Timo Glock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Timo Glock
Timo Glock 2010 Malaysia.jpg
Glock di Kuala Lumpur 2010
Lahir 18 Maret 1982 (umur 32)
Bendera Jerman Lindenfels, Jerman
Sejarah karier dalam ajang Formula Satu
Kebangsaan  Jerman
Jumlah lomba 47 (45 start)
Juara dunia 0
Menang 0
Podium 3
Total poin 51
Posisi pole 0
Lap tercepat 1
Lomba pertama Grand Prix Kanada 2004
Lomba terakhir Grand Prix Brasil 2013
Klasemen 2009 P10 (24 poin)

Timo Glock (lahir di Lindenfels, Jerman, 18 Maret 1982; umur 32 tahun) adalah seorang pembalap Formula 1 asal Jerman yang lahir di kota Lindenfels. Saat ini ia memperkuat tim Marussia-Cosworth.[1]

Pra-Formula 1[sunting | sunting sumber]

Glock memulai karier balapannya dalam usia yang terbilang sudah cukup tua untuk balapan pemula. Ia memulai karier gokart dalam usia 15 tahun di 1998. Tapi usia bukanlah masalah bagi Glock, sebab di luar dugaan ia mampu memenangi beberapa kejuaraan gokart junior Jerman dan kemudian ia beralih ke BMW ADAC Formula Junior Cup pada tahun 2000 dan Formula BMW ADAC Championship pada tahun 2001, dimana ia langsung menjadi juara pada tahun pertamanya tersebut. Kemudian di 2002 ia pindah ke kejuaraan Formula 3 Jerman dan berakhir dengan posisi tiga klasemen akhir serta gelar Rookie of the Year. Tahun 2003, ia berkompetisi di Formula 3 Euroseries, dengan hasil memenangi tiga balapan dan tiga podium finish, yang menempatkannya di P5 klasemen akhir.

Formula 1[sunting | sunting sumber]

Jordan GP[sunting | sunting sumber]

Glock memulai karier F1-nya pada GP Kanada 2004. Saat itu ia ditarik masuk ke tim Jordan F1 untuk menggantikan Giorgio Pantano yang tengah dilanda kesulitan dana sponsorship. Lucunya di debutnya itu, Glock malah mendapatkan poin secara ‘hadiah’ dikarenakan dua mobil Williams dan Toyota yang finish diatasnya di diskualifikasi akibat pemakaian rem yang menyalahi aturan. Ia yang aslinya finish P9 naik menjadi P7 dengan adanya hukuman tersebut. Di Jordan, Glock menjadi rekan setim Nick Heidfeld. Saat musim 2004 berlangsung, ia turun sebanyak empat kali dan selebihnya dikembalikan ke ‘pembalap aslinya’, Giorgio Pantano.

Toyota F1[sunting | sunting sumber]

Nama Glock kembali masuk ke lintasan F1 di akhir 2007 setelah ia berhasil memenangi GP2. Ia lantas diperebutkan oleh BMW dan Toyota, dimana BMW kemudian mengadukan hal tersebut kepada Contract Recognition Board. Bulan November CRB lantas memutuskan bahwa Glock disahkan untuk tim Toyota.[2] Di tim Toyota, Glock menggantikan sesama Jerman yang juga adik Schumi, Ralf Schumacher. Selama musim 2008, Glock meraih poin pertamanya di GP Kanada dengan finish di P4. Balapan terbaik Glock adalah di Hungaria, dimana di kualifikasi ia berada di P5, dan saat balapan ia berhasil finish kedua dibelakang Heikki Kovalainen. Kemudian di GP F1 ke 800 di Singapura, Glock kembali lagi finish ke empat.

Balapan emosional bagi Glock adalah di Brazil, dimana Glock memberanikan diri memakai ban kering dalam cuaca basah.[3] Memasuki lap terakhir, Glock berada di P4, tetapi ia kemudian disalip oleh STR Sebastian Vettel dan McLaren Lewis Hamilton, dimana akhirnya berkat aksi tersebut, Hamilton menjadi juara dunia F1 2008. Setelah balapan beberapa pihak mengecam aksi Glock yang dianggapnya sengaja mengalah pada McLaren karena agar mendapatkan perhatian Mercedes-Benz, sebelum akhirnya dengan sportif Felipe Massa menyatakan bahwa ia kalah secara fair.[4] Glock lantas berada di P10 klasemen akhir 2008 dengan 25 poin.[5]

Musim 2009 merupakan salah satu musim F1 terbaik bagi Glock bersama Toyota. Ia berhasil finish podium di Malaysia yang dilanda hujan deras. Kemudian di Singapura, dengan diawali musibah yang menimpa Vettel dan Rosberg, Glock kembali finish podium di P3. Sayangnya di Jepang, saat kualifikasi ia mengalami kecelakaan. Posisi Glock kemudian digantikan oleh pembalap tes Kamui Kobayashi saat GP Brazil serta GP Abu Dhabi.

Virgin Racing[sunting | sunting sumber]

Musim 2010, Glock bergabung dengan tim debutan Manor Grand Prix yang kemudian berganti nama menjadi Virgin Racing. Ia bertandem bersama pembalap Brasil Lucas di Grassi. Selama musim 2010 dengan mobil yang tidak kompetitif, baik Glock maupun di Grassi gagal mencetak angka.

Musim 2011 Glock masih bertahan di Virgin dan kali ini ia berpasangan dengan pembalap Belgia, Jerome d'Ambrosio. Virgin Racing kemudian mengumumkan mereka memperpanjang kontrak Glock sampai akhir musim 2014.

Statistik[sunting | sunting sumber]

Biodata[sunting | sunting sumber]

  • Nama lengkap: Timo Glock
  • TTL: 18 Maret 1982 di Lindenfels, Jerman
  • Status: Single
  • Tinggi: 169 cm
  • Berat: 64 kg
  • Debut: Kanada 2004 (bersama Jordan)

Musim ke musim[sunting | sunting sumber]

  • 2004, Formula 1 (Jordan GP) – 2 poin (turun di 4 balapan)
  • 2005-07, GP2 – juara di musim 2007
  • 2008, Formula 1 (Toyota) – 25 poin (posisi 10)
  • 2009, Formula 1 (Toyota) – 24 poin (posisi 10)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]