Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/02/19

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Pluto

Pluto adalah planet katai di sabuk Kuiper dan objek trans-Neptunus pertama yang ditemukan. Pluto merupakan planet katai terbesar dan bermassa terbesar kedua di Tata Surya dan benda terbesar kesembilan dan bermassa terbesar kesepuluh yang mengorbit Matahari secara langsung. Pluto merupakan objek trans-Neptunus dengan volume terbesar dan massa yang sedikit lebih kecil daripada Eris, planet katai di piringan tersebar. Layaknya objek lain di sabuk Kuiper, Pluto terdiri dari batu dan es dan relatif kecil—kurang lebih seperenam massa Bulan dan sepertiga volume Bulan. Pluto memiliki orbit eksentris dan miring dengan jarak 30 sampai 49 satuan astronomi (4,4–7,3 miliar km) dari Matahari. Ini berarti ada saatnya Pluto lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus; resonansi orbit yang stabil dengan Neptunus membuat kedua planet ini tidak bertabrakan. Pada tahun 2014, Pluto berjarak 32,6 SA dari Matahari. Cahaya Matahari butuh waktu 5,5 jam untuk mencapai Pluto pada jarak rata-ratanya (39,4 SA). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Burhanuddin HarahapJerman NaziDouglas MacArthur

Peristiwa terkini

Siklon Gabrielle menerjang pantai Australia
Siklon Gabrielle menerjang pantai Australia

Tahukah Anda

  • "... bahwa kuda laut adalah salah satu dari beberapa jenis ikan yang memiliki ciri khas berupa kehamilan jantan?"
  • "... bahwa dahulu banyak masyarakat Fore di Papua Nugini yang terjangkit penyakit kuru (gambar) karena mereka mempraktikkan kanibalisme? Penyakit ini disebabkan oleh protein prion di otak manusia yang dimakan oleh anggota suku tersebut."
  • "... bahwa Stadion BJK İnönü sering dipakai sebagai tempat konser musik semenjak 1992? Pada 2010 yang lalu, stadion ini digunakan sebagai 2 tempat konser."
  • "... bahwa antara tahun 1990 dan 2010 Organisasi Pangan dan Pertanian mencatat penangkapan selar kuning di dunia berkisar antara 113.000 hingga 195.000 ton, dan cenderung terus meningkat?"

Hari ini dalam sejarah

19 Februari: Hari Angkatan Bersenjata di Meksiko

Tanggal lain: 18 Februari 19 Februari 20 Februari

Hari ini tanggal 19 Februari 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Yasaka-dori pada pagi hari dengan lentera jalan dan latar belakang Menara Yasaka (Kuil Hokan-ji) di Kyoto
Yasaka-dori pada pagi hari dengan lentera jalan dan latar belakang Menara Yasaka (Kuil Hokan-ji) di Kyoto
(ukuran asli: 5.550 × 3.700 piksel, 7,64 MB)

Oleh: Basile Morin
Lisensi: CC BY-SA 4.0