Bidang kendali penerbangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pengendalian pesawat udara saat terbang dikontrol dalam tiga sumbu, yaitu sumbu lateral, sumbu longitudinal dan sumbu vertikal, oleh bidang-bidang kendali (bahasa Inggris: flight control surfaces). Bidang-bidang kendali ini memandu pesawat udara selama terbang mulai lepas landas, menanjak, menjelajah, menurun sampai mendarat.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Flight control surfaces of Boeing 727

Bidang kendali penerbangan dibagi dalam tiga kelompok utama, yaitu bidang kendali utama, bidang kendali sekunder dan bidang kendali pembantu.

Bidang kendali utama

Bidang kendali penerbangan utama terdiri dari kemudi guling, pengangkat dan kendali untuk berbelok.

Kemudi guling dipasang di bagian belakang sayap, berfungsi mengontrol gerakan miring, berbelok dan berputar dengan tumpuan sumbu longitudinal. Pergerakan antara kemudi guling kanan dan kiri arahnya saling berlawanan.

Kemudi pengangkat dipasang di penyeimbang horisontal, berfungsi mengontrol gerakan pengangkat hidung pesawat dengan tumpuan sumbu lateral.

Kendali belok dipasang di penyeimbang vertikal, berfungsi mengontrol arah kiri dan kanan dengan tumpuan sumbu vertikal.

Bidang kendali sekunder

Yang termasuk bidang kendali penerbangan sekunder adalah macam-macam tab, yaitu trim tab, servo tab, spring tab, dan balance tab.

Fungsi tab di antaranya untuk membantu pilot mengurangi gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkan bidang kendali utama dan menjaga keseimbangan pesawat saat terbang. Tab merupakan bidang kendali yang kecil yang dipasang pada bagian sisi belakang dari bidang kendali utama.

  • