | sunting sumber]

Nazi Jerman adalah salah satu kekuatan utama Negara Poros di medan perang Eropa yang dipimpin oleh Adolf Hitler paska perang dunia. Penyerahan pasukan Jerman pada tanggal 4-8 mei mensinyalkan berakhirnya perang dunia di Eropa.

Honduras[sunting | sunting sumber]

Honduras sebenarnya netral dalam perang, tetapi bergabung dengan pihak Sekutu sesudah penyerangan Pearl Harbor. Honduras menyatakan perang dengan Jepang pada tanggal 8 Desember 1941, kemudian dengan Jerman dan Itali pada tanggal 13 Desember. Honduras menkontribusi makanan dan bahan-bahan mentah kepada pihak Sekutu, tetapi tidak mengirim pasukan.

Hong Kong[sunting | sunting sumber]

Hong kong adalah wilayah china yang merupakan koloni inggris di asia timur.ketika perang pasific pecah hong kong diduduki oleh tentara jepang sampai penyerahan kembali hong kong ke tangan inggris tidak ada pertempuran yang berarti disana kecuali oleh segelintir resistance.

India (kerajaan)[sunting | sunting sumber]

(sekarang ini pecah menjadi 3; India, Pakistan dan Bangladesh) tentara inggris mengirim tentara gurkha dalam pertempuran di afrika melawan jerman.Tentara gurkha juga dikirim kemedan pertempuran dalam perebutan kamboja dari tangan jepang dan penyerangan terhadap singapura dan wilayah malaya yang di duduki jepang.

Kepulauan Andaman & Nicobar[sunting | sunting sumber]

kepulauan andaman dipakai tentara inggris untuk menyerang jepang di wilayah Rangoon.

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Indonesia merupakan negara yang terbentuk dan memperoleh kemerdekaannya setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945, tepatnya pada tanggal 17 agustus 1945. Perang dunia ini menyebabkan munculnya partisipasi pemuda di indonesia.

Irlandia[sunting | sunting sumber]

Pulau Irlandia dibagi secara politik menjadi Éire (Republik Irish pada saat itu dan Republik Irlandia sekarang ini) dan Irlandia Utara.

Éire[sunting | sunting sumber]

Irlandia Utara[sunting | sunting sumber]

Italia[sunting | sunting sumber]

Italia berada pada pihak Kekuatan Poros dan tergabung dalam perjanjian tiga pihak. Italia adalah negara fasis pada masa itu, pemimpinnya adalah Benito Mussolini. Pada akhirnya setelah kekalahan terus menerus, Italia bergabung dengan pihak Sekutu.

Vatikan[sunting | sunting sumber]

negara otonom terkecil di dunia ini, tetap netral dan tetap kosong sepanjang perang. Namun, Italia, dan kemudian, Jerman, memblokade negara dan kadang-kadang dilecehkan warga dalam. Vatikan adalah tempat perlindungan bagi sejumlah kecil orang Yahudi. Selama pemboman Roma, kedua belah pihak diperintahkan oleh komandan mereka untuk tidak membombardir negara tersebut. Namun, apakah sengaja atau tidak, seorang pembom Inggris menjatuhkan empat bom di Vatikan pada tanggal 5 Nopember 1943, menghancurkan beberapa bangunan.

Jepang[sunting | sunting sumber]

Jepang adalah pemimpin dari Kekuatan Poros di medan Perang Pasifik. Beberapa orang mengatakan bahwa perang dunia kedua sebetulnya dimulai dari serbuan Jepang kepada Tiongkok. Perang berakhir dengan penyerahan Jepang setelah pemboman atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Lebanon[sunting | sunting sumber]

Libanon di bawah kontrol Perancis selama perang, dan dibawah penguasaan pemerintahan boneka Perancis Vichy setelah penyerahan Perancis. Libanon berhasil direbut dari tangan Perancis Vichy oleh angkatan perang Sekutu. De Gaulle menyatakan Libanon merdeka pada tanggal 22 November 1943.

Luksemburg[sunting | sunting sumber]

Luksemburg termasuk negara netral ketika perang pecah di eropa.tapi pada tahun 1940 ketika perang sedang berkecamuk hitler memerintahkan untuk menyerang negara rendah termasuk Luksemburg dan terus menuju paris.ketika invasi ke Luksemburg tidak ada perlawanan berarti dari rakyat luksemburg hanya beberapa orang polisi luksemburg yang tewas.hal ini disebabkan karena negara luksemburg merupakan mayoritas merupakan orang keturunan jerman dan orang jerman yang menetap di luksemburg.

