Wikipedia:Sistem Tahukah Anda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tanpa konsensus Usulan proposal Wikipedia ini tidak mendapatkan konsensus. Jika Anda ingin menghidupkan kembali diskusi berhubungan dengan proposal ini, gunakan halaman diskusi atau carilah masukan yang cukup lewat forum seperti Warung Kopi.
Halaman ini adalah sebuah usulan sistem pembaruan informasi "Tahukah Anda" dari sistem lama menjadi sistem baru. Hal ini pernah dibahas sebelumnya tapi kurang mendapat dukungan. Di bawah ini adalah usulan sistem baru yang lebih sederhana.
Kotak "Tahukah Anda" di Halaman Utama Tanggal 31 Mei 2012
Kotak "Tahukah Anda" di Halaman Utama Tanggal 5 Februari 2013

Tahukah Anda adalah fakta-fakta menarik yang ditampilkan di Halaman Utama dan selalu diperbarui secara rutin. Tahukah Anda dapat berfungsi untuk memublikasikan artikel yang baru dibuat atau dikembangkan.

Kriteria[sunting sumber]

Kriteria suatu informasi bisa menjadi entri "Tahukah Anda" sangat sederhana:

  • Fakta-fakta pendek -- 1 sampai 2 kalimat
  • Fakta-fakta menarik -- sesuatu yang dapat menarik minat orang yang sekali melihatnya
  • Fakta-fakta ensiklopedis -- bukan yang bombastis
  • Fakta-fakta terpercaya -- dapat diperiksa kebenarannya
  • Fakta-fakta global -- usahakan bervariasi, tidak hanya dari Indonesia atau dari negara tertentu

Dan informasi-informasi yang dimuat menjadi entri "Tahukah Anda" diusahakan diambil dari Istimewa:Halaman baru atau arsipnya maksimal dua bulan berselang.

Hampir sama seperti kotak "Peristiwa terkini" di Halaman Utama, kotak "Tahukah Anda" dapat dilihat sebagai "peristiwa terkini"-nya Wikipedia, apa yang baru di dunia vs. apa yang baru di Wikipedia. Pembaruannya pun menerapkan sistem yang sama. Kalau ada yang baru bisa langsung ditambahkan menjadi entri paling atas, yang lama (entri paling bawah) diarsipkan apabila kotak kanan dan kiri di Halaman Utama sudah tidak seimbang. Untuk prosedur pemasangan lebih lanjut, silakan lihat #Pemasangan di bawah.

Usulan terbaru[sunting sumber]

Tambahkan usulan Anda!


Landasan pacu[sunting sumber]

Bandara Hang Nadim di Batam, Kepri, adalah sebuah bandar udara dengan jalur landasan pacu terpanjang di Indonesia, yakni sekitar 4.025 meter?

Penemuan Amerika[sunting sumber]

" ...bahwa pelaut-pelaut Cina yang terdiri dari Hong Bao, Zhou Wen, Zhou Man, dan Yang Qing, lebih dahulu menemukan Amerika. Tepatnya 71 tahun sebelum Columbus, yakni pada tahun 1421." Pendapat tersebut terbantah setelah Leif Ericsson, orang Viking, ditemukan mendarat di pantai Nova Scotia Kanada, pesisir timur benua Amerika, tahun 1000

Isaac Newton dan Cat Flap[sunting sumber]

Sir Isaac Newton terkenal bukan saja karena penemuan hukum gravitasi, tetapi juga penemuan pintu khusus kucing yang biasa terdapat pada pintu rumah (cat flap).

Hayu Dyah Patria[sunting sumber]

"...bahwa Hayu Dyah Patria memanfaatkan tanaman liar di Jawa Timur sebagai makanan? Karena itu, ia mendapatkan penghargaan Satu Indonesia Award 2011."

Pendudukan Jepang di Kalimantan Barat[sunting sumber]

"...bahwa Pontianak diduduki Jepang dengan sembilan pesawat pada tanggal 19 Desember 1941? Kejadian ini dikenal sebagai Bom Sembilan."

A.A. Hamidhan[sunting sumber]

"...bahwa berita Kemerdekaan Indonesia dibawa oleh A.A. Hamidhan ke Kalimantan dengan menggunakan pesawat Jepang pada tanggal 24 Agustus 1945?"

