Martin Whitmarsh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Martin Whitmarsh
Lahir 29 April 1958 (umur 55)
Bendera Inggris Inggris
Tahun aktif 1989-…
Tempat kerja Team McLaren
Situs web
http://www.mclaren.com

Martin Whitmarsh (lahir 29 April 1958; umur 55 tahun) merupakan seorang manajer dan direktur tim F1 asal Inggris. Saat ini ia menjabat sebagai Team Principal tim Vodafone McLaren Mercedes menggantikan posisi Ron Dennis yang pensiun di awal Maret 2009.

Karier[sunting | sunting sumber]

Whitmarsh merupakan alumnus dari Universitas Portsmouth, jurusan Teknik Mesin pada tahun 1980. Ia lantas memulai kariernya dengan menjadi karyawan di British Aerospace (sekarang namanya BAE Systems) sebagai analis struktur mesin di salah satu markasnya di Hamble-Rice. Martin lantas dipromosikan sebagai peneliti bidang struktur komposit dan beberapa peran tambahan di departemen pengembangan, dimana ia kemudian dipindahkan ke fasilitas BAe’s di Weybridge. Pada 1988 ia naik jabatan lagi menjadi Manufacturing Director dan menjadi pengawas langsung dari bagian produksi pesawat Hawk dan Harrier.

Setelah satu tahun ia bertahan di jabatan tersebut, pada 1989 ia memutuskan keluar dari BAe’s dan pindah ke tim balap McLaren, dimana di sana ia menjadi bawahan dari John Barnard dan Steve Nichols.

Pada 1997 Whitmarsh dipromosikan lagi menjadi Managing Director dimana ia kemudian menangangi langsung operasional tim F1 bersama partner dan sponsornya. Jabatan ini menjadikannya asisten langsung Ron Dennis baik di dalam maupun di luar trek. Pada April 2004 Martin sekali lagi dipromosikan, kali ini menjadi CEO untuk bidang operasional F1 McLaren Groups. Dan dengan pensiunnya Ron Dennis dari jabatan Team Principal, terhitung 1 Maret 2009, Martin Whitmarsh resmi memegang posisi sebagai Team Principal McLaren F1. Kemenangan pertama Whitmarsh sebagai Team Principal ia raih saat Lewis Hamilton menang di GP Hungaria 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]