Stasiun Gedangan (Grobogan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun Gedangan
  • Singkatan: GN
  • Nomor: 3203
Stasiun Gedangan Grobogan 2019.jpg
Bekas Stasiun Gedangan, 2019
AlamatGunungtumpeng, Karangrayung, Grobogan
Jawa Tengah 58163
Ketinggian+66 m
Letakkm 41+815 lintas Semarang Tawang-Brumbung-Gundih-Solo Balapan-Solo Jebres/Yogyakarta[1]
OperatorDaerah Operasi IV Semarang
Konstruksi
Jumlah jalur2 (jalur 2: sepur lurus)
Jumlah peronSatu peron sisi yang agak rendah
Informasi lain
Kelas stasiunIII/kecil[2]
Sejarah
DitutupTak diketahui (paruh awal dekade 2000-an?)
Layanan
-
SARS-CoV-2 illustration (10).jpgPeringatan COVID-19: Tidak semua kereta api yang disebutkan di sini dijalankan pada masa-masa normal baru. Calon penumpang dimohon memeriksa daftar kereta api yang dijalankan di KAI Access atau kanal eksternal lain sebelum keberangkatan. Calon penumpang diharapkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat menggunakan kereta api. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pandemi COVID-19 di Indonesia#Perkeretaapian.

Stasiun Gedangan (GN) adalah stasiun kereta api nonaktif kelas III/kecil yang berada di Gunungtumpeng, Karangrayung, Grobogan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +66 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang.

Stasiun ini semula hanya memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus, tetapi jalur 1 sudah dibongkar. Arsitektur stasiun ini mirip dengan stasiun-stasiun di Daerah Operasi VI Yogyakarta, yaitu Stasiun Bantul, Palbapang, Winongo, Kedundang, Sukoharjo, Wojo, maupun Rewulu, antara lain berupa ventilasi bulat berterali besi kotak-kotak.

Stasiun yang saat ini hanya memiliki satu jalur kereta api ini (semula dua jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus) dahulunya hanya dilayani oleh KA Pandanaran Semarang, tetapi stasiun ini diduga dinonaktifkan pada paruh awal dekade 2000-an karena rasionalisasi pemberhentian, tidak ada lagi persilangan maupun persusulan antarkereta api di jalur ini, letaknya yang terpencil, dan okupansi yang minim.

Saat ini bangunan stasiun ini masih utuh, tetapi tak pernah difungsikan. Papan namanya yang masih bergaya Perumka/PT KA masih terpampang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Subdit Jalan Rel dan Jembatan (2004). Buku Jarak Antarstasiun dan Perhentian. Bandung: PT Kereta Api (Persero). 
  2. ^ Buku Informasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian 2014 (PDF). Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Indonesia. 
Stasiun sebelumnya DJKA Kemenhub Lintas Kereta Api Indonesia Stasiun berikutnya
Padas
ke arah Brumbung
Segitiga Brumbung–Gundih–Gambringan
Brumbung–Gundih
Telawa
ke arah Gundih

Koordinat: 7°11′07″S 110°47′57″E / 7.185355°S 110.799066°E / -7.185355; 110.799066