Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/09/16

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Kaligrafi Ali bin Abi Talib

Masa pemerintahan Ali dimulai di Kekhalifahan Rasyidin pada tahun 656 M setelah pendahulunya yaitu Utsman dibunuh oleh pemberontak Mesir di tengah tuduhan nepotisme, ketidakadilan, dan korupsi yang tersebar luas. Ali melakukan perubahan radikal segera setelah aksesinya di Madinah dan kebijakannya yang sangat egaliter memberinya dukungan dari kelompok-kelompok yang kurang mampu dan mengesampingkan suku Quraisy yang kuat. Beberapa di antara tokoh terkemuka Quraisy memberontak melawan Ali dengan dalih balas dendam untuk Utsman di Pertempuran Jamal (656) dan Pertempuran Siffin (657). Pertempuran Siffin berakhir dengan perjanjian damai yang gagal dan beberapa pendukung Ali yang membelot kemudian mendirikan Khawarij, sekte yang dianggap bertanggung jawab atas pembunuhan Ali pada tahun 661 saat ia memimpin salat subuh. Bagi sebagian orang, kekhalifahan singkat Ali dicirikan oleh kejujurannya, pengabdiannya yang teguh pada Islam, perlakuannya yang setara terhadap para pendukungnya, dan kemurahan hatinya terhadap musuh-musuhnya yang dikalahkan. Sementara sejarawan lain mengkritik kebijakannya karena terlalu idealis dan tidak memiliki fleksibilitas politik. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kekaisaran BrasilAbdul Karim (Sang Munsyi)Kasus Mortara

Peristiwa terkini

Badai Daniel pada 09 September
Badai Daniel
  • Kebakaran gedung di Hanoi, Vietnam menewaskan 56 orang dan melukai 37 lainnya.
  • Badai Daniel (gambar) menyebabkan banjir di sekitar Mediterania tengah dan runtuhnya dua bendungan di Libya, menyebabkan lebih dari 11.300 orang tewas.
  • Gempa bumi di Maroko menewaskan setidaknya 2.100 orang dan melukai 2.400 lainnya.

Tahukah Anda

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut. Mari bersama-sama merintisnya pada September 2023.

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

16 September: Hari Malaysia; Hari Kemerdekaan di Meksiko (1810) dan Papua Nugini (1975)

Tanggal lain: 15 September 16 September 17 September

Hari ini tanggal 16 September 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Pesawat ulang-alik Atlantis yang terlihat dalam gambar ini difoto oleh kru Ekspedisi 21 di Stasiun Antariksa Internasional sesaat setelah pesawat dan stasiun mulai melakukan pemisahan pascapelepasan di atas Laut Mediterania.
Pesawat ulang-alik Atlantis yang terlihat dalam gambar ini difoto oleh kru Ekspedisi 21 di Stasiun Antariksa Internasional sesaat setelah pesawat dan stasiun mulai melakukan pemisahan pascapelepasan di atas Laut Mediterania.
(ukuran asli: 4.288 × 2.848 piksel, 1,03 MB)

Oleh: Originalwana
Lisensi: CC BY-SA 4.0