Wikipedia:Tahukah Anda/Usulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantau Istimewa:Halaman baru, lalu usulkan di sini info-info menarik yang memenuhi kriteria di bawah:

  • Fakta-fakta pendek -- 1 sampai 2 kalimat, namun terkadang melebihi 2 kalimat apabila dilengkapi dengan penjelasan
  • Fakta-fakta menarik -- sesuatu yang dapat menarik minat orang dan memberikan pengetahuan baru maupun unik
  • Fakta-fakta ensiklopedis -- isinya harus ada di dalam artikel yang dimaksud
  • Fakta-fakta tepercaya -- dapat dicek kebenarannya
  • Fakta-fakta global -- usahakan bervariasi, tidak hanya Indonesia atau dari negara tertentu

<< Kembali ke Wikipedia:Sistem Tahukah Anda


Ahmed Tevfik Pasha[sunting sumber]

"... bahwa Ahmed Tevfik Pasha ialah wazir agung terakhir sebelum akhirnya Kesultanan Utsmaniyah runtuh?"

Siput[sunting sumber]

"...bahwa Siput dapat tidur selama 3 tahun "

Chiropsalmus quadrumanus[sunting sumber]

"...bahwa ubur-ubur kotak berbisa (Chiropsalmus quadrumanus) pernah membunuh seorang anak dalam waktu empat puluh menit setelah disengat? "

Menara Eiffel[sunting sumber]

"...bahwa Menara Eiffel selalu dicat ulang 5 tahun sekali dengan menghabiskan 50-60 ton cat untuk mecegahnya berkarat?"

Artikel baru bulan September 2012[sunting sumber]

Daerah Istimewa Yogyakarta[sunting sumber]

"...bahwa sesuai UU Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY: Daerah Istimewa Yogyakarta bukanlah sebuah provinsi di Indonesia, melainkan sebuah daerah istimewa setingkat provinsi?"

Artikel baru bulan Agustus 2012[sunting sumber]

Museum Sumatera Utara[sunting sumber]

".....bahwa Museum Sumatera Utara merupakan salah satu museum yang terbaik di Indonesia?"

Artikel baru bulan Juni 2012[sunting sumber]

Oevaang Oeray[sunting sumber]

".....bahwa Oevaang Oeray adalah gubernur Kalimantan Barat pertama yang berasal dari etnis Dayak?"

Bandar Udara Gibraltar[sunting sumber]

Tahukah Anda bahwa jalur landasan pacu Bandar Udara Gibraltar berpotongan dengan jalan utama yang menghubungkan Gibraltar dengan Spanyol? Lalu lintas jalan ini harus ditutup setiap ada akan pesawat yang mendarat atau melepas landas.

Cumi-cumi[sunting sumber]

"...bahwa tinta pada cumi-cumi dapat mencegah kanker."

Aktris Terburuk (Razzie)[sunting sumber]

Sandra Bullock pernah dinobatkan sebagai aktris terbaik di Oscar dan aktris terburuk di Razzie pada tahun yang sama.

Universitas negeri termuda[sunting sumber]

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 2007 adalah perguruan tinggi negeri termuda di Indonesia.

Institut Pertanian Bogor[sunting sumber]

Universitas Indonesia tidak memiliki Fakultas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan karena fakultas-fakultas tersebut memisahkan diri pada tahun 1963 menjadi Institut Pertanian Bogor.

Nafsiah Mboi[sunting sumber]

Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan Indonesia ke-19 adalah Menteri Kesehatan dengan umur tertua yang pernah menjabat, yakni 71 tahun.

Menteri Kesehatan Indonesia[sunting sumber]

Kementerian Kesehatan adalah satu-satunya kementerian di Indonesia yang jabatan menteri nya tiga kali berturut-turut dipegang oleh perempuan, dengan presiden yang sama, dan ketiganya sama-sama berprofesi sebagai dokter.

Artikel baru bulan Mei 2012[sunting sumber]

Makan bajamba[sunting sumber]

Tradisi makan bajamba yang diselenggarakan dalam memperingati HUT ke-123 kota Sawahlunto pada 1 Desember 2006 tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai acara makan bersama terbanyak dan terpanjang, karena diikuti oleh 16.322 orang.