Hewan Pemangsa Tercepat[sunting sumber]

Alap-alap Kawah[sunting sumber]

"... bahwa burung Alap-alap Kawah (Falco peregrinus) adalah hewan pemangsa tercepat? Burung ini dapat terbang mencapai 320 km/jam."

Mata Uang Indonesia[sunting sumber]

"...bahwa sebagian besar uang Negara Indonesia pada bagian depannya bergambar pahlawan nasional? Ada juga uang Negara Indonesia yang bergambar binatang, pekerjaan, kebudayaan Indonesia, dan puspa satwa Negara Indonesia?"

Sungai Kapuas[sunting sumber]

Sungai Kapuas adalah sungai yang terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.178 km.Sungai ini digunakan untuk sarana pengangkutan air, pelabuhan, dan sarana pengenalan daerah Pontianak, Kalimantan Barat

denver international airport[sunting sumber]

... Bahwa Denver International Airport mengalami pembengkakan dana pembangunan hingga 4 kali lipat ? Bandar Udara ini juga membingungkan banyak orang karena memiliki lahan yang terlalu luas dan fasilitas bahan bakar yang terlalu lengkap untuk sebuah bandar udara.

Kepangkatan Jenderal di Indonesia[sunting sumber]

Sebenarnya, ada lima tingkat kepangkatan Jenderal di Indonesia yaitu Brigadir Jenderal, Mayor Jenderal, Letnan Jenderal, Jenderal dan Jenderal Besar. Namun hanya ada tiga orang yang tercatat pernah mncapai pangkat Jenderal Besar, yaitu Soedirman, A. H. Nasution dan Soeharto.

Supersemar[sunting sumber]

Sampai sekarang, naskah Supersemar yang asli belum ditemukan

Presiden Pertama dan Komposer Lagu kebangsaan Singapura[sunting sumber]

Presiden Pertama Singapura, Yusof bin Ishak, dan Komposer Lagu Kebangsaan Singapura, Zubir Said, masih berdarah minang

Tepi Barat dan Gaza[sunting sumber]

Sebelum tahun 1967, Jalur Gaza dan Tepi Barat memakai 2 lagu kebangsaan yang berbeda, Tepi Barat memakai Lagu Kebangsaan Yordania dan Gaza memakai Lagu Kebangsaan Mesir ? Baru setelah itu, mereka memakai lagu "Fida'i" sebagai lagu kebangsaan mereka

Lagu Kebangsaan Rusia[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa Lagu Kebangsaan Rusia memiliki nada yang sama dengan Lagu Kebangsaan Uni Soviet, hanya saja seluruh liriknya dirombak kecuali satu bait yaitu "slavsya otechestvo nashe svobodnoye (jayalah tanah airku, negeri yang merdeka)" ? Alasannya adalah rakyat Rusia rindu akan kejayaan dan kondisi mereka pada zaman Uni Soviet !

Gambar Mata Uang Indonesia[sunting sumber]

Hanya ada dua presiden dan satu wakil presiden yang potretnya pernah tercantum di mata uang Indonesia? Kedua presiden itu adalah Soekarno dan Soeharto, serta satu wakil presiden itu adalah Mohammad Hatta, dan dimata uang saat ini, Soeharto tidak dicantumkan lagi dan Soekarno Hatta tetap dicantumkan sebagai duumvirate (keduanya dalam satu mata uang).

Garuda Pancasila[sunting sumber]

Pada awalnya, simbol Republik Indonesia, Garuda Pancasila, adalah benar benar Garuda yang membawa perisai Pancasila ? Namun simbol usulan Sultan Hamid II ini diganti menjadi elang botak akibat Masyumi menganggap lambang tersebut terlalu mistis, dan Soekarno kembali meminta lambang itu diganti lagi dengan elang jawa karena ia menilai lambang Indonesia saat itu terlalu mirip lambang Amerika Serikat.

Adolf Hitler[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa Adolf Hitler adalah pengagum Napoleon Bonaparte? Mereka juga melakukan satu hal yang sama dalam menjalankan penklukannya, yaitu menyerang Rusia tapi gagal, yang menyulut serangkaian kekalahan mereka.

