Sora Yori mo Tōi Basho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sora yori mo Tooi Basho)
Sora yori mo Tooi Basho
宇宙よりも遠い場所: A Story that leads to the Antarctica
(Sora yori mo Tooi Basho)
Manga
IlustratorNene Yoimachi
PenerbitMedia Factory
MajalahMonthly Comic Alive
DemografiSeinen
Terbit27 Desember 2017 – sekarang
Seri anime
SutradaraAtsuko Ishizuka
ProduserKenji Nakamoto
SkenarioJukki Hanada
MusikYoshiaki Fujisawa
StudioMadhouse
PelisensiCrunchyroll (Worldwide rights outside of Asia)[1]
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, BS11, MBS
Tayang 2 Januari 2018 27 Maret 2018
Episode13[2] (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Sora yori mo Tooi Basho (宇宙よりも遠い場所,, Sora Yori mo Tōi Basho, A Place Further than the Universe)[a][b] adalah sebuah serial televisi anime yang diproduksi oleh Madhouse. Serial ini disutradarai oleh Atsuko Ishizuka, ditulis oleh Hanada Jukki, dan desain karakternya dirancang oleh Takahiro Yoshimatsu. Anime ini ditayangkan di Jepang dari tanggal 2 Januari hingga 27 Maret 2018 dan diproduksi bersama serta didistribusikan secara internasional oleh Crunchyroll.[4]

Plot[sunting | sunting sumber]

Mari Tamaki adalah seorang siswi kelas 2 SMA yang ingin memanfaatkan masa mudanya sebaik-baiknya, tetapi biasanya ia terlalu takut untuk melakukannya. Suatu hari, dia bertemu Shirase Kobuchizawa, seorang gadis yang telah menabung uangnya untuk perjalanan ke Antartika demi mencari ibunya yang menghilang tanpa kabar. Setelah itu, muncul dua gadis lainnya, Hinata Miyake dan Yuzuki Shiraishi. Empat gadis ini pun bersama-sama berangkat dengan kapal pemecah es menuju Antartika.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Mari Tamaki (玉木 マリ,, Tamaki Mari)
Suara oleh: Inori Minase[5]
Seorang gadis yang bersekolah di SMA Tachibara Barat. Memiliki nama asli Mari Tamaki, tetapi ia sering dipanggil Kimari oleh teman-temannya. Dia selalu ingin mengetahui tentang hal-hal yang dia tidak tahu, dan ia memiliki ketertarikan dalam berbagai hal. Akhirnya, dia bertemu dengan Kobuchizawa Shirase untuk mengembalikan satu juta yen milik Shirase yang ditemukan olehnya. Setelah itu, mereka berdua menjadi lebih dekat dan Kimari menjadi tahu lebih banyak hal tentang Antartika. Dia terkesan dengan rencana Antartika dari Shirase dan memutuskan untuk melangkah bersama.[6]
Shirase Kobuchizawa (小淵沢 報瀬,, Kobuchizawa Shirase)
Suara oleh: Kana Hanazawa[5]
Dia adalah seorang siswi SMA yang sekolahnya sama dengan Kimari. Seorang gadis pemalu dan pendiam. Dia juga merupakan putri Takako Kobuchizawa yang merupakan seorang anggota kru penjelajahan Antartika yang tak kunjung ditemukan semenjak ibunya melakukan ekspedisi ke Antartika. Dia telah bermimpi untuk pergi ke Antartika demi mencari ibunya yang dia percayai masih hidup dan menunggu untuknya. Sebagian besar teman Shirase mengejeknya dan memanggilnya dengan Putri Antartika, serta percaya bahwa dia tidak akan pernah pergi ke Antartika. Dia lalu bertemu dengan Kimari dan Hinata, mereka bertiga pun membuat langkah mereka untuk membuat rencananya berhasil. Kerja keras mereka akhirnya membawa mereka untuk bertemu dengan Yuzuki Shirashi.
Hinata Miyake (三宅 日向,, Miyake Hinata)
Suara oleh: Yuka Iguchi[5]
Seorang gadis periang dan ramah. Dia bekerja paruh waktu di sebuah toko di dekat SMA tempat Kimari bersekolah. Pada usia yang sama seperti Kimari, dia memutuskan untuk keluar dari SMA dan sekarang bersiap-siap untuk mengambil ujian masuk perguruan tinggi. Mimpinya adalah untuk menjadi ahli akan segala sesuatu dibandingakan dengan orang lain. Dia memutuskan untuk bergabung pergi ke Antartika karena dia masih memiliki 2 tahun tersisa sebelum ujian masuk tiba dan ingin membuat sesuatu yang istimewa, tetapi kemudian mengatakan kepada Kimari alasan lainnya untuk bergabung. Dia telah melihat kebersamaan Kimari dan Shirase selama ini, serta menjadi iri kepada mereka berdua untuk waktu yang lama dan menyukai kejujuran mereka.
