Trinity, The Nekad Traveler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trinity, The Nekad Traveler
Poster film
SutradaraRizal Mantovani
ProduserRonny Irawan
Agung Saputra
Lela Tresna
SkenarioRahabi Mandra
CeritaPiu Syarif
Trinity
Berdasarkan
The Naked Traveler
oleh Trinity
PemeranMaudy Ayunda
Hamish Daud
Babe Cabiita
Rachel Amanda
Anggika Bölsterli
Ayu Dewi
Cut Mini Theo
Farhan
NaratorMaudy Ayunda
Penata musikJoseph S. Djafar
SinematograferYadi Sugandi
PenyuntingCesa David Luckmansyah
Perusahaan
produksi
Tujuh Bintang Sinema
DistributorStarvision Plus
Tanggal rilis
16 Maret 2017
Negara Indonesia
BahasaIndonesia

Trinity, The Nekad Traveler merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 17 Maret 2017 dan disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini diangkat dari buku karya seorang traveler bernama Trinity yang berjudul The Naked Traveler. Film ini dibintangi oleh Maudy Ayunda, Hamish Daud, Babe Cabiita, Rachel Amanda, dan Anggika Bölsterli.

Sekuel film ini dirilis bersama Starvision Plus pada tahun 2019 berjudul Trinity Traveler. Dan film inipun hak ciptanya sudah diserahkan kepada Starvision Plus.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

[1] Trinity (Maudy Ayunda) adalah seorang pegawai kantoran yang memiliki hobi traveling. Hobinya sering berbenturan dengan duit pas-pasan dan jatah cuti di kantor yang menyebabkan dirinya sering diomeli oleh bosnya (Ayu Dewi). Sementara di rumah, kedua orang tuanya (Farhan dan Cut Mini Theo) selalu menanyakan soal jodoh, dan Trinity selalu berkilah akan mencari jodoh bila bucket-list-nya sudah terpenuhi. (Bucket-list adalah hal-hal yang harus ia lakukan sebelum tua, yang kebanyakan isinya tentang jalan-jalan).

Sebagai traveler, Maudy selalu menuliskan pengalamannya di blognya yang berjudul naked-travaler.com. Sampai suatu ketika ia melakukan traveling ke berbagai negara bersama sepupunya, Ezra (Babe Cabiita), serta kedua sahabatnya, Yasmin (Rachel Amanda), dan Nina (Anggika Bölsterli) yang memiliki hobi yang sama dengannya, Trinity pun mulai mengalami berbagai dilema antara pekerjaan atau passion, belum lagi kisah cintanya dengan Paul (Hamish Daud), seorang traveler dan fotografer tampan yang ditemuinya dalam perjalanan.[2]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan diproduseri oleh Rony Irawan, Agung Saputra dan Lela Tresna.[3] Skenario film ini di garap oleh Rahabi Mandra berdasarkan buku buku karya seorang traveler bernama Trinity yang berjudul The Naked Traveler.[4] Film ini diperankan oleh Maudy Ayunda, Hamish Daud, Babe Cabiita, Rachel Amanda, Anggika Bölsterli, Ayu Dewi, Cut Mini Theo, Farhan dan Tompi.

Rizal Mantovani mengungkapkan bahwa proses film ini termasuk cukup lama yakni selama dua tahun. Proses yang cukup lama tersebut dikarenakan Rizal Mantovani sedang mengerjakan proyek lain. Karena menyangkut perjalanan nyata seorang penulis bernama Trinity, pengerjaan film pun diproses selektif, mulai pemilihan lokasi suting sampai pendalaman karakter tokoh. Suting diambil pada lokasi sulit di daerah-daerah terpencil, destinasi wisata yang masih perawan.[3]

Film ini mengambil gambar di enam kota tiga negara yaitu Maldives, Maladewa; Manila, Filipina; dan Jakarta, Lampung, Makassar, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.[5] Menempuh waktu tiga bulan untuk menjelajah ke lokasi syuting sebanyak itu membuat para pemain tidak memiliki waktu istirahat yang sama. Maudy mengaku sempat drop saat syuting, namun bersyukur dia masih bisa menjalankan syuting.[4]

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Gala Premiere film ini digelar pada 4 Maret 2017 di Bandar Lampung, 6 Maret 2017 di Yogyakarta, 7 Maret 2017 di Solo, dan 9 Maret 2017 di Jakarta. Lalu, penayangan serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 16 Maret 2017.[6]

Perolehan Penonton[sunting | sunting sumber]

Film ini memperoleh 16.442 penonton pada penayangan perdananya.[7] Hingga penghujung bulan Maret, film ini memperoleh 92.183 penonton.[8]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Sekuel dari film Trinity, The Nekad Traveler diproduksi bersamaan dengan proses syuting film ini. Walau proses produksi telah selesai dikerjakan, sekuel film tersebut batal tayang dikarenakan perolehan yang tidak memuaskan di film pertama.[9]

Pada tahun 2019, Tujuh Bintang Sinema mengumumkan akan menayangkan sekuel film ini bersama StarVision. Film yang diberi judul Trinity Traveler itu tayang di bioskop pada 28 November 2019.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Febrianti, Tri (1 April). "Modifikasi TAM Internet tv". badge.dimensions.ai. doi:10.34010/jurisma.v11i1.3160. Diakses tanggal 2021-12-05. 
  2. ^ Sinopsis di filmindonesia.or,d, diakses pada 1 Maret 2017
  3. ^ a b "Film 'The Nekad Traveller' Digarap Dua Tahun - Poskota News". Poskota News. 2 Februari 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Desember 2017. Diakses tanggal 9 Desember 2017. 
  4. ^ a b "Pengalaman tim "Trinity The Nekad Traveler" jelajah lokasi syuting". ANTARA. Diakses tanggal 9 Desember 2017. 
  5. ^ Raditya, Dony (2017-03-09). "Sinopsis Film The Nekad Traveler 2017 Menggugah Jiwa Traveling". ALINEA SATU (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-07. 
  6. ^ "Gala Premier Trinity, The Naked Traveler Rambah Jakarta | lifestyle - Bisnis.com". Bisnis.com. Diakses tanggal 2017-12-09. 
  7. ^ "Ini Dia Update Jumlah Penonton Film Nasional Hingga 16 Maret 2017". Theatersatu. 18 Maret 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-09. Diakses tanggal 9 Desember 2017. 
  8. ^ "Ini Dia Update Jumlah Penonton Film Nasional Hingga 31 Maret 2017 - Theatersatu". Theatersatu. 2 April 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-09. Diakses tanggal 9 Desember 2017. 
  9. ^ Rafiq, Achmad (19 Oktober 2018). Ichsan, Adhie, ed. "Babe Cabiita Cerita soal Filmnya yang Kurang Laku". Kumparan. Diakses tanggal 7 Januari 2021. 
  10. ^ Yogi, Rachman (21 November 2019). Santoso, Imam, ed. "Film "Trinity Traveler", tentang cinta dan impian". ANTARA. Diakses tanggal 7 Januari 2021. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]