Vulcan (planet hipotetis)[sunting sumber]

Vulcan adalah planet kecil yang diusulkan keberadaannya di antara Merkurius dan Matahari untuk menjelaskan keanehan dalam orbit Merkurius. Planet tersebut tidak pernah ditemukan, dan keanehan dalam orbit Merkurius saat ini sudah dapat dijelaskan oleh relativitas umum Einstein.

Gedung Parlemen Hongaria[sunting sumber]

Gedung Parlemen Hongaria (Országház) adalah gedung terbesar di Hongariayang merupakan basis dari Dewan Nasional Hongaria. Gedung ini merupakan salah satu gedung legislatif tertua di Eropa dan merupakan marka tanah yang penting yang berdiri megah di pinggir Sungai Donau, Hongaria.

Hipotesis Nemesis[sunting sumber]

Nemesis adalah bintang katai merah atau katai coklat yang diusulkan keberadaannya pada tahun 1984. Bintang ini diusulkan mengelilingi Matahari pada jarak 95.000 Satuan Astronomi (1,5 tahun cahaya) di luar awan Oort sebagai penyebab siklus kepunahan massal setiap 26 juta tahun sekali.

Conodont[sunting sumber]

Conodont adalah chordata yang telah punah dan menyerupai belut. Makhluk ini diklasifikasikan ke dalam kelas Conodonta. Selama bertahun-tahun, hanya fosil gigi makhluk ini yang ditemukan (dan disebut elemen conodont), hingga akhirnya suatu hari fosil conodont yang bergigi ditemukan.

Lambang Armenia[sunting sumber]

Lambang negara Armenia (Hayastani Zinanshan) terdiri atas seekor Elang dan seekor Singa menopang perisai. Di bagian tengah menampilkan Gunung Ararat, lambang nasional Armenia, dengan Bahtera Nuh di atasnya.

Kippah[sunting sumber]

Kippah atau kipa uga dikenal sebagai yarmulke, adalah topi setengah bola atau berbentuk piring, biasanya terbuat dari kain, sering dipakai oleh pria Yahudi Ortodoks untuk memenuhi persyaratan adat yang diselenggarakan oleh beberapa pihak berwenang halachik ortodoks bahwa kepala mereka ditutup setiap saat, dan kadang-kadang dipakai oleh pria dan, lebih jarang, perempuan pada waktu berdoa.

Kerjantara[sunting sumber]

Kerjantara adalah organisasi yang mencocokkan majikan kepada karyawan. Di semua negara maju terdapat agen tenaga kerja yang didanai secara publik dan bisnis pribadi beberapa yang juga bertindak sebagai agen tenaga kerja.

Titik Feynman[sunting sumber]

Titik Feynman adalah urutan dari enam angka 9 yang mulai dari tempat desimal ke-762 dalam representasi desimal π. Titik Feynman juga urutan dari empat dan lima angka yang muncul pertama kali. Urutan berikut dari empat angka bertemu pada posisi 1.589 dan terdiri dari angka 7.

Data terbuka[sunting sumber]

Data terbuka adalah konsep tentang data yang tersedia secara bebas untuk dimanfaatkan oleh masyarakat yang mula-mula dicetuskan oleh pemerintah Amerika Serikat dan Inggris. Salah satu contoh data terbuka adalah Wikipedia.

Tarminah Kario Wikromo[sunting sumber]

Tarminah Kario Wikromo adalah penyanyi keroncong Singapura yang berasal dari tanah Jawa. Tarminha terkenal sebagai penyanyi di radio Melayu pada tahun 1930'an. Dia adalah istri dari Zubir Said seorang komposer asal Bukit Tinggi yang menciptakan lagu kebangsaan Singapura "Majulah Singapura".

Kiwix[sunting sumber]

Kiwix adalah program gratis yang digunakan untuk membaca Wikipedia secara luring. Piranti lunak ini didesain secara khusus untuk sekolah-sekolah di negara-negara berkembang yang tidak memiliki akses internet atau yang akses internetnya mahal. Kiwix menggunakan kerangka kerja Mozilla dan tersedia dalam lebih dari 80 bahasa.

