The Grinch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Grinch
The Grinch, final poster.jpg
Poster perilisan teatrikal
Sutradara
Produser
Penulis
Penulis skenario
Didasarkan
dari
How the Grinch Stole Christmas!
oleh Dr. Seuss
Pemeran
NaratorPharrell Williams
Penata musikDanny Elfman[1]
PenyuntingChris Cartagena
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures[2]
Tanggal rilis
Durasi86 Menit[3]
Negara
Bahasa
Anggaran$75 Juta[4][5]
Pendapatan
kotor
$511.8 Juta[6][7]

The Grinch (juga dikenal sebagai Dr. Seuss 'The Grinch ) adalah film komedi fantasi Natal animasi komputer Amerika tahun 2018 yang diproduksi oleh Illumination. Berdasarkan buku Dr. Seuss 1957, How the Grinch Stole Christmas!, ini adalah adaptasi layar ketiga dari cerita tersebut, mengikuti acara khusus televisi dari tahun 1966 yang dibintangi Boris Karloff dan film laga hidup dari tahun 2000 yang dibintangi Jim Carrey. Ini menandai adaptasi film Dr Seuss kedua Illumination, setelah The Lorax (2012). Film ini disutradarai oleh Yarrow Cheney dan Scott Mosier, dan ditulis oleh Michael LeSieur dan Tommy Swerdlow. Ini dibintangi suara Benedict Cumberbatch, Rashida Jones, Kenan Thompson, Cameron Seely, dan Angela Lansbury, dan diriwayatkan oleh Pharrell Williams. Alur cerita menceritakan Grinch ketika ia berencana untuk merusak perayaan Natal Whoville dengan mencuri semua dekorasi dan hadiah kota.

The Grinch dirilis dan didistribusikan oleh Universal Pictures di Amerika Serikat pada 9 November 2018, di bioskop RealD 3D, IMAX, IMAX 3D, Dolby Cinema, dan 4DX. Ini mendapat lebih dari $511 juta di seluruh dunia, menjadi film liburan dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa, serta film adaptasi Dr. Seuss dengan pendapatan kotor tertinggi. Film ini mendapat tinjauan yang beragam dari para kritikus, yang memuji animasi dan penampilan vokal (terutama Cumberbatch), tetapi merasa film tersebut hanya menambahkan sedikit atau tidak ada hal baru pada materi sumber. [8] Ini adalah adaptasi film Dr. Seuss terakhir yang dirilis selama masa hidup janda Seuss, Audrey Geisel, yang menjabat sebagai produser eksekutif film tersebut dan meninggal pada 19 Desember 2018, lima setengah minggu setelah film tersebut dirilis.[9]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di kota Whoville, orang-orang mirip manusia yang disebut Whos dipenuhi dengan kegembiraan tentang merayakan Natal. Namun satu-satunya yang tidak terhibur adalah Grinch yang bersuara keras dan berbulu hijau, yang memiliki hati "dua ukuran terlalu kecil" dan tinggal di goanya bersama anjingnya, Max.

Sementara itu, Cindy Lou Who yang berusia 6 tahun memperhatikan bahwa ibunya, Donna, bekerja terlalu keras untuk mengurus dirinya sendiri dan saudara kembarnya, Buster dan Bean. Awalnya memutuskan untuk mengirim surat ke Sinterklas untuk membantu ibunya, Cindy bertemu Grinch. Dia dengan sinis mengatakan kepadanya bahwa, jika masalahnya sangat mendesak, dia harus berbicara dengan Santa secara langsung tentang hal itu. Dia menerima tanggapan ini secara harfiah dan mencoba pergi ke Kutub Utara untuk berbicara dengan Sinterklas, tetapi ketika Donna mengatakan kepadanya bahwa akan memakan waktu sebulan untuk bepergian ke sana, dia malah memutuskan untuk mencoba menjebak Sinterklas dengan bantuan teman-temannya.

Menjelang Natal, upaya ceroboh Grinch untuk merusak upacara penerangan pohon menyebabkan dia teringat kilas balik tentang masa kecilnya yang dihabiskan sendirian dan tidak diinginkan di panti asuhan. Grinch segera memutuskan bahwa dia akan mencuri Natal dari Whoville untuk meredakan kesusahannya. Dia memperoleh rusa gemuk yang dia panggil Fred dan mencuri kereta luncur dari tetangganya yang ramah, Tuan Bricklebaum. Setelah uji coba, Grinch menemukan bahwa Fred memiliki keluarga, dan setuju untuk membiarkan Fred pulang bersama mereka.

