Mike Gascoyne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mike Gascoyne
Lahir 2 April 1963 (umur 51)
Bendera Inggris Norwich, Inggris
Nama lain Gazza
Almamater Wymondham College
Universitas Cambridge
Pekerjaan Insinyur
Tahun aktif 1989 - …
Tempat kerja Team Caterham

Mike "Gazza" Gascoyne (lahir di Norwich, 2 April 1963; umur 51 tahun) adalah seorang insinyur ahli mobil Formula 1 asal Inggris. Saat ini ia bergabung di tim Team Caterham sebagai ahli aerodinamika.

Profil[sunting | sunting sumber]

Gazza merupakan lulusan Cambridge University, Inggris. Ia memulai karier di Westland Helicopters. Pada 1989 ia pindah ke McLaren bersama Steve Nichols. Kemudian di 1990 ia hengkang ke Tyrrell dan membuat penemuan revolusioner berupa sayap depan menggantung. Di Tyrrell ia bekerja di bawah binaan Harvey Postlethwaite.

Pada 1991 ia pindah ke Sauber bersama Postlethwaite sebagai aerodynamics engineer. Membantu mengembangkan mobil Sauber C13. Di 1992 saat Postlethwaite pindah ke Ferrari, Gazza bermitra kembali bersama Steve Nichols. Sauber C13 hasil karya Gazza dan Harvey plus sedikit sentuhan Nichols berhasil meraih poin perdananya pada tahun 1993, tepatnya di GP Afrika Selatan.

Musim 1994 ia kembali lagi ke Tyrrell bersama Harvey, namun seiring akusisi oleh British American Tobbaco, Gascoyne akhirnya hengkang ke Jordan di 1998, dan kemudian dipromosikan sebagai chief designer ketika Gary Anderson pindah ke Stewart GP di 1999.

Musim 1999 Gascoyne menjadi salah satu actor kekuatan tim Jordan, saat tim tersebut meraih posisi tiga di klasemen konstruktor. Heinz-Harald Frentzen bahkan sempat masuk kandidat juara dunia tahun tersebut.

Pada 2001 ia pindah ke Benetton sebagai technical director. Di musim 2002 saat tim berubah nama menjadi Renault, Gascoyne turut menjadi kunci kesuksesan tim tersebut. Kemudian di akhir 2003 ia hengkang ke Toyota dengan nilai gaji mencapai 8 juta dollar, dan menjadikannya technical director termahal di F1. Sempat memberikan harapan bagi Toyota di 2005, namun gagal dimusim berikutnya. Akhirnya ia pun dipecat.

Pertengahan 2007 ia kembali ke F1 bersama Force India yang saat itu masih bernama Spyker F1. Sejak 2010 ia bergabung ke tim baru Lotus Racing yang pada musim 2012 berganti nama menjadi Team Caterham