Yahudi-Bulgaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yahudi Bulgaria - יהודות בולגריה
Bahasa
Ibrani dan Bulgaria
Agama
Yudaisme
Sinagoge di Burgas (sekarang sebuah galeri seni)
Sinagoge Sofia yang dirancang oleh arsitek Austria Friedrich Grünanger, yang didirikan pada 1909

Yahudi telah mengalami kehadiran berkelanjutan di sepanjang tanah Bulgaria sejak sebelum abad ke-2 Masehi, dan sering kali memainkan bagian berpengaruh dalam sejarah Bulgaria.

Saat ini, sebagian besar Yahudi Bulgaria tinggal di Israel, sementara Bulgaria pada masa sekarang menjadi menjadi rumah populasi Yahudi yang rendah.

Era Romawi[sunting | sunting sumber]

Yahudi dipercaya bermukim di kawasan tersebut setelah penaklukan Romawi. Reruntuhan sinagoge abad kedua terdapat di Philipopolis[1] (sekitar Plovdiv), Nikopol, Ulpia Oescus[2] (sekarang Gigen, Provinsi Pleven), dan Stobi[3] (sekarang di Makedonia).[4] Artefak tertulis terawal yang menyinggung kehadiran komunitas Yahudi di provinsi Romawi Moesia Inferior adalah sebuah inskripsi Latin akhir abad ke-2 Masehi yang ditemukan di Ulpia Oescus yang tertera pada sebuah menorah dan menyebutkan archisynagogos. Josephus menyebutkan kehadiran populasi Yahudi di kota tersebut. Sebuah dekret Kaisar Romawi Theodosius I dari 379 menyatakan penganiayaan terhadap kaum Yahudi dan penghancuran sinagoge-sinagoge di Illyria dan Thrace yang juga merupakan pemukiman Yahudi awal di Bulgaria.

Yahudi Bulgaria terkenal[sunting | sunting sumber]

Anggota Knesset[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesiakova, E. (1989). "Antichna sinagoga vuv Philipopol". Arheologia. 1: 20–33. 
  2. ^ Kochev, N. (1978). "Kum vuprosa za nadpisa ot Oescus za t. nar. arhisinagogus". Vekove. 2: 71–74. 
  3. ^ Kraabel, A. T. (1982). "The Excavated Synagogues of Late Antiquity from Asia Minor to Italy". 16th Internationaler Byzantinistenkongress (dalam bahasa German). Vienna. 2 (2): 227–236. 
  4. ^ Stefanov, Pavel (2002). "Bulgarians and Jews throughout History". Occasional Papers on Religion in Eastern Europe. Newberg, Oregon: George Fox University. 22 (6): 1–11. ISSN 1069-4781. Diakses tanggal October 4, 2015. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "jewishvirtuallibrary" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Chary1972" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "census" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "shalompr" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "haaretz" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Marushiakova" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fischel" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "alfassa" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]