Side-stick

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Airbus A380 dan side stick

Sebuah sisi-stick atau kontroler sidestick adalah kolom kontrol pesawat (atau joystick ) yang terletak di sebelah sisi dari sng pilot , biasanya pada sisi sebelah kanan, atau menyatu pada dua kursi flightdeck . Biasanya ini ditemukan di pesawat yang dilengkapi dengan sistem kontrol fly-by-wire.

Kontrol throttle biasanya terletak di sebelah kiri dari pilot (atau terpusat pada flightdeck kursi ganda). Hanya satu tangan yang dapat digunakan untuk tongkat, dan operasi kedua-tangan bila diperlukan.

Sisi-tongkat yang digunakan di banyak pesawat tempur militer modern , seperti Falcon F-16 Fighting , Mitsubishi F-2 , Dassault Rafale , dan F-22 Raptor , dan juga pada pesawat sipil, seperti Sukhoi Superjet 100 , Airbus A320 dan kemudian Airbus pesawat, termasuk pesawat jet penumpang terbesar, Airbus A380 .

Pengaturan ini kontras dengan desain yang lebih konvensional di mana tongkat terletak di tengah kokpit antara kedua kaki pilot, yang disebut " center stick ".

Dalam desain center stick, baik pilot dan co-pilot kontrol mekanis terhubung bersama sehingga setiap pilot memiliki input kontrol yang sama dengan yang lain. Dalam implementasi khas Airbus side stick, tongkat independen. Komputer pesawat baik agregat beberapa masukan atau pilot dapat menekan "tombol prioritas" untuk mengunci keluar masukan dari side stick yang lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]