Gabungan (teori himpunan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Union (teori himpunan))
Gabungan dari dua himpunan

Dalam teori himpunan, gabungan (Inggris: union) dari koleksi himpunan adalah himpunan semua anggota dalam koleksi.[1] Gabungan merupakan salah satu operasi dasar, yang dapat menggabungkan atau mengaitkan anggota himpunan ke anggota himpunan lain. Gabungan dilambangkan dengan ∪.

Untuk penjelasan tentang penggunaan simbol lebih lanjut, lihat tabel dari simbol matematika

Gabungan dari dua himpunan[sunting | sunting sumber]

Gabungan dari himpunan dan adalah himpunan anggota yang berada di , atau , atau bahkan kedua-duanya.[2] Gabungan dari dua himpunan tersebut dituliskan dalam notasi ungkapan himpunan.[3]

Sebagai contoh, jika dan , maka . Contoh yang lebih rumit (meliputi dua himpunan tak terhingga) adalahː

Contoh lainnya, 9 tidak termasuk dalam gabungan dari himpunan bilangan prima dan juga himpunan dari bilangan genap , sebab 9 bukanlah bilangan prima ataupun bilangan genap.

Himpunan tidak mempunyai anggota identik yang muncul lebih dari satu kali,[3] karena itu gabungan dari dan adalah . Banyaknya kemunculan anggota yang identik tersebut tidak mempengaruhi kardinalitas himpunan ataupun isi himpunannya.

Sifat aljabar[sunting | sunting sumber]

Gabungan biner adalah operasi asosiatif. Hal ini berarti bahwa untuk setiap himpunan , , dan , berlaku

Pada rumus di atas, tanda kurung dapat dihilangkan dalam rangka untuk menghindari keambiguan, sehingga dapat ditulis juga sebagai . Gabungan merupakan operasi komutatif, sehingga himpunan bisa ditulis dalam setiap urutan.[4] Himpunan kosong adalah anggota identitas untuk operasi gabungan, dalam artian bahwa , untuk setiap himpunan . Secara analogi, semua sifat-sifat tersebut diikuti dari logika disjungsi.

Adapun sifat aljabar lainnya, yakni irisan distribusi atas gabungan

dan gabungan distribusi atas irisan[5]
Himpunan kuasa dari himpunan , beserta operasi-operasinya, seperti gabungan, irisan, dan komplemen, merupakan aljabar Boole. Dalam aljabar Boole, gabungan dapat dinyatakan dengan rumus yang mengandung operasi irisan dan komplemen.
dengan superskrip C melambangkan komplemen dalam himpunan semesta .

Gabungan terhingga[sunting | sunting sumber]

Gabungan dari tiga himpunan

Beberapa himpunan dapat diambil secara serentak. Sebagai contoh, gabungan dari tiga himpunan , , dan mengandung semua anggota dari , semua anggota dari , dan semua anggota dari , dan tidak ada lagi. Dengan demikian, adalah anggota dari jika dan hanya jika setidaknya ada di dalam salah satu himpunan , , dan .

Gabungan terhingga adalah gabungan dari jumlah terbatas pada himpunan-himpunan; ungkapan tidak menyiratkan bahwa gabungan himpunan adalah himpunan terbatas.[6][7]

Gabungan sebarang[sunting | sunting sumber]

Gagasan yang paling umum adalah gabungan dari koleksi himpunan sebarang, yang kadangkala disebut gabungan tak terhingga. Jika adalah himpunan atau kelas yang anggotanya ada di himpunan, maka adalah gabungan dari jika dan hanya jika setidaknya ada satu anggota dari sehingga anggota dari .[8] Ini dapat ditulis dengan menggunakan simbol

Gagasan ini menggolongkan bagian sebelumnya, sebagai contoh, adalah gabungan dari koleksi . Juga, jika adalah koleksi kosong, maka gabungan dari adalah himpunan kosong

Notasi[sunting | sunting sumber]

Notasi untuk konsep yang umum sangat bervariasi. Untuk gabungan terhingga dari himpunan , acapkali ditulis sebagai atau

Terdapat bermacam-macam notasi untuk gabungan sembarang, seperti , , atau , yang mengacu pada gabungan dari koleksi , dengan adalah himpunan indeks, dan adalah himpunan untuk . Terdapat sebuah kasus bahwa untuk himpunan indeks yang merupakan himpunan bilangan asli, dapat menggunakan notasi
yang mirip seperti jumlah tak terhingga dalam deret.[8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weisstein, Eric W. "Union". Wolfram's Mathworld. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-07. Diakses tanggal 2009-07-14. 
  2. ^ Hernadi, Julan (2017). Fondasi Matematika dan Metode Pembuktian. Ponorogo: Penerbit UMPO Press. 
  3. ^ a b Vereshchagin, Nikolai Konstantinovich; Shen, Alexander (2002-01-01). Basic Set Theory (dalam bahasa Inggris). American Mathematical Soc. ISBN 9780821827314. 
  4. ^ Halmos, P. R. (2013-11-27). Naive Set Theory (dalam bahasa Inggris). Springer Science & Business Media. ISBN 9781475716450. 
  5. ^ "Set Operations | Union | Intersection | Complement | Difference | Mutually Exclusive | Partitions | De Morgan's Law | Distributive Law | Cartesian Product". www.probabilitycourse.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-06. Diakses tanggal 2020-09-05. 
  6. ^ Dasgupta, Abhijit (2013-12-11). Set Theory: With an Introduction to Real Point Sets (dalam bahasa Inggris). Springer Science & Business Media. ISBN 9781461488545. 
  7. ^ "Finite Union of Finite Sets is Finite - ProofWiki". proofwiki.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 September 2014. Diakses tanggal 29 April 2018. 
  8. ^ a b Smith, Douglas; Eggen, Maurice; Andre, Richard St (2014-08-01). A Transition to Advanced Mathematics (dalam bahasa Inggris). Cengage Learning. ISBN 9781285463261. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]