Simpur[sunting sumber]

Kayu simpur atau simpoh cocok digunakan untuk konstruksi, tiang-tiang, pintu-jendela serta kusennya, panil-panil dekoratif, lantai, furnitur, rangka dan lantai perahu, venir serta kayu lapis. Buah dari beberapa jenis dapat dimakan, baik dalam keadaan segar ataupun setelah diproses, dijadikan asinan atau dimasukkan dalam masakan. Buah jenis sempur tertentu juga dipakai dalam keramas, untuk membasmi kutu kepala, atau untuk mencuci pakaian. Kayu beberapa jenis sempur juga baik untuk dijadikan arang.

Tour de Singkarak 2012[sunting sumber]

Tour de Singkarak edisi IV tahun 2012 akan dimulai dari kota Sawahlunto, dan berakhir di kota Padang yang merupakan ibu kota Sumatera Barat, dijadikan sebagai tempat berakhirnya Tour de Singkarak, setelah sebelumnya ditempatkan di Danau Singkarak.

Mark Oliphant[sunting sumber]

Sir Marcus 'Mark' Laurence Elwin Oliphant adalah seorang fisikawan Australia dan humanitaria yang memainkan peran mendasar dalam demonstrasi eksperimental pertama dari Fusi nuklir dan juga pengembangan bom atom.

Kakatua Galah[sunting sumber]

Kakatua Galah atau Kakatua Mawar adalah satu jenis kakatua yang biasa ditemukan dan tersebar luas, dan dapat ditemukan di daerah terbuka di hampir semua bagian daratan Australia. Kakatua ini mempunyai bulu pink dan abu-abu yang khas dan perilakunya yang berani dan keras membuatnya sebagai pemandangan biasa di hutan dan terlebih lagi di wilayah perkotaan. Istilah galah merupakan derivasi kata gilaa, sebuah kata yang ditemukan pada Bahasa Yuwaalaraay dan tetangga Bahasa Aborigin.

Adaro Energy[sunting sumber]

Adaro Energy Tbk. (Kode saham pada BEI: ADRO.JK) adalah Perusahaan Indonesia yang merupakan produsen batubara terbesar di belahan bumi selatan dan keempat terbesar di dunia.

Irshad Manji[sunting sumber]

Irshad Manji (إرشاد مانجي,) adalah seorang penulis Kanada, wartawan dan advokat dari interpretasi "reformasi dan progresif" Islam. Manji terkenal sebagai kritikus aliran tradisional Islam dan telah dijelaskan oleh The New York Times sebagai "mimpi terburuk Osama bin Laden".

Hannah Kempfer[sunting sumber]

Kempfer adalah salah satu dari empat wanita pertama terpilih menjadi anggota legislatif Minnesota pada tahun 1922 setelah pencetusan hak pilih perempuan di Amerika Serikat pada 1920.

Browning Hi-Power[sunting sumber]

Browning Hi-Power adalah pistol semi otomatis single action 9 mm yang paling banyak digunakan di kalangan militer, dengan jumlah pengguna lebih dari 50 negara[1] . Pistol ini ini mempunyai kapasitas amunisi yang hampir dua kali lipat lebih banyak dari pistol kompetitor di masanya. Nama tersebut pistol ini paling dikenal dengan nama "Hi-Power".

Pindad P1[sunting sumber]

Pindad P1 adalah pistol single action buatan PT Pindad, Bandung, Indonesia menggunakan amunisi kaliber 9 mm ke dalam magazen isi 15 butir dilengkapi dengan alat bidik besi tritium dot sight. Panjang laras 100 mm dan berat 800 gram. Pistol ini merupakan versi Indonesia dari Browning Hi-Power, dengan lisensi dari FN Herstal.

Kaidah tangan kanan[sunting sumber]

Kaidah tangan kanan adalah jembatan keledai yang umum untuk memahami konvensi notasi vektor dalam bangun tiga dimensi. Kaidah ini diciptakan untuk digunakan dalam elektromagnetisme oleh fisikawan Inggris John Ambrose Fleming pada akhir abad ke-19.

Aishah[sunting sumber]

Wan Aishah binti Wan Ariffin atau yang lebih dikenal dengan Aishah, merupakan penyanyi yang berasal dari Negeri Sembilan, Malaysia dan merupakan anggota kelompok Fan Club asal Selandia Baru. Album pertamanya bersama Soul on Ice (Fan Club) yaitu Sensation telah menaikkan namanya sebagai penyanyi wanita pertama Malaysia yang berhasil di tingkat internasional.