Pada Malam Natal, setelah menyamar sebagai Santa dan membuat lusinan peralatan untuk membantunya dengan rencananya, Grinch dan anjing peliharaannya Max, yang menarik kereta luncur menggantikan Fred, pergi ke Whoville untuk mencuri dekorasi dan hadiah. Dia segera bertemu Cindy setelah jatuh ke dalam perangkapnya; Permintaannya untuk membantu meringankan beban kerja ibunya dan nasihat baiknya tentang mendengarkan nyanyian Whos untuk meringankan kesedihannya menyentuh hati Grinch. Meskipun demikian, Grinch melanjutkan misinya, tidak dapat melepaskan kesepian yang dibawa Natal kepadanya.

Setelah mencuri setiap hadiah dan dekorasi Natal, Grinch dan Max kembali ke Gunung Crumpit untuk membuangnya. The Whos bangun dan kaget melihat hadiah dan dekorasinya hilang. Cindy percaya bahwa dia harus disalahkan karena jebakannya, tetapi Donna mengatakan kepadanya bahwa Natal tidak berpusat pada hadiah dan bahwa Cindy adalah hal terbaik yang pernah terjadi padanya. The Whos bergabung bersama untuk bernyanyi, membuat Grinch bingung melihat bahwa mereka merayakan Natal meskipun dia dicuri. Melihat Cindy dan mengingat nasihatnya, Grinch membenamkan dirinya dalam nyanyian mereka, menyebabkan hati kecilnya menjadi tiga kali lipat. Setelah itu, kereta luncur jatuh dari Gunung Crumpit, dan Grinch berusaha menyelamatkannya. Dia berhasil dalam hal ini ketika Fred dan keluarganya datang membantunya. Setelah mengamankan kereta luncur, Grinch dan Max meluncur kembali ke Whoville untuk mengembalikan barang yang dicuri, dan Grinch mengakui kejahatannya dan meminta maaf kepada Whos sebelum kembali ke guanya, malu atas apa yang telah dilakukannya.

Merasa kasihan pada Grinch, Cindy kemudian mengundangnya untuk merayakan Natal di rumahnya, yang dengan canggung dia hadiri. Ketika duduk untuk makan malam, dia mengaku bahwa itu bukan Natal yang dia benci, tetapi sendirian dan diabaikan. Dengan ini, Grinch akhirnya menerima persahabatan Whos dan menikmati Natal bersama mereka.

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

  • Benedict Cumberbatch sebagai The Grinch, makhluk hijau pahit, pemarah, penghuni goa, yang membenci Natal.
  • Rashida Jones sebagai Donna Who, ibu tunggal dan janda Cindy Lou yang bekerja terlalu keras.
  • Kenan Thompson sebagai Bricklebaum, seorang penduduk kota Whoville yang periang yang tinggal di dekat Grinch.
  • Cameron Seely sebagai Cindy Lou Who, seorang penduduk muda yang baik hati di Whoville.
  • Angela Lansbury sebagai Mayor McGerkle, Walikota Whoville.
  • Pharrell Williams sebagai Narrator.
  • Tristan O'Hare sebagai Groopert, Cindy Teman baik Lou.
  • Ramone Hamilton sebagai Axl, salah satu Teman Lou.
  • Sam Lavagnino sebagai Ozzy, salah satu Teman Lou.
  • Scarlett Estevez sebagai Izzy, salah satu Teman Lou.
  • Michael Beattie sebagai Petugas Toko. seorang pegawai yang memiliki toko grosir Whoville.

Georgia Toffolo mengisi suara Mrs. Toffee Apple (pelanggan yang mencoba meraih sebotol "chutney Natal") dalam satu adegan di perilisan Inggris. Selain itu, Townsend Coleman, Jess Harnell, Laraine Newman, Scott Mosier, Mindy Sterling, Tara Strong, dan Jim Ward semuanya mengisi suara tambahan.