Malaya[sunting | sunting sumber]

(sekarang ini disebut Malaysia bagian barat)

Manchukuo[sunting | sunting sumber]

Manchukuo didirkan pada tahun 1931 sebagai negara Boneka buatan Jepang, Negara manchukuo dipimpin oleh Pu Yi, kaisar terakhir di Tiongkok, yang mempunyai nama kekaisaran Kang De. Negara ini konstribusi sangat kecil di perang tetapi tetap setia bersekutu dengan Jepang sampai 1945. Pada tahun 1945, Uni Soviet menyatakan perang dengan Jepang dan Manchukuo di serang dan kemudian dihapus. Kira-kira setengah wilayah negara dikembalikan ke China dan sisanya dikuasai Uni Soviet(tetap dikuasai Rusia sampai sekarang ini)

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Meksiko menyatakan perang dengan Jerman pada tanggal 1 Juni 1942, sebagai akibat tekanan politik dari pemerintahan Amerika diikuti oleh tenggelamnya 2 kapal minyak meksiko di teluk Meksiko yang diyakini dilakukan oleh Jerman (beberapa pihak mengatakan Amerika yang sengaja melakukannya agar Meksiko menyatakan perang dengan Jerman).

Mongolia[sunting | sunting sumber]

Meng Jiang[sunting | sunting sumber]

Meng Jiang adalah daerah negara Mongolia dan termasuk negara nationalist china.pada tahun 1938 ketika jepang menduduki beberapa negara di china termasuk meng jiang.lalu pemrintah jepang membentuk negara boneka disana yang bernama Mengkukuo yang dipimpin oleh De Noyan.

Nepal[sunting | sunting sumber]

Nepal menyatakan perang dengan Jerman pada tanggal 4 September 1939, dan menawarkan pasukan Gurkha kepada Inggris.

Belanda[sunting | sunting sumber]

Seperti Belgia, Belanda mengumumkan kenetralan sampai pada tahun 1939. Pada Mei 1940, setelah penyerahan Norwegia, Belanda diserbu setelah perlawanan ganas melawan Nazi. Rotterdam dan Middelburg dibom secara besar-besaran. Belanda bergabung dengan Sekutu dan menyumbang pasukan angkatan laut dan angkatan bersenjata mereka yang masih hidup untuk pertahanan di Asia Timur, khususnya Hindia Belanda. Sampai pembebasan mereka pada 1945, orang Belanda bertempur bersama pihak Sekutu menjelajahi banyak negara di bumi, dari pertempuran di Pasifik sampai Pertempuran Britania.

Aruba (Hindia Belanda Barat)[sunting | sunting sumber]

Di pulau Aruba, jumlah minyak-kilang yang besar menjadi salah satu faktor utama dalam setiap usaha perang di Eropa, terutama setelah Hari D. Sebagai bukti perlindungan yang sungguh-sungguh, angkatan perang militer Amerika ditempatkan di pulau ini.

Hindia Belanda Timur[sunting | sunting sumber]

Hindia Belanda adalah sebutan untuk wilayah negara Indonesia jajahan Belanda. Jepang merebut Indonesia dari tangan Belanda karena faktor kekayaan alam. Jepang menguasai Indonesia dari tahun 1942-1945.

Timor Timur[sunting | sunting sumber]

Oman[sunting | sunting sumber]

Sultan Oman menyatakan perang terhadap Jerman pada tanggal 10 september 1939. Pasukan Oman bertempur dibawah komando Inggris di medan perang Timur Tengah.

Uni Soviet[sunting | sunting sumber]

(sekarang ini terpecah menjadi 15 negara; Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Estonia, Georgia, Kazakstan, Kirgistan, Latvia, Lithuania, Moldova, Rusia, Tadjikistan, Turkemnistan, Ukraina, dan Uzbekistan)

Inggris[sunting | sunting sumber]

Negara persemakmuran Inggris (Kerajaan Inggris)[sunting | sunting sumber]

(Kerajaan Inggris terdiri dari 4 negara; Irlandia Utara, Inggris, Wales, dan Skotlandia)

Negara Koloni Inggris[sunting | sunting sumber]

(Israel, Palestina, Afrika Selatan, Selandia Baru, Australia, Newfoundland, dll)

Pulau Channel[sunting | sunting sumber]

Yugoslavia[sunting | sunting sumber]

(sekarang ini terpecah menjadi 7 negara; Yugoslavia, Bosnia & Herzegovia, Kroasia, Makedonia, Montenegro, Serbia, dan Slovenia)

Negara lainnya[sunting | sunting sumber]

Negara lainnya yang terlibat adalah: Aljazair, Andorra, Azerbaijan, Burma/Myanmar, Ceylon/Sri Lanka, Eritrea, Denmark, (Greenland, Islandia), Mesir, Estonia, Ethiopia, Yunani, Guatemala, Haiti, Hungaria, Iran, Irak, Korea, Latvia, Liberia, Liechtenstein, Lithuania, Libya, Madagaskar, Malta, Monako, Maroko, Newfoundland, Selandia Baru, Nikaragua, Norwegia, Panama, Paraguay, Peru, Filipina, Polandia, Portugal, (Koloni Portugal, Macau), Rumania, San Marino, Arab Saudi, Singapura, Sudan, Kenya, Nigeria, Ghana, Afrika Selatan, Rhodesia Selatan, Spanyol, Kepu lauan Solomon, Swedia, Swiss, Suriah, Tannu Tuva, Thailand, Tonga, Transjordan, Turki, Tunisia, Amerika Serikat, Uruguay, Venezuela, Kepulauan Vanuatu, Yemen