Hirohide Hamashima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hirohide Hamashima

Hamashima at the 2008 Japanese Grand Prix.
Lahir 1952
Tokyo, Japan
Kewarganegaraan Japanese
Gelar Head of the Bridgestone's Motorsport Tyre Development

Hirohide Hamashima (浜島 裕英 Hirohide Hamashima?, lahir tahun 1952 di Tokyo) adalah seorang insinyur dan kepala pengembangan ban untuk tim Scuderia Ferrari. Sebelumnya ia sempat bekerja dii pabrikan ban Bridgestone sebagai kepala pengembangan ban untuk ajang Formula 1 dan MotoGP.

Profil[sunting | sunting sumber]

Hamashima mulai bergabung dengan Bridgestone pada 1977, setelah sebelumnya lulus dari Politeknik Tokyo, saat itu posisinya adalah sebagai pekerja biasa, namun berkat usaha kerasnya, pada 1980 ia naik jabatan menjadi ahli riset di departemen motorsport.

Selang setahun, ia kembali dipromosikan. Kali ini ia berada di departemen ban untuk mobil jalan raya. Namun hanya beberapa bulan saja ia menjabat posisi tersebut, sebab ia dipindahkan ke Inggris sebagai manajer teknik untuk ajang balap.

Setelah lima tahun berada di Inggris, pada 1986 Hamashima kembali lagi ke Jepang, kali ini ia menjabat di bagian riset dan pengembangan, tugas berat menghinggapinya kala ia menjadi manajer di ajang F2 dan F3000.

Pada 1996 seiring akan turunnya Bridgestone di F1, Hamashima kemudian dipindahkan ke bagian pengembangan ban F1 di Tokyo. Bridgestone kemudian memulai debut di F1 pada tahun 1997, dan prestasi Hamashima sejauh ini adalah juara dunia F1 dari tahun 1998-2004, dan 2007. Prestasinya untuk Bridgestone akan bertambah disebabkan posisi Bridgestone yang ditunjuk oleh FIA sebagai pemasok resmi ban F1 mulai musim 2007 hingga 2011.

Selain di F1, Hamashima juga memfokuskan diri untuk membantu Bridgestone di ajang MotoGP, dan kerja kerasnya terbayar saat Casey Stoner menjadi juara dunia MotoGP pada tahun 2007 dengan menggunakan ban Bridgestone. Ini merupakan gelar pertama Bridgestone di MotoGP, sekaligus pula mematahkan saingan berat Bridgestone, yaitu Michelin.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]