Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan/2019/Periode 10

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Penjadwalan artikel pilihan periode ke-10
Periode pengusulan: 16 Juli 2019—30 Juli 2019
Periode pemungutan suara: 31 Juli 2019—14 Agustus 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

37 2019

9 September 2019 - 15 September 2019

Citra belahan selatan Titania yang diabadikan oleh Voyager 2 pada 24 Januari 1986

Titania adalah satelit alami terbesar planet Uranus sekaligus satelit alami terbesar kedelapan di Tata Surya dengan diameter 1.578 km. Titania ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1787 dan dinamai menurut nama seorang ratu peri dalam sebuah sandiwara komedi karya William Shakespeare, yakni Impian di Tengah Musim. Orbitnya terletak di dalam magnetosfer Uranus. Titania terdiri atas kandungan es dan bebatuan yang kurang lebih sama banyak, dan kemungkinan terdiferensiasi menjadi inti yang berbatu dan mantel yang terdiri dari es. Di batas antara inti dan mantel mungkin terdapat sebuah lapisan air. Permukaan Titania, yang relatif gelap dan sedikit berwarna merah, tampaknya terbentuk akibat tubrukan dan proses endogenik. Permukaan Titania juga penuh akan kawah tubrukan yang diameternya dapat mencapai 326 km. Selain itu, di permukaan Titania terdapat rangkaian ngarai dan gawir besar, yang merupakan dampak dari pengembangan bagian dalamnya selama tahap akhir evolusinya. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: artikel bertopik astronomi belum pernah tayang tahun ini.  Mimihitam  16 Juli 2019 03.07 (UTC)


38 2019

16 September 2019 - 22 September 2019

Dari kanan ke kiri: patung Isis, suaminya Osiris, dan putra mereka Horus, protagonis mitos Osiris

Mitos Osiris adalah kisah yang paling rumit dan berpengaruh dalam mitologi Mesir kuno. Mitos ini berkisah tentang pembunuhan dewa Osiris, penguasa awal Mesir Kuno, dan dampak dari pembunuhan tersebut. Pembunuh Osiris adalah saudaranya sendiri, yaitu Set, yang kemudian merebut takhta Osiris. Sementara itu, istri Osiris, Isis, menghidupkan kembali tubuh suaminya, memungkinkan Osiris secara anumerta membuahi istrinya untuk mengandung putra mereka, Horus. Sisa cerita kemudian berfokus pada Horus, putra yang lahir dari persatuan Isis dan Osiris, yang pada mulanya hanyalah seorang anak yang lemah dan berlindung di balik ibunya, menjadi saingan Set untuk takhta. Konflik antara mereka yang sering terjadi dengan kekerasan berakhir dengan kemenangan Horus, yang memulihkan ketertiban di Mesir setelah rezim Set yang zalim dan menyelesaikan proses kebangkitan Osiris. Mitos ini, termasuk simbol-simbol kompleks di dalamnya, merupakan bagian tidak terpisahkan dari konsepsi bangsa Mesir mengenai kerajaan dan suksesi, konflik antara keteraturan dan kekacauan, juga khususnya tentang kematian dan alam baka. Selain itu, mitos ini juga mengilustrasikan ciri khas penting dari keempat dewa dalam pusat cerita tersebut, serta banyaknya unsur-unsur ibadah dalam agama Mesir kuno yang berakar pada mitos ini. (Selengkapnya...)

Artikel tentang mitologi yang tidak terkait tanggal mana pun  Mimihitam  16 Juli 2019 08.13 (UTC)


39 2019

23 September 2019 - 29 September 2019

Laksmi Pamuntjak

Aruna & Lidahnya merupakan film drama Indonesia yang diadaptasi lepas dari novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak (gambar) dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Hannah Al Rashid, dan Oka Antara. Film ini adalah film kedua yang diproduksi Palari Films setelah Posesif dan film panjang keempat karya Edwin. Tema dari film ini adalah masakan Indonesia yang dituangkan ke dalam sebuah alur cerita yang berfokus pada persahabatan dua pria dan dua wanita yang semuanya berusia 30 tahunan, bersamaan pula dengan penyelidikan kasus flu burung yang dilakukan dua orang di antara mereka. Film ini menggunakan musik yang merupakan perpaduan dari lagu lawas dan lagu baru. Film ini memenangi dua dari sembilan nominasi Festival Film Indonesia 2018 serta dinominasikan di delapan kategori Piala Maya 2018. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan setahun tanggal penayangannya (27 September) --Glorious Engine (bicara) 16 Juli 2019 21.47 (UTC)


40 2019

30 September 2019 - 6 Oktober 2019

Harimau tasmania di Kebun Binatang Washington D.C., kira-kira tahun 1906

Harimau tasmania adalah marsupialia karnivora terbesar pada kala modern. Hewan ini dinamai "harimau" karena memiliki punggung yang bercorak belang, tetapi ada juga yang menyebutnya serigala tasmania karena bentuk tubuh dan sifatnya mirip hewan dari famili Canidae. Hewan ini merupakan hewan asli Australia, Tasmania, dan Papua. Harimau tasmania mengalami kepunahan pada abad ke-20, dan hewan ini sendiri merupakan spesies terakhir dari familinya, Thylacinidae. Spesimen-spesimen anggota famili Thylacinidae sendiri telah ditemukan dalam rekaman fosil yang dapat ditilik kembali hingga kala Oligosen. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan hari binatang sedunia (4 Oktober) --Glorious Engine (bicara) 15 Juli 2019 21.50 (UTC)

Uji coba nuklir pertama Britania, 3 Oktober 1952

High Explosive Research adalah proyek pengembangan senjata nuklir oleh Britania Raya setelah Perang Dunia II. Britania memutuskan mengembangkan senjata nuklir setelah Amerika Serikat membatalkan kerja sama teknologi kedua negara dan didorong kekhawatiran bahwa Britania akan kehilangan status sebagai kekuatan besar dunia. Proyek ini dikepalai oleh Charles Portal, Pengendali Produksi Tenaga Atom di Kementerian Pemasok Britania. Reaktor dan fasilitas-fasilitas produksi dibangun di bawah kepemimpinan Christopher Hinton, termasuk pabrik logam uranium, dua reaktor nuklir, sebuah pabrik pengolahan plutonium, serta fasilitas pengayaan uranium melalui difusi gas. Selanjutnya, William Penney memimpin perancangan bom nuklir di Fort Halstead. Hasilnya. Britania menguji coba bom atom pertamanya pada 3 Oktober 1952 dalam Operasi Hurricane (gambar). Proyek ini diselesaikan dengan pengiriman bom atom Blue Danube kepada Angkatan Udara pada November 1953. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan pengusulan: bertepatan uji coba nuklir pertama Britania (3 Oktober 1952). Selain itu, topik ilmu terapan belum pernah tayang tahun ini. HaEr48 19 Juli 2019 05.33 (UTC)