Asih 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Asih 2
Poster Asih 2
Poster film
SutradaraRizal Mantovani
ProduserManoj Punjabi
SkenarioLele Laila
Cerita
  • Adam Ripp
  • Paul Todisco
Pemeran
Penata musikRicky Lionardi
SinematograferYadi Sugandi
PenyuntingFirdauzi Trizkiyanto
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 24 Desember 2020 (2020-12-24) (Indonesia)
Durasi104 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
Pendapatan
kotor
Rp 11,9 miliar

Asih 2 adalah film hantu Indonesia tahun 2020 produksi MD Pictures yang disutradarai oleh Rizal Mantovani dari prekuel Asih. Film ini dibintangi oleh Marsha Timothy, Ario Bayu, dan Shareefa Daanish. Film ini menjadi film Indonesia pertama yang dirilis pada masa pandemi COVID-19 di bioskop mulai 24 Desember 2020. Film ini juga ditayangkan secara eksklusif di Disney+ Hotstar pada 2 April 2021.[1][2]

Alur[sunting | sunting sumber]

Beberapa bulan setelah peristiwa di film Asih, tragedi menyerang keluarga Ita. Ketika mereka sedang tidur, arwah Asih datang untuk mengambil putrinya, Amelia. Asih membunuh Ita dan suaminya, Andi, meninggalkan ibunya yang tidak berdaya sementara dia pergi bersama Amelia.

Tujuh tahun kemudian, seorang gadis cilik tertabrak mobil saat dia berlari keluar dari hutan. Meskipun gadis tersebut selamat, dia tidak kunjung berbicara. Dokter yang merawatnya, Sylvia, akhirnya berencana untuk mengadopsinya. Sylvia kehilangan putrinya empat tahun yang lalu dan merasa bahwa sudah saatnya dia dan suaminya, Razan, memiliki anak baru. Sylvia menamai gadis tuna wicara itu Ana. Melalui informasi dari tempat kejadian perkara, Sylvia menyimpulkan bahwa Ana adalah anak liar, setelah dia mengetahui bahwa, sebelum tertabrak, Ana menjalani hidupnya sendirian di tengah hutan.

Setelah beberapa hari berlalu, Ana tampaknya mulai betah hidup bersama keluarga barunya. Meski belum berbicara, dia mulai menyenandungkan sajak anak-anak yang Sylvia ingat-ingat. Namun, kedatangan Ana juga membawa kejadian aneh. Arwah Asih meneror Sylvia dan Razan untuk mendapatkan anaknya kembali. Ana menculik ayam peliharan Alea, putri tetangga sebelah, untuk memberi makan Asih. Ketika Sylvia berupaya untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut, pengasuh Alea, Mak Ipah, malah memberikan sepiring ayam yang sudah mati kepada Sylvia. Keesokan harinya, Razan mendapati bahwa ayam tersebut sudah habis dimakan.

Suatu hari, teman Sylvia, Rita, mendengarkan sajak anak-anak yang dinyanyikan Sylvia dari perawat yang bekerja di rumah sakit jiwa. Menurut dia, satu-satunya orang yang tahu sajak tersebut adalah seorang wanita tua yang telah tinggal di RSJ selama tujuh tahun. Sylvia, Razan, dan Ana mengunjungi RSJ, dimana diungkapkan bahwa wanita tua tersebut adalah ibunya Ita. Hal ini berarti Ana adalah cucunya yang telah hilang selama tujuh tahun, Amelia.

Sesampainya di rumah, arwah Asih gentayangan hingga dia akhirnya berhasil menculik Ana. Melihat pasangan Sylvia dan Razan melakukan pencarian, Mak Ipah mengunjungi mereka dan mengatakan bahwa dia tahu Asih adalah dalang dari semua yang mereka alami. Dalam kilas balik, diungkapkan bahwa Mak Ipah adalah ibu asuh Asih selama dua tahun dia merantau di kota, sebelum dia menjadi hamil di luar nikah dan harus pulang untuk menghadapi amarah orang tua dan penduduk desanya. Mak Ipah juga mengajarkan Asih sajak anak-anak yang sering dia nyanyikan. Melalui bantuan Mak Ipah, Sylvia dan Razan berhasil menemukan Ana. Namun, Asih belum rela melepaskannya. Dia hendak membunuh pasangan tersebut dan hampir berhasil sampai Ana memberi isyarat bahwa dia tidak mau kembali ke Asih, karena dia telah menerima Sylvia dan Razan sebagai keluarga barunya. Hal ini akhirnya membuat Asih merelakan Ana pergi.

Keesokan harinya, Mak Ipah pamit untuk mengasuh Risa Saraswati.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil
2021 Piala Maya 2020 Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih Anantya Rezky Nominasi
Tata Suara Terpilih Aria Prayogi, Suhadi Menang
Tata Efek Khusus Terpilih Harris Reggy Nominasi
Festival Film Wartawan Indonesia (Genre Horor) [3][4] Film Terbaik Manoj Punjabi Nominasi
Sutradara Terbaik Rizal Mantovani Nominasi
Aktor Utama Terbaik Ario Bayu Nominasi
Aktris Utama Terbaik Marsha Timothy Nominasi
Aktris Pendukung Terbaik Shareefa Daanish Menang
Penyunting Gambar Terbaik Firdauzi Trizkiyanto Nominasi
Penata Kamera Terbaik Yadi Sugandi Nominasi
Festival Film Indonesia Penulis Skenario Adaptasi Terbaik Lele Laila Nominasi
Penata Suara Terbaik Aria Prayogi & Suhadi Nominasi
Penata Efek Visual Terbaik Harris Reggy Nominasi
Penata Rias Terbaik Maria Margaretha Earlane Nominasi
Indonesian Movie Actors Awards Film Terfavorit Asih 2 Nominasi
Pemeran Wanita Terbaik Marsha Timothy Menang
Pemeran Anak Terbaik Anantya Rezky Kirana Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Permana, Bayu Indra (20 November 2020). "Film Asih 2 Diputar di Bioskop Seluruh Indonesia Mulai 24 Desember 2020, Ini Alasan Manoj Punjabi". Tribunnews.com. 
  2. ^ Pratiwi, Mutiara Hening (22 Maret 2021). Cyntara, Rheisnayu, ed. "Sinopsis Asih 2, Kembalinya Teror Hantu Asih". Kompas.com. 
  3. ^ Lazuardi, Adi. "Daftar nominasi Festifal Film Wartawan Indonesia 2021". ANTARA News. Diakses tanggal 2022-08-29. 
  4. ^ Sumarni (2021-10-29). "Daftar Lengkap Pemenang Festival Film Wartawan Indonesia XI". Suara.com. Diakses tanggal 2022-08-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]