Xiyu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Xiyu atau Region Barat pada abad pertama SM.
Bagian dari seri artikel mengenai
Sejarah Xinjiang
Museum für Indische Kunst Dahlem Berlin Mai 2006 063.jpg

 [[Template:Sejarah {{{country}}}|v]] • [[Template talk:Sejarah {{{country}}}|d]] • [{{fullurl:Template:Sejarah {{{country}}}|action=edit}} e] 

Xiyu (Hsi-yu; Hanzi: 西域; Pinyin: Xīyù; Wade–Giles: Hsi1-yü4) atau Region Barat atau Kawasan Barat atau Daerah Barat adalah sebuah nama historis yang ditetapkan dalam sejarah Tiongkok antara abad ke-3 SM sampai abad ke-8 M[1] yang mengacu kepada daerah barat dari Lintasan Yumen, paling sering Asia Tengah atau kadang-kadang lebih khususnya bagian paling timur darinya (yakni Altishahr atau Cekungan Tarim di Xinjiang selatan), meskipun kadang-kadang digunakan secara lebih umum untuk merujuk daerah lain di sebelah barat Tiongkok juga, seperti anak benua India (seperti dalam novel Perjalanan ke Barat).

Karena lokasinya yang strategis membentang di Jalur Sutra, Xiyu telah menjadi penting secara historis setidaknya sejak abad ke-3 SM. Daerah ini merupakan lokasi berlangsungnya Perang Han-Xiongnu sampai 89 M. Pada abad ke-7, Kampanye militer Tang terhadap negara-negara Xiyu menyebabkan penguasaan Tiongkok terhadap daerah ini sampai Pemberontakan An Lushan.

Daerah tersebut menjadi penting dalam beberapa abad kemudian sebagai saluran budaya antara Asia Timur, anak benua India, dunia Muslim, dan Eropa, seperti selama periode Kekaisaran Mongol. Salah satu ekspor paling penting dari Daerah Barat adalah naskah Buddhis, terutama sutra-sutra Mahayana, yang dilakukan oleh para pedagang dan peziarah biksu kepada Tiongkok. Biksu Dinasti Tang Xuanzang melintasi daerah tersebut dalam perjalanannya untuk belajar di India, menghasilkan Catatan Tang Agung mengenai Xiyu yang berpengaruh saat dia kembali ke ibu kota Tang di Chang'an.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tikhvinskiĭ, Sergeĭ Leonidovich and Leonard Sergeevich Perelomov (1981). China and her neighbours, from ancient times to the Middle Ages: a collection of essays. Progress Publishers. hlm. 124. 

Sumber[sunting | sunting sumber]