Wikipedia:Arsip halaman utama/2022/03/14

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Seorang anak yang menderita polio menerima fisioterapi pada tahun 1950-an

Virus dalam sejarah manusia mengacu kepada pengaruh virus dan infeksi virus dalam riwayat peradaban manusia. Epidemi yang disebabkan oleh virus dimulai ketika perilaku manusia berubah pada periode Neolitikum. Sekitar 12.000 tahun lalu, manusia mengembangkan pertanian dan membentuk komunitas yang penduduknya lebih padat. Hal ini memungkinkan penyebaran virus secara cepat dan menjadikannya endemik. Virus tumbuhan dan ternak juga meningkat karena manusia bergantung pada pertanian dan peternakan. Sebagai contoh, infeksi Potyvirus pada kentang dan Rinderpest morbillivirus pada sapi membawa dampak besar bagi kehidupan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Katherine Wilson SheppardJohannes LeimenaRahmah El Yunusiyah

Tahukah Anda

  • "... bahwa beberapa efek keracunan talium adalah rambut rontok dan kerusakan terhadap saraf periferal (korban dapat mengalami rasa seperti berjalan di atas batu bara panas)? Dalam dosis yang tinggi, talium akan membunuh korbannya sebelum rambutnya bisa rontok. Bahkan talium pernah diberi julukan "racunnya peracun" karena talium tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa!"
  • "... bahwa pakaian adat suku Dani (gambar) dengan dua buah taring babi menandakan ia adalah seorang prajurit perang?"
  • "... bahwa dalam pembelajaran berbasis proyek, peserta didik melakukan investigasi (penyelidikan) melalui pertanyaan terbuka, menerapkan pengetahuan untuk menghasilkan produk?"
  • "... bahwa beberapa penulis kuno menyatakan bahwa Pythagoras memberlakukan pola makan vegetarian yang ketat? Namun, ada sumber lain yang membantah hal ini. Menurut Aristoksenos, Pythagoras mengizinkan segala jenis makanan dari hewan kecuali daging lembu yang dipakai untuk membajak dan domba."

Hari ini dalam sejarah

14 Maret: Tahun Baru (Sikh); Hari Putih di Jepang; Hari Pi

Tanggal lain: 13 Maret 14 Maret 15 Maret

Hari ini tanggal 14 Maret 2022 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Kereta penumpang Alaska Railroad melewati Moose Pass dekat Portage, Alaska, AS
Kereta penumpang Alaska Railroad melewati Moose Pass dekat Portage, Alaska, AS
(ukuran asli: 7.124 × 4.749 piksel, 11,07 MB)

Oleh: Poco a poco
Lisensi: CC BY-SA 4.0