Rob Smedley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rob Smedley
Lahir 28 November 1973 (umur 41)
Bendera Inggris Inggris
Tahun aktif 2001-…
Tempat kerja Scuderia Ferrari
Situs web
http://www.ferrariworld.com

Rob Smedley (lahir di Manchester, Inggris, 28 November 1973; umur 41 tahun) adalah seorang insinyur ahli mobil Formula 1 asal Inggris. Saat ini ia bekerja untuk tim Scuderia Ferrari sebagai kepala mekanik bagi pembalap Felipe Massa.

Rob merupakan alumnus dari Loughborough University of Engineering dimana ia lulus tahun 1996 dengan gelar master di bidang Mechanical Engineering dan Matematika. Ia lantas memulai kariernya sebagai asisten tim desain di ajang BTCC pada pertengahan 1996 bersama tim Peugeot dan kemudian pindah ke tim Williams BTCC pada tahun 1998 dimana ia memegang dua jabatan sekaligus termasuk sebagai kepala mekanik.

Tahun 2000 ia pindah ke ajang F3000 Internasional bersama tim Astromega dimana ia menjadi kepala mekanik bagi Fernando Alonso. Musim 2001 ia pindah ke tim Jordan sebagai kepala mekanik Heinz-Harald Frentzen sampai pertengahan musim dimana Frentzen didepak. Rob kemudian menangani Jean Alesi (sampai akhir musim 2001) dan Giancarlo Fisichella (2002-2003). Kemenangan F1 perdananya ia raih di Brazil saat Fisi dan tim Jordan menang di pengadilan banding akibat kasus balapan yang kacau tersebut.

Musim 2004 ia ditarik masuk ke tim Ferrari sebagai kepala tim ujicoba bersama Luca Badoer. Sejak awal musim 2006 ia dipromosikan menjadi kepala mekanik bagi Felipe Massa, dan masih ia jalani sampai saat ini.

Saat ini Rob tinggal di Modena, Italia dan Oxford, Inggris. Ia menikah dengan Lucy. Hobinya adalah bermain sepak bola dan berwisata.