Yuzuki Shiraishi (白石 結月,, Shiraishi Yuzuki)
Suara oleh: Saori Hayami[5]
Gadis yang tenang dan dingin dibandingkan dengan gadis lain seusianya, siswi kelas 1 SMA. Dia adalah seorang aktris yang memulai kariernya dalam hiburan dan iklan pada usia empat tahun dan tidak pernah punya teman karena dia adalah anak yang fokus akan pekerjaannya. Dia menolak pergi ke Antartika untuk melakukan siaran langsung daring tentang perjalanan tersebut, tetapi kemudian dia berubah pikiran setelah yakin dengan Kimari, Shirase, dan Hinata. Dia iri akan persahabatan mereka bertiga, dan berpikir bahwa mereka semua adalah sahabat dan segera menyadari bahwa mereka bahkan belum saling mengenal satu sama lain dalam sebulan. Tidak pernah merasakan diperlakukan sebagai "teman", dia segera berteman baik dengan tiga gadis lainnya dan hal ini menandai mulainya perjalanan mereka berempat menuju Antartika.

Tim observasi swasta Antartika[sunting | sunting sumber]

Gin Tōdō (藤堂 吟,, Tōdō Gin)
Suara oleh: Mamiko Noto[7]
Kapten tim observasi swasta Antartika "Nankyoku Challenge" ("Antarctica Challenge").
Kanae Maekawa (前川 かなえ,, Maekawa Kanae)
Suara oleh: Yōko Hikasa[7]
Seorang wanita yang menjabat sebagai wakil kapten "Nankyoku Challenge" di bawah naungan Ginza.
Yumiko Samejima (鮫島 弓子,, Samejima Yumiko)
Suara oleh: Lynn[7]
Chef Antartika ternama yang bertugas sebagai juru masak untuk tim observasi.
error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan)
Suara oleh: Masaki Terasoma[8]
Kapten kapal tim observasi. Sebelumnya, dia adalah kapten dari tim observasi di SDF, tetapi muncul kapal observasi swasta dan dia diangkat sebagai kapten setelah diminta oleh Gin.
error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan)
Suara oleh: Yoshitsugu Matsuoka[8]
Bertugas untuk komunikasi tim observasi dan juga akrab dengan mesin seperti komputer pribadi.
error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan)
Suara oleh: Jun Fukushima[8]
Tim pembangun dari tim observasi.
error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan)
Suara oleh: Kana Asumi[8]
Ahli geologi yang menyertai tim observasi.
error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan)
Suara oleh: Aya Endo[8]
Astronom yang mendampingi tim observasi.
error: {{nihongo}}: Butuh teks Jepang atau romaji (bantuan)
Suara oleh: Mikako Komatsu[8]
Peneliti mikroorganisme yang menyertai tim observasi.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Megumi Takahashi (高橋 めぐみ,, Takahashi Megumi)
Suara oleh: Hisako Kanemoto[7]
Teman masa kecil Kimari, teman baik Kimari semenjak taman kanak-kanak. Dia iri dengan Kimari setelah Kimari memutuskan untuk pergi ke Antartika.
Rin Tamaki (玉木 リン,, Tamaki Rin)
Suara oleh: Kaede Hondo[7]
Adik Kimari yang juga menjabat sebagai anggota OSIS di sekolahnya. Selalu khawatir dengan kakaknya yang pergi ke Antartika, dia memutuskan untuk mendukung kakaknya dari lubuk hatinya.
Tamiko Shiraishi (白石 民子,, Shiraishi Tamiko)
Suara oleh: Sayaka Ohara[7]
Ibu dari Shiraishi Yuzuki. Dia juga seorang manager departemen dan manager tempat putrinya bekerja.