Struve Geodetic Arc[sunting sumber]

Struve Geodetic Arc atau disebut sebagai Busur Geodetik Struve adalah rantai triangulasi yang membentang dari Hammerfest di Norwegia sampai Laut Hitam di Ukraina, melalui 10 negara, yaitu, Ukraina, Swedia, Rusia, Norwegia, Moldova, Lituania, Latvia, Estonia, dan Belarus dan hampir berjarak lebih dari 2.820 km, yang menghasilkan pengukuran akurat pertama dari sebuah titik meridian.

Jiroemon Kimura[sunting sumber]

Jiroemon Kimura (Bahasa Jepang: 木村 次郎右衛門 Kimura Jirōemon, lahir di Kyōtango, Kyoto, Jepang, 19 April 1897; umur 115 tahun) adalah laki-laki tertua saat ini sejak 14 April 2011 setelah meninggalnya Walter Breuning. Ia adalah orang terakhir di Asia yang masih hidup saat ini yang lahir pada tahun 1897.

Eurabia[sunting sumber]

Eurabia adalah kata baru atau neologisme sosial-politik, yang berkaitan dengan dugaan Arabisasi dan Islamisasi di Eropa, dan dugaan kapitulasi para pemimpin Eropa untuk pengaruh Islam Ini telah digambarkan sebagai Islamofobia dan teori konspirasi ekstremis.

Universitas Iowa[sunting sumber]

Universitas ini adalah universitas negeri tertua di negara bagian Iowa, AS, dan dikategorikan sebagai Universitas Riset RU/VH(dengan kegiatan penelitian yang sangat tinggi) dalam Carnegie Classification of Institutions of Higher Education. Universitas ini didirikan hanya 59 hari setelah Iowa menjadi negara bagian!

Musik Minang[sunting sumber]

Musik Minang adalah Musik tradisional maupun yang modern asal Minangkabau sejenis Musik Melayu namun khas Sumatera Barat. Alat musik yang dipakai adalah Talempong, Rabab, Serunai, Rebana, Aguang, Gandang, Biola. Musik Minang juga dipakai untuk mengiringi Tari Pasambahan dan Tari Piring khas Sumatera Barat.

Kerusuhan anti-Sikh 1984[sunting sumber]

Pembantaian Sikh 1984 adalah kekerasan empat hari di India Utara, khususnya Delhi, di mana massa bersenjata (khususnya anggota kongres) menyerang Sikh & harta mereka dalam menanggapi pembunuhan Perdana Menteri Indira Gandhi oleh pengawal Sikhnya. CBI mengatakan bahwa rencana baik diselenggarakan oleh pemerintah saat ini.

Kekerasan Gujarat 2002[sunting sumber]

58 peziarah Hindu yang kembali dari Ayodhya, tewas dalam serangan itu. Hal ini pada gilirannya mendorong serangan balasan terhadap Muslim dan kerusuhan komunal umum dalam skala besar di seluruh negara bagian, di mana 790 Muslim dan 254 orang Hindu itu akhirnya tewas dan 223 orang lainnya dilaporkan hilang.

Kegubernuran Dayr az-Zawr[sunting sumber]

Dayr az-Zawr juga lokasi eksekusi Israel di Operasi Orchard pada tanggal 6 September 2007. Israel membom sebuah kompleks dekat utara Suriah yang dicurigai memegang bahan nuklir dari Korea Utara.


Usulan lama[sunting sumber]

Daftar kabupaten dan kota di Indonesia[sunting sumber]

Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki 93 kota otonom?

Darah[sunting sumber]

Tahukah Anda bahwa setiap hari darah mengalir sepanjang 180.000 km dalam tubuh manusia?

Jerawat[sunting sumber]

Tahukah Anda bahwa dalam setiap ilustrasi gambar anak-anak selalu memiliki Jerawat?

Usulan tambahan[sunting sumber]


Landasan pacu[sunting sumber]

Bandara Hang Nadim di Batam, Kepri, adalah sebuah bandar udara dengan jalur landasan pacu terpanjang di Indonesia, yakni sekitar 4.025 meter?

