Yazid bin Abdul-Malik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yazīd ibn ‘Abd al-Malik
يزيد بن عبد الملك
يزيد بن عبد الملك.png
Kaligrafi Yazīd ibn ‘Abd al-Malik
Khalifah
Berkuasa5 Februari 720 – 26 Januari 724
(3 tahun, 355 hari)
Pendahulu'Umar bin 'Abdul 'Aziz
PenerusHisyam bin 'Abdul Malik
Lahir687
Wafat26 Januari 724 (usia 37)
WangsaUmayyah (Marwani)
Nama lengkap
Yazīd ibn Abd al-Malik ibn Marwan
Ayah'Abdul Malik bin Marwan
Ibu'Atikah binti Yazid
AnakAl-Walid
AgamaIslam

Yazid bin 'Abdul-Malik (Arab: يزيد بن عبد الملك‎ (687 - 724), juga dikenal dengan Yazid II, adalah khalifah yang berkuasa antara 720 sampai kematiannya pada 724. Yazid merupakan satu-satunya khalifah yang berasal dari Bani Umayyah dari pihak ayah dan ibu. Dari garis ayah, dia termasuk anggota cabang Marwani. Dia mewarisi takhta kekhalifahan setelah kematian sepupunya, 'Umar bin 'Abdul 'Aziz. Pada masa kekuasaannya, kekhalifahan dihantam perang saudara di berbagai tempat.

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi khalifah, Yazid ditunjuk ayahnya sebagai gubernur Amman di Jund Dimasyq.[1] Pada penghujung masa kakak tirinya, Sulaiman bin 'Abdul-Malik, 'Umar bin 'Abdul 'Aziz ditunjuk sebagai putra mahkota dan Yazid sebagai wakil putra mahkota. Saat 'Umar menjadi khalifah, Yazid menjadi putra mahkota.

Khalifah[sunting | sunting sumber]

Setelah 'Umar bin 'Abdul 'Aziz mangkat karena diracun budaknya pada 720, Yazid menjadi khalifah dan memegang kendali negara.[2] Pada awalnya Yazid berusaha menjaga pembaharuan yang dilakukan 'Umar, sehingga keluarga besar Bani Umayyah merasa khawatir. Mereka kemudian mengutus 40 ulama dan bersaksi bahwa apapun yang khalifah lakukan tidak akan dimintai pertanggungjawaban dan tidak pula dihukum.[3] Yazid kemudian terpengaruh dan mulai membatalkan kebijakan pendahulunya satu demi satu, di antaranya adalah mengembalikan hak-hak istimewa Bani Umayyah.

Masa kekuasaan Yazid dihantam oleh konflik internal dan eksternal di sana-sini. Sejumlah perang saudara mulai pecah di bagian yang berbeda dari kekhilafahan seperti Spanyol, Afrika dan di timur. Reaksi keras oleh penguasa Bani Umayyah tak membantu persoalan, dan kelompok anti-Umayyah mulai memperoleh kekuasaan di antara mereka yang tak puas. Ini menyebabkan kelompok seperti Bani Abbasiyah mulai membangun dasar kekuatan yang akan digunakannya untuk meruntuhkan kekuasaan Bani Umayyah perlahan. Namun Bani Umayyah belum benar-benar surut.

Yazid II meninggal pada 724 karena tuberkulosis. Ia digantikan saudaranya Hisyam.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bacharach 1996, hlm. 30.
  2. ^ Powers 1989, hlm. 91.
  3. ^ Najeebabadi 2000, hlm. 213.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Yazid bin Abdul-Malik
Marwani
Cabang kadet Bani Umayyah
Lahir: 687 Wafat: 26 January 724
Jabatan Islam Sunni
Didahului oleh:
'Umar bin 'Abdul 'Aziz
Khalifah
5 Februari 720 – 26 Januari 724
Diteruskan oleh:
Hisyam bin 'Abdul Malik