Tuas sisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Side-stick)
Airbus A380 dan tuas sisinya
F-16 kokpit yang menunjukkan tuas sisi

Side-stick atau tuas sisi adalah kolom kendali pesawat (atau tuas kendali) yang terletak di sebelah sisi dari sang penerbang (pilot), biasanya pada sisi sebelah kanan, atau menyatu pada dua kursi geladak terbang (flightdeck). Biasanya ini ditemukan di pesawat yang dilengkapi dengan sistem kendali terbang dengan kabel.

Kendali dorong (throttle control) biasanya terletak di sebelah kiri dari penerbang (atau terpusat pada geladak terbang kursi ganda). Hanya satu tangan yang dapat digunakan untuk tongkat, dan operasi kedua-tangan bila diperlukan.

Prevalensi[sunting | sunting sumber]

Tuas sisi yang digunakan di banyak pesawat tempur militer modern, seperti Falcon F-16 Fighting, Mitsubishi F-2, Dassault Rafale, dan F-22 Raptor, dan juga pada pesawat sipil, seperti Sukhoi Superjet 100, Airbus A320 dan kemudian Airbus pesawat, termasuk pesawat jet penumpang terbesar, Airbus A380.

Perbandingan dengan tuas tengah[sunting | sunting sumber]

Pengaturan ini kontras dengan rancangan yang lebih konvensional di mana tongkat terletak di tengah kokpit antara kedua kaki penerbang, yang disebut tuas tengah.

Dalam rancangan tuas tengah, baik penerbang dan pembantu penerbang (co-pilot) dari kendali mekanis terhubung bersama sehingga setiap penerbang memiliki masukan kendali yang sama dengan yang lain. Komputer pesawat baik agregat beberapa masukan (input) atau penerbang dapat menekan "tombol prioritas" untuk mengunci keluar masukan dari tuas-sisi lain.

Tuas sisi pasif dan aktif[sunting | sunting sumber]

Tuas sisi pasif[sunting | sunting sumber]

Dalam desain tuas tengah, seperti penggandar pesawat tradisional , kendali penerbang dan perwira utama dihubungkan secara mekanis sehingga masing-masing penerbang dapat merasakan masukan kendali satu sama lain. Dalam implementasi tuas sisi khas Airbus, tongkatnya bersifat independen, yang disebut tuas sisi 'pasif'. Komputer pesawat dapat mengumpulkan beberapa masukan atau pilot dapat menekan "tombol prioritas" untuk mengunci masukan dari sisi lain. Namun, jika kedua tongkat samping digerakkan ke arah yang berbeda pada saat yang sama (terlepas dari prioritas penerbang mana), maka kedua masukan dibatalkan dan peringatan aural "masukan ganda" berbunyi.

Contoh kejadian ini adalah jatuhnya pesawat Air France Penerbangan 447 pada tahun 2009 (sebuah Airbus A330 yang terbang dari Rio de Janeiro ke Paris ), jatuhnya pesawat Afriqiyah Airways Penerbangan 771 dan Airbus A330 pada tahun 2010 dari penerbangan Johannesburg ke Tripoli dan Jatuhnya Indonesia AirAsia Penerbangan 8501 tahun 2014 ( Airbus A320 yang terbang dari Surabaya ke Singapura ). Peringatan "masukan ganda" tidak akan aktif pada level yang sangat rendah jika EGPWS aktif karena prioritasnya lebih rendah dibandingkan EGPWS.

Tuas sisi aktif[sunting | sunting sumber]

Namun perkembangan selanjutnya yang signifikan adalah tuas sisi 'aktif', yang terdapat pada pesawat jet bisnis seri Gulfstream G500/G600 yang baru. Dalam sistem ini, pergerakan di satu tuas sisi menghasilkan tindakan yang sama di tuas sisi lainnya dan oleh karena itu memberikan umpan balik yang berharga bagi penerbang lainnya. Hal ini menjawab kritik sebelumnya terhadap pendekatan 'pasif'. Tuas sisi 'aktif' juga memberikan umpan balik taktil kepada pemerbang selama penerbangan manual.

Tongkat samping aktif seperti itu juga dapat digunakan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap batas penerbangan yang aman dengan menerapkan umpan balik gaya ketika penerbang membuat masukan kendali yang akan membawa pesawat lebih dekat ke (atau melampaui) batas batas penerbangan yang aman. Hal ini mengurangi risiko penerbang memasuki kondisi berbahaya dalam penerbangan di luar batas operasional sambil mempertahankan wewenang akhir penerbang dan meningkatkan kesadaran situasi mereka.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]