Kekhanan Yarkent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bagian dari seri artikel mengenai
Sejarah Xinjiang
Museum für Indische Kunst Dahlem Berlin Mai 2006 063.jpg

 [[Template:Sejarah {{{country}}}|v]] • [[Template talk:Sejarah {{{country}}}|d]] • [{{fullurl:Template:Sejarah {{{country}}}|action=edit}} e] 

Kekhanan Yarkent adalah sebuah negara yang diperintah oleh Kegenghisan Chagatai, dengan mayoritas populasi adalah bangsa Turk di Asia Tengah.

Ibu kota[sunting | sunting sumber]

Ibu kota Kekhanan Yarkent (atau disebut juga Negara Yarkhent/Mamlakati Yarkand) adalah Yarkent, disahkan sejak pembentukan Kekhanan Yarkent hingga kejatuhannya (1514-1705). Negara sebelumnya, Mirza Abu Bakar Dughlat Kashgaria (1465-1514) juga menggunakan Yarkent sebagai ibu kota negara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kekhanan Yarkent adalah sebuah Kekhanan Uyghur, dengan kota-kota yang penting adalah: Hotan, Yarkent, Kashgar, Yangihissar, Aksu, Uchturpan, Kucha, Karashar, Turpan, dan Kumul. Negara ini berjaya di wilayah Uyghur hingga ditaklukkan oleh Khan Zunghar, Tsewang Rabtan, pada tahun 1713.

Pada paruh pertama abad ke-14 Kekhanan Chagatai runtuh; bagian timurnya menjadi Moghulistan, yang dibentuk oleh Tughluk Timur Khan pada 1347 dengan ibu kota di Ghulja di Lembah Sungai Ili. Dinasti yang berkuasa di Kekhanan Yarkent berasal dan datang dari Chagatai, yang berdiri selama lebih dari 100 tahun dan terputus pada tahun 1462 menjadi dua bagian: Tian Shan yang berpenduduk bangsa Moghul yang nomaden dan negara independen dengan ibu kota di Aksu selatan dari Tian Shan, di bawah pemerintahan Dust Muhammad (putra Isan Bugha Khan II dan keturunan ke-6 dari Tughluk Timur Khan), yang berpenduduk masyarakat menetap di daerah Kashgaria Timur, juga daerah Turpan dan Kumul, yang juga pernah dikenal sebagai Uyghurstan (menurut sumber-sumber dari Balkh dan India dari abad 16 dan 17).

Pada tahun 1514, Sultan Said Khan, keturunan ke-7 Tughluk Timur Khan (atau keturunan ke-14 dari Jenghis Khan), digulingkan oleh Negara Mirza Abu Bakar Dughlat di Kashgaria Barat yang beribu kota di Yarkand. Kejadian ini menandai berakhirnya dominasi Emir Dughlat di kota-kota Kashgaria selama hampir 300 tahun, sejak 1220 (ketika sebagian besar wilayah Kashgaria diserahkan kepada Dughlat Bagh Taghan Tarkhan oleh Chagatai Khan, putra kedua dari Chengiz Khan), dan memunculkan dinasti baru, yang diklaim asal-usulnya berasal dari Genghis Khan. Di wilayah barat Kekhanan Chagatai yang telah runtuh, Kekaisaran Timur muncul pada 1370 (yang naik tahta melalui perjanjiannya dengan kepala suku Barlas) dengan ibu kota di Samarkand yang melanjutkan dominasi di wilayah tersebut sampai tahun 1508 ketika ditaklukkan oleh para Shaiban. Kekhanan Yarkent ditaklukkan oleh Kekhanan Zunghar Buddha pada peristiwa Penaklukkan Urimqi di Altishahr [1] dari 1678 hingga 1713.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Dua Belas Muqam Uyghur

Literatur[sunting | sunting sumber]

Saray Mehmet, Doğu Turkistan Tarihi (Başlangıçtan 1878'e kadar), Bayrak Matbaacılık, Istanbul-1997

Kutlukov M, Tentang pembentukan Kekhanan Yarkent (1465-1759), Pan publishing house, Almaty, 1990

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Altishahr secara historis merupakan gabungan dari 6 kota: empat kota di bagian Kashgaria Barat-Hotan, Yarkand, Kashgar, Yengihisar dan dua kota di Kashgaria Timur: Uchturpan dan Aksu.