Rekaman arsip Pentatonix digunakan untuk Who-Carolers.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2013, diumumkan bahwa Illumination sedang mengembangkan film fitur animasi 3D berdasarkan buku Dr. Seuss, dengan judul kerja How the Grinch Stole Christmas, yang kemudian disingkat menjadi The Grinch.[10] Peter Candeland dan Yarrow Cheney ditetapkan untuk mengarahkan,[11] meskipun pada tahun 2018 produser Scott Mosier mengambil alih dari Candeland. [12]

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Benedict Cumberbatch berperan sebagai karakter tituler pada April 2016.[11] Penerangan awalnya ingin Cumberbatch untuk menyuarakan Grinch dalam aksen alaminya, namun, Cumberbatch merasa bahwa karena para pemain lainnya adalah orang Amerika, Grinch sendiri harus memiliki aksen Amerika. Pada September 2018, Angela Lansbury telah ditetapkan untuk menyuarakan Walikota Whoville. Rashida Jones, Cameron Seely, dan Kenan Thompson juga bergabung dengan para pemeran, sementara Pharrell Williams, yang sebelumnya bekerja pada film Illumination Despicable Me, [13] diungkapkan untuk menarasikan film tersebut. [14]

Animasi[sunting | sunting sumber]

Animasi ini dibuat oleh Illumination Mac Guff di Paris, Prancis.[15] Beberapa program perangkat lunak digunakan dalam pembuatan karakter CGI film ini termasuk Maya, ZBrush, dan Nuke serta perangkat lunak in-house.[16] Model 3D CGI dari kota Whoville di mana kamera virtual dapat bepergian dibuat menggunakan Maya, ZBrush, Mari Foundry, dan Algoritmik Substance Painter. [16]

Musik[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Dr. Seuss' The Grinch: Original Motion Picture Soundtrack
Album lagu tema karya Various Artists
Dirilis9 November, 2018
Direkam2018
GenreNatal, rap, hip-hop, rock
Durasi37:00
LabelColumbia Records
Singel dalam album Dr. Seuss' The Grinch: Original Motion Picture Score
  1. "You're a Mean One, Mr. Grinch"
    Dirilis: 24 Oktober, 2018

Tyler, the Creator menulis lagu baru untuk film berjudul "I Am the Grinch".[14] Tyler dan Danny Elfman, yang menggubah musik film, berkolaborasi dalam versi baru dari lagu tersebut "You're a Mean One, Mr. Grinch" untuk film tersebut, yang ditampilkan di trailer terakhir,[14] dan di awal film itu sendiri.

Track listing
No.JudulArtistsDurasi
1."You're a Mean One, Mr. Grinch"Tyler, the Creator1:50
2."I Am the Grinch"Tyler, the Creator2:37
3."Christmas Is"Run-D.M.C.3:19
4."Deck the Halls"Jackie Wilson1:16
5."Run Rudolph Run"The Brian Setzer Orchestra3:29
6."My Favorite Things"The Supremes2:45
7."Zat You Santa Claus?"Buster Poindexter and His Banshees of Blue2:47
8."Christmas in Hollis"Run-D.M.C.2:58
9."Jingle Bells"The Brian Setzer Orchestra2:21
10."The Christmas Song (Merry Christmas to You)"Nat King Cole3:09
11."God Rest Ye Merry Gentlemen"Pentatonix2:29
12."A Wonderful Awful Idea"Danny Elfman2:53
13."Stealing Christmas"Danny Elfman4:06
Durasi total:37:00

Skor[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 November 2017, Danny Elfman terungkap untuk menyusun skor film.[1] Skor Elfman dirilis dalam format digital pada 9 November 2018, bersama dengan soundtrack (baik secara digital maupun dalam CD) dan filmnya.[17]

Dr. Seuss' The Grinch: Original Motion Picture Score
Musik film karya Danny Elfman
DirilisNovember 9, 2018
GenreFilm Score
Durasi48:00
LabelBack Lot Music
Kronologi Danny Elfman
Don't Worry, He Won't Get Far on Foot
(2018)
Dr. Seuss' The Grinch: Original Motion Picture Score
(2018)
Dumbo
(2019)

Seluruh musik diciptakan oleh Danny Elfman kecuali jika ditunjukkan.

