Tbilisi, Georgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Tbilisi, lebih dikenal sebagai Tiflis, adalah ibu kota dan kota terbesar di Georgia dibangun di atas tepi sungai Mtkvari dengan populasi penduduk sebanyak 1,5 juta orang. Dibangun pada abad kelima oleh kerajaan Iberia. Tbilisi juga menjadi kota administrasi kerajaan bagian kaukasia pada tahun 1801-1917. Tbilisi juga menjadi Ibukota sementara negara

· Republik federasi demokratik transkaukasia (1918)
· Republik Demokratik Georgia (1918-1921)
· Republik Sosialis Soviet Georgia (1921-1991)
· Republik federasi sosialis soviet transkaukasia (1922-1936)

Sejarah kota[sunting | sunting sumber]

Menurut sebuah legenda tua, wilayah Tbilisi yang Sekarang ini adalah sebuah hutan pada tahun 458 M. Menurut legenda yang membangun Tbilisi adalah Raja Vakhtang Gorgasali dari Georgia ketika raja sedang berburu dengan Falcon ( lebih dikenal dengan Elang atau Rajawali). Ketika sedang berburu falcon raja terluka dan jatuh di atas mata air panas dan mati terbakar.

Raja Vakhtang menjadi sangat tertarik dengan mata air panas tersebut kemudian dia memutuskan untuk menebas hutan dan membangun sebuah kota di lokasi tersebut. Kata Tbilisi di ambil dari sebuah kata tua Georgia "Tbili" yang berarti hangat. Mereka menamai kotanya dengan nama itu karena terdapat beberapa mata air panas sulfur keluar dari tanah. Penelitian Arkeologi yang di lakukan di daerah itu mengindikasikan bahwa ada kehidupan sekitar 4 juta tahun SM.