TVRI Sulawesi Tenggara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
TVRI Sulawesi Tenggara
LPP TVRI Stasiun Sulawesi Tenggara
Kendari, Sulawesi Tenggara
Indonesia
SaluranDigital: 30 UHF
Virtual: 2
Pemrograman
BahasaBahasa Indonesia
Bahasa Tolaki
Bahasa Muna
AfiliasiTVRI Nasional
Kepemilikan
PemilikLPP TVRI
Riwayat
Siaran perdana
23 Juli 2007
Bekas nomor kanal
34 UHF (analog)
Informasi teknis
Otoritas perizinan
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

TVRI (televisi republik indonesia) merupakan jaringan televisi pertama yang berdiri pada tanggal 24 Agustus 1962 dan saat ini mengudara di seluruh wilayah indonesia dengan sistem siaran analog dan siaran digital. sebagai pelopor televisi pertama, TVRI telah melalui perjalanan panjang dan mempunyai peran strategis dalam perjuangan dan perjalanan sejarah bangsa indonesia. Keberhasilan TVRI mengudara hingga ke pelosok negeri tak luput dari adanya TVRI stasiun daerah dan salah satunya adalah TVRI sulawesi Tenggara.

Televisi Republik Indonesia Sulawesi Tenggara merupakan stasiun televisi daerah yang didirikan oleh Televisi Republik Indonesia untuk wilayah Sulawesi Tenggara. Pada awalnya TVRI Sulawesi Tenggara pertama kali bediri bernama Sektor Transmisi Sulawesi Tenggara di tahun 1978, dengan berjalannya waktu TVRI Sektor transmisi Sulawesi Tenggara berganti status menjadi TVRI Stasiun yang di resmikan pada tanggal 23 juli 2007, oleh Plt. Gubernur saat itu bapak Drs. H. Yusran Silondae. M.si.,pada saat itu dimana dari TVRI Sektor Transmisi Sulawesi Tenggara beralih Status menjadi TVRI Stasiun Sulawesi Tenggara, Stasiun Penyiaran dengan Predikat C, pada saat itu TVRI dipimpin oleh kepala stasiun dan dibantu oleh beberapa jabatan fungsional seperti Kepala Sub Keuangan dan Umum, kepala Seksi Program dan Pengembangan Usaha, Kepala Seksi Berita, Kepala Seksi Teknik.

Pada tanggal 9 Maret  2022 TVRI Stasiun Sulawesi Tenggara beralih Status menjadi Stasiun Penyiaran Tipe B. Dengan menjadinya Stasiun penyiaran tipee B yang artinya tanggung jawab untuk menyajikan acara yang lebih berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat atau pemirsa dirumah lebih besar lagi.

TVRI Sulawesi tenggara konsisten memantapkan langkah bertransformasi dengan membenahi tampilan layar dan memaksimalkan kreatifitas serta mengembangkan potensi SDM yang dimiliki, agar menghasilkan tayangan-tayangan yang inofatif, informatif, edukatif serta sarat nilai budaya dan ke arifan lokal bagi masyarakat sulawesi Tenggara.

program acara unggulan yang di miliki TVRI Sultra dan sudah banyak mendapat tempat di hati pemirsa nya sangat beragam mulai dari program acara berita maupun hiburan, beberapa di antaranya yakni sulawesi tenggara hari ini, dialog perspektif, sulawesi tenggara sport, bingkai budaya, karaoke asik, chit-chat, mimbar agama, ruang kesehatan dan masih banyak lagi. TVRI Sultra sebagai media publik yang mengutamakan konten daerah dan kearifan lokal ini dapat di akses melalui media social siaran streaming seperti Facebook dan Instagram di @tvri sulawesi Tenggara.

Transmisi[sunting | sunting sumber]

TVRI Stasiun Sulawesi Tenggara memiliki 12 Satuan Transmisi yang tersebar di seluruh Wilayah Sulawesi tenggara yakni : Satuan Transmisi Kendari, Unaaha, Pomalaa, Lasusua, Lasolo, Punggaluku, Boepinang, Raha, Bau-bau, Banabungi, Wanci dan ereke.

TVRI Sulawesi Tenggara memiliki sejumlah stasiun pemancar yang tersebar di berbagai wilayah Sulawesi Tenggara dan sekitarnya sebagai berikut:[1]

  • Kendari (Konawe)
  • Muna (Raha)
  • Bombana (Boepinang)
  • Wakatobi (Wanci)[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Direktorat Jendral SDPPI, 'author'. "SDPPI Maps". 'Peta Sebaran Lokasi Stasiun Radio - ISR MUX TV Digital'. Diakses tanggal '2023-01-18'.