Singapura dan Brunei Darussalam[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa Dolar Singapura dan Dolar Brunei Darussalam memiliki kesamaan? Kesamaan itu terletak pada nilai kurs jual dan kurs beli yang seragam.

Tupai ekor-sikat[sunting sumber]

  • Tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii) adalah hewan asli Nusantara yang merupakan satu-satunya spesies tupai dalam genus Ptilocercus, karena semua tupai lain ada dalam keluarga Tupaiidae.
  • Tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii) adalah mamalia liar asli Nusantara dan satu-satunya yang dikenal mengkonsumsi alkohol dari nira yang terfermentasi. Tupai ekor-sikat tidak menjadi mabuk walaupun mengkonsumsi jumlah yang setara dengan 10 sampai 12 gelas tuak nira dengan kadar alkohol hingga 3,8% setiap malamnya.

Al Quran[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa ayat terpanjang dalam Al Quran berbicara mengenai hutang dan berada pada surah terpanjang dalam Al Quran ?

Napoleon Bonaparte[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa Napoleon Bonaparte memiliki tinggi tubuh 157 cm sehingga tergolong pendek ? Oleh karena itu dia dijuluki "La Petit Caporal" atau "Kopral Pendek"

Istana Nurul Iman[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa Istana Nurul Iman, Istana Sultan Brunei, adalah salah satu Istana Kepala Negara terluas di dunia ?

Piala Konfederasi 2013[sunting sumber]

Tahukah anda, klub yang terbanyak menyumbang pemain untuk peserta Piala Konfederasi 2013 di Brasil adalah AS Dragon dari Tahiti ? FC Barcelona menyumbang 10 pemain, sedangkan AS Dragon menyumbang 11 orang dan semuanya bermain untuk Tahiti.

Pertanian subsisten[sunting sumber]

... banyak petani subsisten menanam tanaman pertanian alternatif dan memiliki kemampuan bertani yang tidak ditemukan di metode pertanian maju.

Ejaan kalkulator[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa angka-angka pada kalkulator jika dibaca terbalik akan membentuk huruf-huruf alfabet? Ini disebut dengan ejaan kalkulator.

Ejaan kalkulator[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa angka-angka pada kalkulator jika dibaca terbalik akan membentuk huruf-huruf alfabet kecuali angka 8? Ini disebut dengan ejaan kalkulator.

Lokomotif CC201[sunting sumber]

...bahwa lokomotif CC201 adalah lokomotif paling sukses yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia?

Jalan Suryakencana Bogor[sunting sumber]

...bahwa Jalan Suryakencana di Bogor dulunya 2 lajur

Lagu Kebangsaan Singapura[sunting sumber]

...bahwa pencipta lagu kebangsaan Singapura bernama Zubir Said yang dulunya pernah berkewarganegaraan Hindia Belanda (Indonesia)?

Air Kelapa[sunting sumber]

…bahwa jika air kelapa diletakkan didalam gelas kaca, gelas tersebut akan mudah sekali pecah ?

Pengusulan[sunting sumber]

  • Siapa pun dapat mengusulkan entri "Tahukah Anda".
  • Pengguna yang mengusulkan harus memastikan bahwa artikel yang diusulkan telah memenuhi kriteria di atas
  • Pengguna lain yang tidak setuju dapat menolaknya dengan disertai alasan (mis. ada kriteria yang tidak dipenuhi) pada masing-masing entri.

Prosedur pengusulan[sunting sumber]

3 langkah sederhana

  1. Sebelum mengusulkan kandidat, pastikan bahwa artikel tersebut sudah memenuhi semua kriteria di atas
  2. Masuk ke halaman Wikipedia:Tahukah Anda/Usulan
  3. Klik "sunting", kemudian tulislah ===[[nama artikel]]=== (yang dimaksud dari artikel mana tahukah Anda itu berasal) pada bagian paling atas, lalu masukan kalimat "Tahukah Anda" dan gambar jika perlu.

Pengarsipan[sunting sumber]

Tahukah Anda yang lama akan diarsipkan di Wikipedia:Tahukah Anda/Arsip.