Track listing
No.JudulDurasi
1."The Big Opening"2:46
2."Going to Town"1:36
3."Jaunty Kitchen"1:37
4."Mailing a Letter"0:50
5."It's Better This Way"1:29
6."Northward Bound"1:29
7."Christmas in Whoville"4:01
8."Last Lonely Boy"1:52
9."Welcome Song/Forlorn"2:29
10."To the Fort"1:18
11."Dog Tongue"1:23
12."Walking Toward Destiny"2:47
13."The Loudest Snow"2:10
14."Puppy Eyes"1:03
15."Command Center"1:33
16."Grinch's Wild Ride"2:42
17."Kids Can't Sleep"1:33
18."Stealing Christmas"4:04
19."Taking the Bait"1:43
20."It's My Fault"2:19
21."Welcome Christmas" (written by Albert Hague and Ted Geisel)1:38
22."The Apology"1:08
23."First Christmas"0:51
24."The Big Finale"1:56
25."All By Myself" (Bonus track)1:05
Durasi total:48:00

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini awalnya dijadwalkan akan dirilis pada 10 November 2017.[18] tetapi pada 7 Juni 2016, perilisan itu didorong ke 9 November 2018.[19]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Dimulai pada bulan Oktober, berbagai papan iklan muncul untuk film tersebut, masing-masing menampilkan gambar Grinch, disertai dengan kutipan dan pesan yang kejam atau ironis.[20] Universal dan Illumination bermitra dengan beberapa perusahaan untuk mempromosikan film tersebut, termasuk Wonderful Pistachios, Ebates, IHOP dan 23andme untuk iklan senilai sekitar $80 juta.[21] Studio all-in-all menghabiskan sekitar $121 juta untuk mempromosikan film di seluruh dunia.[22] Untuk mempromosikan film tersebut, balon tiup raksasa yang menampilkan karakter tituler pertama kali muncul di Parade Hari Thanksgiving Macy ke-91 di Kota New York pada 23 November 2017, 1 tahun sebelum dirilis.[23] Kemudian di bulan Desember 2018, The Grinch dan Max juga menjadi cameo dalam promo liburan WNBC/WNJU tahun itu.[24]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di Digital HD pada 22 Januari 2019, dan di DVD, Blu-ray, dan Ultra HD Blu-ray pada 5 Februari 2019. Ini mencakup tiga film mini: Yellow is the New Black, The Dog Days of Winter, dan Santa's Little Helpers. The Dog Days of Winter pertama kali ditampilkan di NBC pada 23 November 2018, setelah How the Grinch Stole Christmas! (1966) dan sebelum Trolls Holiday.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

The Grinch mendapat $270,8 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $241 juta di negara lain, dengan total bruto di seluruh dunia sebesar $511,8 juta, dibandingkan dengan anggaran produksi $75 juta. Deadline Hollywood menghitung laba bersihnya menjadi $184,6 juta, menjadikannya perilisan paling menguntungkan kesembilan tahun 2018.[22] Ini adalah penguntungan terbesar kedua Universal tahun 2018 dibelakang Jurassic World: Fallen Kingdom.

Di Amerika Serikat dan Kanada, The Grinch dirilis bersama The Girl in the Spider's Web dan Overlord, dan diproyeksikan untuk mendapatkan $55-65 juta dari 4.140 bioskop pada akhir pekan pembukaannya. Ini menghasilkan $18,7 juta pada hari pertama, termasuk $2,2 juta dari preview Kamis malam, lebih dari $1,7 juta yang diambil oleh Sing Illumination pada tahun 2016. Ini kemudian memulai debutnya menjadi $67,6 juta, memuncaki dan memposisikan pertama di box office dengan $55 juta pembukaan dari film tahun 2000-nya. Dalam pekan kedua film ini menghasilkan $38,2 juta, memposisikan kedua di belakang pendatang baru Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. Pada akhir pekan ketiga film ini menghasilkan $30.2 juta (termasuk $42 juta selama lima hari Thanksgiving), menempatkan keempat. Di akhir pekan keempat dan kelima, film ini berada di urutan kedua di belakang Ralph Breaks the Internet, masing-masing menghasilkan $17,9 juta dan $15,0 juta. Ini menandai film animasi pertama kalinya adalah dua film teratas di box office pada akhir pekan back-to-back.[25]

Respon kiritk[sunting | sunting sumber]

