John Barnard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Barnard
Lahir 1946
Bendera Inggris Inggris
Almamater Watford College of Technology
Pekerjaan Desainer mobil
Tahun aktif 1968-1997

John Barnard (lahir tahun 1946) merupakan seorang desainer mobil balap, yang terkenal berkat jasanya sebagai pionir penggunaan serat karbon di ajang Formula 1.

Barnard merupakan seorang diploma dari Watford College of Technology, Inggris. Ia sempat bekerja di Lola pada 1968 dimana ia saat itu berkenalan dan kemudian dibina oleh Patrick Head.

Pada 1972 ia bergabung dengan McLaren, dan turut membantu tim tersebut menjuarai musim 1974. Ia lantas terbang ke AS untuk melaksanakan projek IndyCar bersama tim Parnelli Jones Racing. Setelah sukses di AS, McLaren kemudian mengontrak ia kembali di era 1980-an, dimana Barnard kemudian menggunakan teknologi serat karbon dalam pembuatan sasis. Dibawah pimpinannya, tim teknik McLaren berhasil menciptakan beberapa mobil hebat, yang kemudian mendominasi musim balap 1984, 1985, dan 1986.

Pada 1988 ia pindah ke Ferrari, salah satu kemenangan terbaiknya bersama Ferrari adalah saat Gerhard Berger memimpin tim Ferrari menjuarai GP Italia 1988, salah satu balapan yang gagal dimenangi McLaren di musim tersebut. Kemudian pada 1989, Barnard menciptakan inovasi lain, yaitu transmisi semi otomatis yang dikendalikan oleh tuas di setir. Bersama Nigel Mansell, Barnard lagi-lagi sukses mempromosikan keunggulan alat ini. Semua tim F1 pada tahun 1995 kemudian saling berlomba membuat transmisi tersebut.

Pada 2001 ia diajak bergabung ke ajang MotoGP, kali ini bersama Team KR, tetapi ia gagal menerapkan beberapa inovasi yang ia temukan di F1 ke ajang roda dua tersebut.