Kuntilanak 2 (film 2019)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kuntilanak 2
SutradaraRizal Mantovani
ProduserRaam Punjabi
PenulisAlim Sudio
Pemeran
Penata musikStevesmith Music Production
SinematograferYadi Sugandi
PenyuntingGanda Harta
Perusahaan
produksi
Distributoriflix Originals
Tanggal rilis
4 Juni 2019
Durasi101 menit
Negara Indonesia
BahasaIndonesia

Kuntilanak 2 merupakan film hantu Indonesia yang dirilis pada 4 Juni 2019 dan disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini adalah sekuel dari Kuntilanak (2018).

Alur[sunting | sunting sumber]

Seorang kakek berhasil menjalankan ritual untuk memanggil Kuntilanak di suatu ruang bawah tanah. Kuntilanak kemudian membunuh kakek tersebut sebelum keluar dari ruangan.

Setelah peristiwa di film pertama, Kresna, Panji, Dinda, Miko, dan Ambar, anak-anak asuh Donna, kedatangan putri bungsu Donna, Julia, yang pulang dari Amerika Serikat bersama dengan pacarnya, Edwin . Suatu hari, seorang wanita bernama Karmila datang ke rumah Donna dan mengaku bahwa dia adalah ibu kandung Dinda. Karmila mengatakan bahwa dia terpaksa menyerahkan Dinda ke panti asuhan Kasih Ibu karena alasan tertentu dan berpesan kepada Donna agar Dinda segera mendatangi dirinya. Dinda yang selama ini penasaran dengan orang tua kandungnya bersikeras untuk bertemu dengan Karmila. Dengan berat hati, Donna mengizinkan Dinda untuk pergi dengan syarat dia harus ditemani oleh saudara-saudara asuhnya serta Julia dan Edwin. Malamnya, Dinda bermimpi melihat pohon berjantung manusia.

Kresna, Panji, Dinda, Miko, Ambar, Julia, dan Edwin bergegas ke rumah Karmila yang ada di Hutan Keramat. Dinda langsung akrab dengan Karmila dan diajari cara membuat keramik bermotif pohon. Sementara itu, Kresna, Panji, Miko, Ambar, Julia, dan Edwin mulai dihantui oleh tiga setan berbeda: seorang wanita dan dua anak kecil berambut putih. Saat Edwin kerasukan oleh setan anak kecil, Karmila memulihkannya dengan sekejab, tampaknya dengan kekuatan gaib yang terkait dengan wangsit Kuntilanak yang dimiliki Dinda. Miko menyimpulkan bahwa Karmila bukanlah manusia ketika dia memergokinya melayang dari tanah. Kengerian memuncak ketika Julia tak sengaja masuk ke ruang bawah tanah dimana Kuntilanak dipanggil di awal film dan menemukan lubang di dinding yang mengarah ke suatu hutan. Dia dikagetkan oleh setan anak berambut putih dan pingsan saat menemukan jasad kakek yang dibunuh Kuntilanak.

Donna yang gelisah menemui Ayu, pengelola panti asuhan Kasih Ibu, untuk meminta keterangan mengenai Karmila. Ayu menyerahkan sebuah tusuk konde dan surat dari Karmila yang diletakkan di dalam keranjang dimana Dinda ditaruh. Di dalam surat, Karmila menjelaskan bahwa dia adalah keturunan keluarga Mangkoedjiwo, tuan dari Kuntilanak. Sebagai bagian dari keluarga tersebut, Karmila dan suaminya harus mengorbankan anak pertamanya untuk Kuntilanak. Namun karena cinta mereka kepada Dinda, mereka memutuskan untuk menitipkan Dinda ke orang lain sebelum melakukan ritual untuk mengembalikan Kuntilanak ke rumahnya, Ujung Sedo (hutan dibalik lubang di dinding ruang bawah tanah rumah Karmila) dengan mengorbankan nyawa mereka. Meski begitu, keluarga Mangkoedjiwo tidak tinggal diam dan mengutuskan salah satu abdi mereka, sang kakek, untuk memanggil Kuntilanak kembali. Donna menyadari bahwa "Karmila" yang menemuinya adalah jelmaan Kuntilanak itu sendiri.

Kembali ke Hutan Keramat, Edwin menemukan Julia dan memutuskan bahwa mereka semua harus pergi dari tempat tersebut. Namun rencana mereka ketahuan oleh Kuntilanak yang mulai menyerang mereka satu persatu. Kresna, Panji, Miko, dan Ambar diculik dan dibawa ke Ujung Sedo, sementara Edwin dirasuki oleh Ponta dan Ponti, arwah anak-anak berambut putih yang adalah pembantu Kuntilanak. Donna sampai di Hutan Keramat tepat waktu, tetapi dia tak dapat berbuat banyak. Dinda menyadari bahwa, sebagai pemilik wangsit, hanya dia yang dapat menghentikan Kuntilanak. Dia mengambil tusuk konde Karmila yang dibawa Donna sebelum pergi ke Ujung Sedo, di mana dia menemukan pohon berjantung yang muncul di mimpinya. Dinda berhasil menancapkan tusuk konde Karmila dan mengalahkan Kuntilanak. Kresna, Panji, Miko, dan Ambar terbebas dari belenggu hutan dan Edwin juga terbebas dari rasukan Ponta dan Ponti.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Kuntilanak 2 ditayangkan pada 4 Juni 2019, bersamaan dengan Ghost Writer, Hit & Run, Si Doel The Movie 2, dan Single 2.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Samudro, Adrian (4 Juni 2019). "Daftar Film Indonesia Terbaru di Bioskop Pengisi Libur Lebaran 2019". Tirto. Diakses tanggal 10 Juni 2019.