Takako Kobuchizawa (小淵沢貴子,, Kobuchizawa Takako)
Suara oleh: Ai Kayano[9]
Ibu dari Shirase Kobuchizawa, yang menghilang dalam sebuah ekspedisi ke Antarktika sekitar tiga tahun sebelum cerita ini dimulai.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah seri anime televisi berjumlah 13 episode yang diproduksi oleh studio Madhouse pertama kali diumumkan oleh Kadokawa saat Anime Expo 2017 pada bulan Juli 2017.[10] Anime ini disutradarai oleh Atsuko Ishizuka, Hanada Jukki sebagai penulis naskahnya, dan Takahiro Yoshimatsu merancang karakter. Yoshiaki Fujisawa bertindak sebagai penggubah musiknya. Serial ini ditayangkan di Jepang dari tanggal 2 Januari hingga 27 Maret 2018 dan didistribusikan oleh Crunchyroll.[11] Lagu tema pembukanya adalah "The Girls Are Alright!" oleh Saya, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Koko Kara, Koko Kara" (ここから、ここから,, Dari Tempat Ini, Dari Sekarang) oleh Inori Minase, Kana Hanazawa, Yuka Iguchi, dan Saori Hayami.[12]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul[c] Tanggal tayang asli
1"One Million Yen For Youth"
"Seishun Shakuman'en" (青春しゃくまんえん)
2 Januari 2018
Mari Tamaki, seorang siswi SMA kelas 2 yang merasa takut bahwa dia tidak memanfaatkan masa mudanya dengan sebaik mungkin, mempertimbangkan untuk membolos sekolah dan pergi dalam sebuah perjalanan mendadak, namun merasa terlalu takut untuk melakukannya. Pada suatu malam, dia menemukan sebuah amplop yang dijatuhkan seorang gadis, menyadari bahwa amplop itu berisi satu juta yen. Besoknya, Mari menemukan gadis yang menjatuhkan amplop itu, Shirase Kobuchizawa, yang sedang menabung uang untuk pergi ke Antarktika dan mencari ibunya yang hilang, Takako. Menjadi tertarik juga dengan Antarktika, Mari memutuskan untuk bergabung dengan Shirase dalam perjalanannya.
2"Kabukicho Fremantle"
"Kabukichō Furīmantoru" (歌舞伎町フリーマントル)
9 Januari 2018
Membutuhkan uang untuk pergi ke Fremantle, di mana sebuah ekspedisi sipil yang telah dijadwalkan dari sana untuk pergi ke Antarktika, Mari mulai bekerja di sebuah toko kelontong dengan rekan barunya Hinata Miyake. Setelah menguping pembicaraan Mari dan Shirase, Hinata juga tertarik untuk pergi ke Antarktika dan turut bergabung dalam rencana Shirase. Kemudian, ketiga gadis itu pergi ke Kabukichō, Tokyo untuk mencoba rencana untuk menyusup ke ekspedisi itu, di mana mereka tertangkap basah oleh dua anggota ekspedisi itu, Kanae Maekawa and Yumiko Samejima. Meskipun menawarkan uang yang dia tabung sebagai sponsor ekspedisi itu, Shirase tidak berhasil membujuk Yumiko dan Kanae untuk memperbolehkan mereka ikut, karena mereka punya rencana sendiri untuk mencari dana yang mereka butuhkan.
3"The Follow Backs Don't Stop"
"Forōbakku ga Tomaranai" (フォローバックが止まらない)
16 Januari 2018
Ketiga gadis itu didekati oleh Yuzuki Shiraishi, seorang aktris cilik yang baru saja dipilih untuk pergi ke Antarktika sebagai seorang reporter, yang meminta Shirase untuk menggantikan posisinya. Namun, manajer dan ibu Yuzuki, Tamiko, bersikeras agar Yuzuki tetap pergi sebagai bagian dari pekerjaannya. Selagi Yuzuki terus menolak, Tamiko mengusulkan bahwa apabila Shirase, Mari, dan Miyake bisa membujuk Yuzuki untuk ikut ekspedisi itu, mereka bisa menemaninya. Saat ditanya kenapa tidak mau ikut, Yuzuki menjelaskan bahwa dia tidak pernah berteman dengan siapapun karena karier aktingnya, dan terkejut saat Mari memeluknya. Besoknya, ketiga gadis itu mengajak Yuzuki sebagai teman yang sesungguhnya, mendorongnya untuk setuju untuk pergi ke Antarktika selama mereka ikut dengannya.
