Cinco de Mayo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah perayaan khas Cinco de Mayo Baile folklórico di Gardena, California.

Cinco de Mayo ("Tanggal Lima Mei" dalam bahasa Spanyol) pada dasarnya adalah sebuah hari libur regional, bukan federal, di Meksiko. Tanggal ini diperingati di Amerika Serikat dan tempat-tempat lainnya di seluruh dunia sebagai perayaan warisan dan kebanggan Meksiko. Perayaan ini memperingati kemenangan awal pasukan-pasukan Meksiko yang dipimpin oleh Jenderal Ignacio Zaragoza Seguín atas pasukan-pasukan Perancis dalam Pertempuran Puebla pada 5 Mei 1862.

Namun kemenangan Meksiko di Puebla ini hanya menunda invasi Perancis atas Mexico City, dan setahun kemudian, Perancis menduduki Meksiko. Pasukan-pasukan pendudukan Perancis menempatkan Maximilian I, Kaisar Meksiko di takhta Meksiko. Maximillian dan pasukan-pasukan Perancis pada akhirnya dikalahkan dan diusir pada 1867, lima tahun setelah Pertempuran Puebla.

Di Amerika Serikat ada kesalahpahaman yang menganggap bahwa Cinco de Mayo adalah Hari Kemerdekaan Meksiko. Hari Kemerdekaan Meksiko jatuh pada 16 September (dieciséis de septiembre dalam bahasa Spanyol).

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Cinco de Mayo dianggap sebagai hari raya yang relatif kurang begitu penting di hampir seluruh Meksiko. Perayaan ini diperingati, kalaupun ada, dalam berbagai tingkatan.[1][2] Hari raya ini diperingati besar-besaran di Puebla, Puebla, tempat pertempuran itu berlangsung dulu, dan di seluruh neara bagian Puebla. Perayaannya lebih terbatas atau bahkan hampir tidak ada di bagian-bagian lain dari Meksiko.[3] Perayaannya biasanya dilakukan dengan menyediakan berbagai jenis makanan, minuman, musik, dan tarian.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]