Penemuan Amerika[sunting sumber]

" ...bahwa pelaut-pelaut Cina yang terdiri dari Hong Bao, Zhou Wen, Zhou Man, dan Yang Qing, lebih dahulu menemukan Amerika. Tepatnya 71 tahun sebelum Columbus, yakni pada tahun 1421." Pendapat tersebut terbantah setelah Leif Ericsson, orang Viking, ditemukan mendarat di pantai Nova Scotia Kanada, pesisir timur benua Amerika, tahun 1000

Isaac Newton dan Cat Flap[sunting sumber]

Sir Isaac Newton terkenal bukan saja karena penemuan hukum gravitasi, tetapi juga penemuan pintu khusus kucing yang biasa terdapat pada pintu rumah (cat flap).

"...bahwa Hayu Dyah Patria memanfaatkan tanaman liar di Jawa Timur sebagai makanan? Karena itu, ia mendapatkan penghargaan Satu Indonesia Award 2011."

"...bahwa Pontianak diduduki Jepang dengan sembilan pesawat pada tanggal 19 Desember 1941? Kejadian ini dikenal sebagai Bom Sembilan."

"...bahwa berita Kemerdekaan Indonesia dibawa oleh A.A. Hamidhan ke Kalimantan dengan menggunakan pesawat Jepang pada tanggal 24 Agustus 1945?"

Hewan Pemangsa Tercepat[sunting sumber]

Alap-alap Kawah[sunting sumber]

"... bahwa burung Alap-alap Kawah (Falco peregrinus) adalah hewan pemangsa tercepat? Burung ini dapat terbang mencapai 320 km/jam."

Mata Uang Indonesia[sunting sumber]

"...bahwa sebagian besar uang Negara Indonesia pada bagian depannya bergambar pahlawan nasional? Ada juga uang Negara Indonesia yang bergambar binatang, pekerjaan, kebudayaan Indonesia, dan puspa satwa Negara Indonesia?"

Sungai Kapuas adalah sungai yang terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.178 km.Sungai ini digunakan untuk sarana pengangkutan air, pelabuhan, dan sarana pengenalan daerah Pontianak, Kalimantan Barat

denver international airport[sunting sumber]

... Bahwa Denver International Airport mengalami pembengkakan dana pembangunan hingga 4 kali lipat ? Bandar Udara ini juga membingungkan banyak orang karena memiliki lahan yang terlalu luas dan fasilitas bahan bakar yang terlalu lengkap untuk sebuah bandar udara.

Kepangkatan Jenderal di Indonesia[sunting sumber]

Sebenarnya, ada lima tingkat kepangkatan Jenderal di Indonesia yaitu Brigadir Jenderal, Mayor Jenderal, Letnan Jenderal, Jenderal dan Jenderal Besar. Namun hanya ada tiga orang yang tercatat pernah mncapai pangkat Jenderal Besar, yaitu Soedirman, A. H. Nasution dan Soeharto.

Supersemar[sunting sumber]

Sampai sekarang, naskah Supersemar yang asli belum ditemukan

Presiden Pertama dan Komposer Lagu kebangsaan Singapura[sunting sumber]

Presiden Pertama Singapura, Yusof bin Ishak, dan Komposer Lagu Kebangsaan Singapura, Zubir Said, masih berdarah minang

Tepi Barat dan Gaza[sunting sumber]

Sebelum tahun 1967, Jalur Gaza dan Tepi Barat memakai 2 lagu kebangsaan yang berbeda, Tepi Barat memakai Lagu Kebangsaan Yordania dan Gaza memakai Lagu Kebangsaan Mesir ? Baru setelah itu, mereka memakai lagu "Fida'i" sebagai lagu kebangsaan mereka

Lagu Kebangsaan Rusia[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa Lagu Kebangsaan Rusia memiliki nada yang sama dengan Lagu Kebangsaan Uni Soviet, hanya saja seluruh liriknya dirombak kecuali satu bait yaitu "slavsya otechestvo nashe svobodnoye (jayalah tanah airku, negeri yang merdeka)" ? Alasannya adalah rakyat Rusia rindu akan kejayaan dan kondisi mereka pada zaman Uni Soviet !

Gambar Mata Uang Indonesia[sunting sumber]

Hanya ada dua presiden dan satu wakil presiden yang potretnya pernah tercantum di mata uang Indonesia? Kedua presiden itu adalah Soekarno dan Soeharto, serta satu wakil presiden itu adalah Mohammad Hatta, dan dimata uang saat ini, Soeharto tidak dicantumkan lagi dan Soekarno Hatta tetap dicantumkan sebagai duumvirate (keduanya dalam satu mata uang).