4"Four Caterpillars"
"Yonhiki no Imomushi" (四匹のイモムシ)
23 Januari 2018
Mari terjebak dalam masalah dengan ibunya karena dia memalsukan tanda tangan ibunya supaya bisa mendapat surat izin dan dia pun ditugaskan untuk meluluskan semua ujiannya. Dengan ancaman ujian terus menghantui, Mari dan yang lainnya pergi ke sebuah kamp latihan musim panas untuk ekspedisi itu, di mana mereka bertemu dengan kapten tim tersebut, Gin Todo. Para gadis itu memulai latihan dengan latihan pemetaan rute perjalanan di mana mereka harus menemukan rute dan menancapkan bendera penanda. Saat menghabiskan malam pertama mereka di kemah, Shirase menjelaskan bahwa Gin dulunya berangkat dengan Takako dalam sebuah ekspedisi Antarktika sebelumnya di mana Takako tidak berhasil kembali dengan selamat. Esok paginya, Mari menemui Gin, yang menunjukkannya matahari terbit dan memberi tahu seperti apa Takako itu dulunya.
5"Dear my friend"30 Januari 2018
Saat ekspedisi Antarktika semakin mendekat, teman masa kecil Mari Megumi Takahashi mulai bersikap iri terhadapnya. Sehari sebelum ekspedisi, Megumi memberitahu Mari bahwa orang mulai menyebarkan rumor tentangnya, di mana Shirase dan Hinata memutuskan kemudian muncul dan mengajaknya ke karaoke untuk melepaskan kepenatan mereka. Setelahnya, Mari memberitahu Megumi bagaimana dia ingin menjadi kuat sehingga dia tidak harus selalu bergantung pada Megumi. Besok paginya, Megumi mengakui bahwa dialah yang menyebarkan rumor tak sedap tentang Mari dan Shirase, sambil menyadari bahwa dia bergantung pada Mari yang terus bergantung dengannya. Menolak permintaan Megumi untuk mengakhiri persahabatan mereka, Mari bergabung dengan teman-temannya selagi mereka bersiap untuk memulai langkah pertama perjalanan mereka.
6"Welcome to the Durian Show"
"Yōkoso Dorian Shō e" (ようこそドリアンショーへ)
6 Februari 2018
Selagi para gadis tiba di Singapura selama 2 hari untuk singgah sebelum melanjutkan penerbangan mereka ke Australia, Hinata menyadari bahwa dia telah kehilangan paspornya. Dengan tidak ada waktu cukup untuk mendapatkan paspor baru dari kedutaan, Hinata mengusulkan agar dia tidak melanjutkan perjalanan mereka, yang kemudian ditolak Shirase. Besoknya, saat mereka tidak bisa mengganti penerbangan mereka ke jadwal berikutnya, Shirase menawarkan satu juta yen yang dia tabung untuk membeli tiket kelas bisnis supaya mereka bisa pergi semuanya bersama. Namun malam harinya, Shirase menyadari bahwa paspor Hinata ada di tasnya selama ini, saat dia memeganginya selagi Hinata mengikat tali sepatunya setelah mereka keluar dari bea cukai, dan kemudian lupa. Dengan masalah perjalanan mereka teratasi, Mari dan Yuzuki menghukum Shirase dan Hinata atas semua masalah yang mereka buat dengan menghukum mereka dengan makan buah durian.
7"The Ship That Sees the Universe"
"Sora o Miru Fune" (宇宙を見る船)
13 Februari 2018
Begitu tiba di Fremantle, keempat gadis itu melakukan tur di kapal ekspedisi mereka untuk membuat film laporan sebelum mereka berangkat. Saat membantu awak kapal lainnya, para gadis itu mulai mencemaskan akan kekurangan staf ekspedisi tersebut dan menjadi penasaran apakah Kanae punya rencana sendiri untuk mereka. Pada malam harinya, Shirase berbicara pada Gin tentang bagaimana menghilangnya Takako dan keinginan mereka untuk pergi ke Antarktika sekali lagi.
8"Howling, Maddening, Screaming"
"Hoete, Kurutte, Zekkyōshite" (吠えて、狂って、絶叫して)
20 Februari 2018
Kapal mereka akhirnya berangkat, di mana Mari dan yang lainnya ditugaskan dengan berbagai macam pekerjaan selain laporan mereka sebelum berlatih di dek kapal untuk melatih stamina mereka. Kegembiraan perjalanan mereka pun akhirnya berakhir, saat semua orang mulai merasa mabuk laut, yang semakin memburuk saat kapal mereka berlayar melalui ombak laut yang keras. Saat merasa hilang semangat ketika melihat rekan sekapal mereka yang lebih segar bugar, para gadis itu kembali semangatnya saat merasakan ombak untuk pertama kalinya dan menjadi terbiasa dengan kapal tersebut selagi mereka berlayar menuju Antarktika.
