Sine, Ngawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sine
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Ngawi
Pemerintahan
 • Camat Drs. Bambang Supriyanto
Luas 80,22 km²[1]
Jumlah penduduk 49.736[1]
Kepadatan 616 jiwa/km²[1]
Desa/kelurahan 16

Sine[2] adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Ngawi, yang terletak di paling ujung barat daya Kabupaten Ngawi dan Provinsi Jawa Timur.

Adapun batas wilayah dari Kecamatan Sine adalah:

Utara Kecamatan Widodaren dan Kecamatan Mantingan
Selatan Gunung Lawu
Barat Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
Timur Kecamatan Ngrambe

Daerah Jamus merupakan daerah wisata di Kecamatan Sine dan juga di Kabupaten Ngawi. Jamus terletak di sebelah utara Gunung Lawu. Daerah ini merupakan sebuah perkebunan teh peninggalan kolonial Belanda. Karena letaknya yang berada di pegunungan, pemandangannya sangat bagus. Fasilitas yang tersedia cukup baik: jalan transportasi beraspal, kolam renang, sumber air Lanang, lapangan olahraga, Borobudur Hill, pabrik pengolahan daun teh, dan lainnya. Produk teh memakai merk dagang Candiloko.

Daerah wisata lain Gunung Warak terdapat stasiun relay TELKOM.

Sebagian besar penduduknya bertani. Fasilitas pendidikan mulai SD, SMP, SMA sudah ada. Sine memiliki sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi bagus, baik dalam tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, seperti SMA Negeri 1 Sine, SMP Negeri 1 Sine, dan SD Negeri 1 Sine, serta SD Negeri Kuniran 1.

Sine merupakan jalur altenatif Sragen, Mantingan, Gondang, Sine, Ngambe, Jogorogo, Kendal, Panekan, Magetan, Parang, Sampung, Kauman, Ponorogo dan seterusnya.

Terdapat legenda yang berasal dari daerah ini yang dapat diperkenalkan ke publik, seperti Legenda Jaka Budug yang memiliki hubungan dengan nama-nama tempat di Kecamatan Sine. Ada pula agenda wajib yang dilakukan oleh Bupati Ngawi setiap memperingati hari ulang tahun Kabupaten Ngawi, yaitu ziarah kubur "Eyang gusti" atau Adipati Kartanegara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Tingkat Kepadatan Penduduk Akhir Tahun 2011, hal. 7 -" (PDF). www.ngawikab.go.id. Diakses tanggal 27 Agustus 2014. 
  2. ^ Kecamatan Sine - www.ngawikab.go.id

Pranala luar[sunting | sunting sumber]