Pentatonix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pentatonix
Pentatonix 2015.jpg
Penampilan Pentatonix tahun 2015
Dari kiri ke kanan: Avi Kaplan, Kirstin Maldonado, Scott Hoying, Mitch Grassi, and Kevin Olusola
Latar belakang
Nama lain PTX
Asal Arlington, Texas, A.S.
Genre
Tahun aktif 2011 (2011)–sekarang
Label
Artis terkait
Situs web ptxofficial.com
Anggota
  • Scott Hoying
  • Mitch Grassi
  • Kirstin Maldonado
  • Kevin Olusola
  • Matt Sallee
Mantan anggota

Pentatonix (PTX) adalah sebuah grup A capella asal Arlington County, Virginia,Texas yang terdiri dari Mitch Grassi (21), Scott Hoying (22), Kirstie Maldonado (22), Avi Kaplan (24), dan Kevin "K.O" Olusola (25).

Karier mereka dimulai dari ajang bakat a capella The Sing-off pada musim ke-3. Tahun 2011, Pentatonix tampil dan memenangkan The Sing-Off di NBC pada musim ke-3, mendapatkan uang sejumlah $200,000 dan kontrak dengan Sony Music[1]. Setelah kontrak dengan label (Epic Records) seusai The Sing-Off, mereka tampil sebagai grup di saluran Youtube dan mendistribusikan musik mereka pada Madison Gate Records, sebuah label kecil milik Sony Pictures yang mendistribusikan soundtrack film. Grup ini kemudian membuat akun media sosial untuk berbagi dan berinteraksi pada penggemar mereka. Kini mereka telah memiliki 10 juta pelanggan dan lebih dari satu miliar penonton, di salurannya, yaitu PTXofficial.

Mereka debut dengan PTX, Volume I, pada tahun 2012, disusul PTXmas di tahun yang sama, dengan merilis album ketiga, PTX, Volume II, menjadi nomor satu di Billboard's Independent Album chart dan nomor 10 di Billboard's 200 tahun 2013. Mei 2014, PTX menandatangani RCA Records, salah satu label Sony Music Entertaiment[2]. Di tahun yang sama pula, PTX merilis album keempat mereka, PTX, Vol. III, dan dua album studio mereka yang lama dan panjang, PTX Vols. 1 & 2 (album kompilasi yang dirilis di Jepang, Korea, dan Australia) dan pelepasan liburan kedua mereka, That's Christimast to Me. That's Christimast to Me mendapat sertifikat emas dari Recording Industry Association of America (RIAA), platinum pada 24 Desember 2014, dua kali platinum pada 11 Februari 2016, menjadi peringkat tertinggi di album liburan oleh grup sejak 1962, dan terbaik keempat dalam penjualan album di Amerika Serikat tahun 2014. Tahun berikutnya, PTX merilis album yang mereka buat sendiri dan menjadi debut teratas US Billboard 200 chart untuk pertama kalinya.

Pentatonix, produser musik, serta pencipta aransemen mereka, Ben Bram, dua kali memenangkan Grammy Award for Best Arrangement, Instrumental or A Capella. Tahun 2015 untuk "Daft Punk" pada 57 tahun Grammy Awards dan tahun 2016 untuk "Dance of the Sugar Plum Fairy" pada 58 tahun Grammy Awards.

  1. ^ Empty citation (bantuan) 
  2. ^ Empty citation (bantuan)