9"Antarctic Love Story (Blizzard Arc)"
"Nankyoku Koi Monogatari (Burizādo-hen)" (南極恋物語(ブリザード編))
27 Februari 2018
Salah satu awak kapal, Toshio Zaizen, mengakui bahwa dia jatuh cinta dengan Gin, meminta Shirase untuk mencari info tentangnya. Merasa ini bisa memperbagus laporan mereka, para gadis itu memutuskan untuk mewawancarai Gin untuk mencari tahu apakah mereka bisa menanyai kehidupan cintanya. Kemudian, Gin, yang cemas apabila Shirase membencinya setelah Takako menghilang, berbicara dengan Shirase yang ternyata merasa bingung akan pendapatnya sendiri mengenai Gin. Setelah itu, kapal tersebut harus memecah sejumlah besar es yang menghalangi jalan, di mana Gin mengingat transmisi radio terakhir yang dia terima dari Takako. Selagi Toshio menyerah akan perasaan cintanya, para gadis akhirnya menginjakkan tanah untuk pertama kalinya.
10"Partial Friendship"
"Pāsharu Yūjō" (パーシャル友情)
6 Maret 2018
Para gadis tiba di Stasiun Showa di mana mereka akan ditempatkan nantinya. Selagi semua orang menyiapkan stasiun itu, Yuzuki, yang baru mendapat peran di sebuah drama, menjadi penasaran apakah dia secara resmi telah berteman dengan gadis-gadis lainnya. Selagi para awak kapal menikmati pesta Natal, Yuzuki menjadi semakin kebingungan tentang arti persahabatan ketika Mari menangis setelah Yuzuki menawarkan Kontrak Persahabatan kepada mereka. Pada malam harinya, Mari memberitahu Yuzuki tentang persahabatannya dengan Megumi sebelum semua orang muncul untuk merayakan ulang tahun Yuzuki, memberikan ulang tahun pertama Yuzuki bersama dengan teman-temannya.
11"Bash That Drum Can!"
"Doramukan de Buttobase!" (ドラム缶でぶっ飛ばせ!)
13 Maret 2018
Selagi para gadis menerima video dari teman dan keluarga mereka, Hinata bertingkah aneh ketika beberapa teman lamanya meneleponnya, di mana Shirase melihat Hinata menumpahkan kekesalannya secara diam-diam. Mencemaskan Hinata, Shirase melihat e-mail yang dikirim teman-teman lama Hinata di klub lari lintasan. Hinata menjelaskan bahwa karena bakatnya, dia dibenci oleh anggota-anggota tahun ketiga klub tersebut, yang kemudian menyebarkan rumor tak sedap yang membuat Hinata keluar dari sekolah. Saat ditugasi untuk memasang panel surya dan penanda satelit, Shirase berhasil menenangkan Hinata mengenai masalahnya. Besoknya, selagi para gadis bersiap untuk siaran langsung, Shirase menghadapi teman-teman klub Hinata atas perbuatan mereka, memberikan sedikit ketenangan batin untuk Hinata.
12"A Place Further than the Universe"
"Sora Yori mo Tōi Basho" (宇宙よりも遠い場所)
20 Maret 2018
Shirase tidak tahu harus merasakan apa saat dia diundang untuk ikut dalam perjalanan truk salju ke tempat terakhir menghilangnya Takako, takut bahwa tidak ada lagi yang tersisa untuknya begitu dia pergi. Setelah mendengarkan alasan Gin untuk pergi ke Antarktika meskipun tahu bahwa Takako sudah meninggal, Shirase mengingatkan dirinya akan upayanya untuk menabung uang sebelum memutuskan untuk ikut dalam misi ini. Selagi tim mereka menghabiskan malam di tengah badai salju, Shirase mendengarkan dari Gin tentang kata-kata terakhir Takako sebelum Mari memberi terima kasih pada Shirase karena mau mengajaknya ke Antarktika. Begitu tiba di sebuah situs untuk observasi, Mari dan yang lainnya mencari bukti bahwa Takako masih ada di sana, di mana mereka menemukan laptop milik Takako. Begitu memasuki laptop itu, Shirase menangis tersedu-sedu saat laptop itu menerima semua e-mail yang dia kirim kepada Takako, di mana semua e-mail itu tak pernah dibaca oleh Takako.