Pemasangan[sunting sumber]

Tahukah Anda yang telah disetujui (tidak ada yang menentang) akan ditambahkan ke Templat:Tahukah Anda untuk selanjutnya ditampilkan di Halaman Utama

  • Catatan: berhubung ini masih proposal, templat tersebut belum akan ditampilkan, tapi akan ditampilkan di halaman ini saja.

Prosedur pemasangan (masih didiskusikan oleh komunitas):

  • Pada intinya adalah memberi kesempatan sebuah entri paling tidak tertampil selama 1x24 jam. Jadi apabila ada stok yang melimpah, sebuah entri tidak boleh dipasang lalu diarsipkan hanya dalam hitungan jam. Tetapi di pihak lain, apabila stok sedikit, ada kemungkinan sebuah entri akan bertahan lebih dari sehari, sama seperti entri Peristiwa Terkini.
  • Tidak sembarang orang boleh memperbarui daftar ini, sama seperti Peristiwa Terkini, karena tertampil langsung di Halaman Utama. Minimal harus pengguna yang terkonfirmasi, atau editor.
  • Hanya satu gambar ilustrasi saja yang ditampilkan, tidak setiap entri perlu diberi gambar.






Selamat datang di Wikipedia,
ensiklopedia bebas yang dapat disunting siapa pun.
Abdoel Moeis Hassan sebagai Gubernur Kalimatan Timur

Abdoel Moeis Hassan adalah seorang tokoh pemuda pergerakan kebangsaan di Samarinda pada masa 1940–1945 dan pemimpin perjuangan diplomasi politik untuk kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Kalimantan Timur pada masa 1945–1949. Ia bergabung dalam Panitia Persiapan Penyambutan Kemerdekaan Republik Indonesia (P3KRI) dan mendirikan Ikatan Nasional Indonesia (INI) Cabang Samarinda. Tahun 1947 ia menjadi ketua Front Nasional. Pada akhir tahun 1949, bersama Front Nasional, ia menuntut kepada pemerintah lokal untuk keluar dari Republik Indonesia Serikat (RIS) dan bergabung dengan RI-Yogya. Ia mengadakan Kongres Rakyat Kaltim pada 1954 untuk menuntut pembentukan Provinsi Kalimantan Timur supaya pembangunan dapat meningkat. Tahun 1960, ia menjadi Ketua Komisi Gabungan di DPR Gotong Royong. Tahun 1962, ia menjadi Gubernur Kalimantan Timur kedua. Tahun 1966, ia berhenti sebagai Gubernur dan menjadi pegawai di Departemen Dalam Negeri di Jakarta. Tahun 1968 hingga 1970, ia kembali menjadi anggota DPR RI mewakili PNI. Tahun 1976, ia pensiun dari PNS dan berkiprah di bidang sosial kemasyarakatan serta menulis artikel dan buku hingga 2004 dan meninggal dunia pada 2005 dalam usia 81 tahun. (Selengkapnya...)

Stefan Löfven pada 2017
Stefan Löfven

Sedang berlangsung: Penutupan pemerintahan federal Amerika Serikat
Kematian terkini: RonaldikinGing GinanjarTony MendezDaniel C. Striepeke

22 Januari: Tu BiShvat (Yudaisme, 2019); Hari Penyatuan Kembali di Ukraina (1919)

Tanggal lain: 21 Januari 22 Januari 23 Januari

Hari ini tanggal 22 Januari 2019 (UTC) – Muat ulang
Batang kristal kadmium dengan kemurnian 99,999% dibuat menggunakan proses fluks.
Batang kristal kadmium dengan kemurnian 99,999% dibuat menggunakan proses fluks.
(ukuran asli 5.220 × 3.378 piksel, 2,55 MB)

Oleh: Alchemist-hp
Lisensi: CC-BY 2.0

Wikipedia bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003 dan saat ini telah memiliki 451.549 artikel. Wikipedia juga tersedia dalam berbagai bahasa di dunia, beberapa yang terbesar adalah sebagai berikut:

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba, yang juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lainnya:

Lihat pula[sunting sumber]

  • /Lama - usulan lama yang terbengkalai