Pakta Tripartit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pakta Tripartit
Penandatanganan Pakta Tripartit. Dari kiri ke kanan, Saburo Kurusu, Galeazzo Ciano, dan Adolf Hitler.
JenisPakta aliansi militer
Ditandatangani27 September 1940
LokasiBerlin, Jerman
Penanda tangan

Pakta Tripartit (bahasa Jerman: Dreimächtepakt, bahasa Italia: Patto tripartito, bahasa Jepang: Nichidokui sangoku gunji dōmei (日独伊三国軍事同盟, Aliansi Militer Tiga Negara Jepang-Jerman-Italia)) adalah pakta yang ditandatangani di Berlin pada 27 September 1940 oleh Saburo Kurusu dari Kekaisaran Jepang, Adolf Hitler dari Jerman Nazi, dan Menteri Luar Negeri Galeazzo Ciano dari Italia. Berdasarkan pakta ini, ketiga negara membentuk aliansi militer dan secara resmi membentuk Blok Poros dalam Perang Dunia II melawan Sekutu.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pakta ini adalah kelanjutan dari Pakta Pertahanan Jerman-Jepang tahun 1936 dan pakta pertahanan Jepang-Jerman-Italia tahun 1937. Pakta ini berisi saling pengakuan atas kepemimpinan tiga negara di wilayah masing-masing, Asia dipimpin oleh Jepang sementara Eropa dipimpin oleh Nazi Jerman dan Italia. Bila salah satu negara penandatangan pakta ini diserang Amerika Serikat, mereka akan saling membantu. Pada praktiknya, pakta ini adalah aliansi anti-Amerika Serikat, dan membuat hubungan Jepang dengan Inggris dan Amerika Serikat semakin bertambah buruk.

Hungaria ikut menjadi negara penandatangan Pakta Tripartit pada 20 November 1940, diikuti Rumania (23 November 1940), Slowakia (24 November 1940), Bulgaria (1 Maret 1941), dan Kroasia (15 Juni 1941).

Isi pakta[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shōwa 15-nen (1940-nen) 9-gatsu 27-nichi nichidokui sangoku jōyaku seiritsu (昭和15年(1940年)9月27日 日独伊三国条約成立)" (Teks asli dalam format DjVu). Japan Center for Asian Historical Record (JACAR) Arsip Nasional Jepang. Diakses tanggal 27 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]