Garuda Pancasila[sunting sumber]

Pada awalnya, simbol Republik Indonesia, Garuda Pancasila, adalah benar benar Garuda yang membawa perisai Pancasila ? Namun simbol usulan Sultan Hamid II ini diganti menjadi elang botak akibat Masyumi menganggap lambang tersebut terlalu mistis, dan Soekarno kembali meminta lambang itu diganti lagi dengan elang jawa karena ia menilai lambang Indonesia saat itu terlalu mirip lambang Amerika Serikat.

Tahukah anda bahwa Adolf Hitler adalah pengagum Napoleon Bonaparte? Mereka juga melakukan satu hal yang sama dalam menjalankan penklukannya, yaitu menyerang Rusia tapi gagal, yang menyulut serangkaian kekalahan mereka.

Tahukah anda bahwa Dolar Singapura dan Dolar Brunei Darussalam memiliki kesamaan? Kesamaan itu terletak pada nilai kurs jual dan kurs beli yang seragam.

  • Tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii) adalah hewan asli Nusantara yang merupakan satu-satunya spesies tupai dalam genus Ptilocercus, karena semua tupai lain ada dalam keluarga Tupaiidae.
  • Tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii) adalah mamalia liar asli Nusantara dan satu-satunya yang dikenal mengkonsumsi alkohol dari nira yang terfermentasi. Tupai ekor-sikat tidak menjadi mabuk walaupun mengkonsumsi jumlah yang setara dengan 10 sampai 12 gelas tuak nira dengan kadar alkohol hingga 3,8% setiap malamnya.

Tahukah anda bahwa ayat terpanjang dalam Al Quran berbicara mengenai hutang dan berada pada surah terpanjang dalam Al Quran ?

Tahukah anda bahwa Napoleon Bonaparte memiliki tinggi tubuh 157 cm sehingga tergolong pendek ? Oleh karena itu dia dijuluki "La Petit Caporal" atau "Kopral Pendek"

Tahukah anda bahwa Istana Nurul Iman, Istana Sultan Brunei, adalah salah satu Istana Kepala Negara terluas di dunia ?

Tahukah anda, klub yang terbanyak menyumbang pemain untuk peserta Piala Konfederasi 2013 di Brasil adalah AS Dragon dari Tahiti ? FC Barcelona menyumbang 10 pemain, sedangkan AS Dragon menyumbang 11 orang dan semuanya bermain untuk Tahiti.

Pertanian subsisten[sunting sumber]

... banyak petani subsisten menanam tanaman pertanian alternatif dan memiliki kemampuan bertani yang tidak ditemukan di metode pertanian maju.

Ejaan kalkulator[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa angka-angka pada kalkulator jika dibaca terbalik akan membentuk huruf-huruf alfabet? Ini disebut dengan ejaan kalkulator.

Ejaan kalkulator[sunting sumber]

Tahukah anda bahwa angka-angka pada kalkulator jika dibaca terbalik akan membentuk huruf-huruf alfabet kecuali angka 8? Ini disebut dengan ejaan kalkulator.

Lokomotif CC201[sunting sumber]

...bahwa lokomotif CC201 adalah lokomotif paling sukses yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia?

Jalan Suryakencana Bogor[sunting sumber]

...bahwa Jalan Suryakencana di Bogor dulunya 2 lajur

Lagu Kebangsaan Singapura[sunting sumber]

...bahwa pencipta lagu kebangsaan Singapura bernama Zubir Said yang dulunya pernah berkewarganegaraan Hindia Belanda (Indonesia)?

…bahwa jika air kelapa diletakkan didalam gelas kaca, gelas tersebut akan mudah sekali pecah ?

…bahwa Milo ( Milou ) nama anjing dari komik terkenal Petualangan Tintin itu sebenarnya adalah nama wanita kesayangan Herge yang dicintainya sejak kecil namun ia ditolak oleh orang tua Milou karena derajat keluarga Herge yang lebih rendah?

...bahwa satu pelat nomor di Swiss dapat digunakan untuk dua atau lebih kendaraan sekaligus?

...bahwa Giancarlo Fisichella menjadi pembalap Formula Satu pertama yang memenangkan lomba di pengadilan? Hal tersebut terjadi setelah pihak pengawas lomba melakukan kesalahan perhitungan jumlah putaran di Grand Prix Brasil 2003.