Engelbert Dollfuß

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Engelbert Dollfuß (juga dieja Dollfuss, 4 Oktober 189225 Juli 1934) ialah negarawan Austria.

Ia belajar hukum di Wina, dan ilmu ekonomi di Berlin. Selama PD I, ia bertugas di Alpen dan dalam masa yang singkat menjadi tahanan perang pada 1918.

Ia menjadi kanselir pada 20 Mei 1932 sebagai kepaa pemerintah koalisi sayap kanan. Ia ingin menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh Depresi. Ia bermasalah dalam menemukan mayoritas di parlemen. Langkah yang disukainya untuk mengatasi inflasi tidak populer, dan pada Maret 1933, menghapuskan parlemen Austria. Lalu ia memerintah dengan dekrit.

Dengan naiknya Adolf Hitler sebagai Reichskanzler di Jerman, Dollfuß takut kalau pengaruh NSDAP akan berkembang. Ini bisa menimbulkan perkembangan dalam popularitas kawan imbangan Austrianya. Lalu ia melarang NSDAP pada Juni 1933, sebagaimana juga SDAPÖ pada Februari 1934.

Pada September 1933 ia membentuk kelompok payung untuk rezimnya Vaterländische Front (Front Tanah Air) dan menggabungkan Partai Sosial Kristen dengan paramiliter Heimwehr , kelompok paramiliter nasional. Rezim yang disusun olehnya dan tetap berkuasa sampai 1938 sering disebut Austrofasisme. Bentuk negara yang diperintahnya disebutnya Ständestaat.

Pada 25 Juli 1934 8 tokoh Nazi Austria memasuki bangunan kekanseliran, lalu membunuh dengan menembak Dollfuß dalam percobaan makar, sebagai pembuka Anschluss. Mereka dapat ditangkap dan dihukum mati, dan Kurt Schuschnigg menjadi diktator baru di Austria.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Karl Buresch
Kanselir Austria Digantikan oleh:
Kurt von Schuschnigg