13"We'll Go On Another Journey Someday"
"Kitto Mata Tabi ni Deru" (きっとまた旅に出る)
27 Maret 2018
Saat waktu mereka di Antarktika akan berakhir, para gadis memutuskan untuk bermain bisbol dengan semua anggota tim sebelum mereka pergi, di mana kemudian Shirase memutuskan untuk memotong rambutnya. Di pesta perpisahan mereka, Shirase memberi ceramah tentang pendapatnya mengenai Antarktika, berjanji untuk datang lagi. Selagi para gadis bersiap untuk pergi, Gin menemukan satu e-mail di kotak keluar Takako yang ditujukan untuk Shirase yang berisikan foto aurora australis yang dia tangkap, yang kemudian aurora itu bisa dilihat sendiri oleh para gadis itu. Begitu tiba di Jepang dan berpisah dengan satu sama lain, Shirase mengakui bahwa dia meninggalkan tabungannya di Antarktika, dan Mari menemukan bahwa Megumi telah pergi ke Arktika.

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah manga adaptasi yang digambar oleh Nene Yoimachi mulai diserialisasikan di manga antologi Comic Alive (Media Factory) mulai 27 Desember 2017.[13]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Serial anime ini dipilih oleh The New York Times sebagai Acara Internasional Peringkat ke-8 pada tahun 2018, dengan kritikus televisi Mike Hale menggambarkan serial anime ini sebagai "sebuah cerita perkembangan diri yang menggelitik dan menggugah jiwa yang dapat dengan mudah dipahami oleh semua umur dan budaya.[14]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meskipun 宇宙 biasanya dibaca "uchū", dalam kasus ini dibaca sebagai "sora".[3]
  2. ^ Dengan sub judul A Story that leads to the Antarctica, dikenal juga dalam bahasa Jepang sebagai Yorimoi.
  3. ^ Semua judul episode dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Crunchyroll Announces Winter 2018 Simulcast License Acquisitions". Crunchyroll. January 8, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 31, 2018. Diakses tanggal February 4, 2018. 
  2. ^ https://www.animenewsnetwork.com/daily-briefs/2018-01-09/a-place-further-than-the-universe-anime-listed-with-13-episodes/.126202
  3. ^ "アニメ『ノーゲーム・ノーライフ』制作チームがおくる南極を目指す高校生たちの青春グラフィティ『宇宙よりも遠い場所』をより楽しむための注目ポイント". Animate Times (dalam bahasa Jepang). 2 January 2018. Diakses tanggal 28 January 2018. タイトルは『宇宙(そら)よりも遠い場所』で、高校二年生の女の子・玉木マリ(CV:水瀬いのりさん)と、南極観測隊員の母を持つ小淵沢報瀬(CV:花澤香菜さん)の出会いから物語が動きだすオリジナルアニメとなっています。 
  4. ^ "Crunchyroll Announces Winter 2018 Simulcast License Acquisitions". Crunchyroll. January 8, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 31, 2018. Diakses tanggal February 4, 2018. 
  5. ^ a b c d "A Place Further Than the Universe Reveals Video, Character Designs, Cast, Staff". Anime News Network. November 8, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 9, 2017. Diakses tanggal November 8, 2017. 
  6. ^ "CHARACTER|TVアニメ「宇宙よりも遠い場所」公式サイト". yorimoi.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2018-03-02. 
  7. ^ a b c d e f "A Place Further Than the Universe Reveals More Cast, January 2 Premiere". Anime News Network. December 13, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 13, 2017. Diakses tanggal December 13, 2017. 
  8. ^ a b c d e f ""A Place Further Than the Universe" Adds 6 More Antarctic Adventurers". Crunchyroll. February 3, 2018. Diakses tanggal February 4, 2018. 
  9. ^ "Crunchyroll Announces Winter 2018 Simulcast License Acquisitions". Crunchyroll. January 8, 2018. Archived from the original on January 31, 2018. Retrieved February 4, 2018. 
  10. ^ "Kadokawa Announces Girls' Last Tour Anime & Original Anime Project (Updated)". Anime News Network. July 3, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 29, 2017. Diakses tanggal July 6, 2017. 
  11. ^ "Crunchyroll to Stream The Rising of the Shield Hero, A place further than the Universe Anime". Anime News Network. July 4, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 8, 2017. Diakses tanggal July 6, 2017. 
  12. ^ https://www.animenewsnetwork.com/news/2017-12-28/a-place-further-than-the-universe-anime-ad-previews-ending-theme/.125825
  13. ^ "A Place Further Than the Universe Original Anime Gets Manga". Anime News Network. November 27, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 27, 2017. Diakses tanggal November 27, 2017. 
  14. ^ "Best TV Shows of 2018". The New York Times. December 3, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]