Pada ulasan aggregator Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 59% berdasarkan 192 ulasan dan peringkat rata-rata 6.00/10. Konsensus kritis situs web tersebut berbunyi, "The Grinch memberikan bahan sumber klasik Seuss pembaruan yang cerah yang sangat cocok untuk pemirsa yang lebih muda tanpa menambahkan secara substansial pada warisan cerita."[26] Pada Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 51 dari 100, berdasarkan 32 kritik, yang menunjukkan "tinjauan campuran atau rata-rata".[27] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "A-" pada skala A + ke F, sementara PostTrak melaporkan penonton film memberikan skor positif 83% dan 75% "rekomendasi yang pasti".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Danny Elfman to Score Illumination's 'How the Grinch Stole Christmas'". Film Music Reporter. November 20, 2017. Diakses tanggal November 23, 2017. 
  2. ^ a b c "Film releases". Variety Insight. Diakses tanggal June 5, 2017. 
  3. ^ "Dr. Seuss' The Grinch". Regal Entertainment Group. Diakses tanggal October 7, 2018. 
  4. ^ Lang, Brent (November 5, 2018). "How Chris Meledandri Became the Most Powerful Man in Animation". Variety. Diakses tanggal November 6, 2018. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama THRpreview
  6. ^ "The Grinch (2018)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  7. ^ "The Grinch (2018)". The Numbers. IMDb. Diakses tanggal February 20, 2019. 
  8. ^ Cavna, Michael (November 8, 2018). "Do we need another 'Grinch' movie? Some reviews say yes, but others..." The Washington Post. Diakses tanggal November 8, 2018. 
  9. ^ Reports, Staff; Services, News. "Audrey Geisel, caretaker of the Dr. Seuss literary estate, dies at 97". Washington Post. 
  10. ^ Borys Kit (February 7, 2013). "'How the Grinch Stole Christmas' Remake in the Works at Universal". The Hollywood Reporter. Los Angeles, California: Eldridge Industries. Diakses tanggal November 11, 2018. 
  11. ^ a b Kroll, Justin (April 13, 2016). "Benedict Cumberbatch to Voice the Grinch in 'How the Grinch Stole Christmas'". Los Angeles, California: Penske Media Corporation. Diakses tanggal November 11, 2018. 
  12. ^ Amid Amidi (March 8, 2018). "Illumination's 'The Grinch': First Trailer And A Late Directorial Shake-Up". Cartoon Brew. Diakses tanggal November 11, 2018. 
  13. ^ Lang, Brent (6 November 2018). "Inside Illumination's Plans for Animated 'Super Mario Bros.' Movie". Variety. Diakses tanggal 6 November 2018. 
  14. ^ a b c Fleming, Mike Jr. (September 18, 2018). "Pharrell Williams Joins Illumination's Animated Dr. Seuss' 'The Grinch' As Narrator". Los Angeles, California: Penske Media Corporation. Diakses tanggal September 20, 2018. 
  15. ^ Sarto, Dan (17 November 2018). "Illumination Warms Up the Holidays with 'The Grinch'". Animation World Network. 
  16. ^ a b Moltenbrey, Karen (13 December 2018). "Spoiler Alert". In Focus. Computer Graphics World. 
  17. ^ "'Dr. Seuss' The Grinch' Score Album Details - Film Music Reporter". 
  18. ^ "Universal Dates 'Despicable Me 3,' New 'Grinch Who Stole Christmas'". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-19. 
  19. ^ Kroll, Justin; Kroll, Justin (2016-06-07). "Illumination's 'The Grinch' Pushed Back to 2018". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-19. 
  20. ^ "The Grinch Movie's Billboards Have Incredibly Mean Messages". October 29, 2018. 
  21. ^ D'Alessandro, Anthony (November 7, 2018). "'The Grinch' Global Promo Campaign Grows Several Sizes From First Movie, To $80M". Deadline Hollywood. Diakses tanggal November 8, 2018. 
  22. ^ a b D'Alessandro, Anthony (March 26, 2019). "How Much Green Did 'The Grinch' Steal? No. 9 In Deadline's 2018 Most Valuable Blockbuster Tournament". Deadline Hollywood. Diakses tanggal March 26, 2019. 
  23. ^ Jessie Quinn (November 21, 2018). "2018 Macy's Thanksgiving Day Parade Balloon Guide". Showbiz Cheatsheet. Diakses tanggal May 26, 2019. 
  24. ^ "Watch the 2018 NBC 4 New York and Telemundo 47 Holiday Sing-Along". NBC New York. December 6, 2018. Diakses tanggal May 26, 2019 – via YouTube. 
  25. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2018-12-09). "'Ralph' Keeps No. 1 Away From Greedy 'Grinch' For Third Weekend In A Row With $16M+ – Sunday Update". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-17. 
  26. ^ The Grinch (2018) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-08-30 
  27. ^ The Grinch, diakses tanggal 2019-08-14 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]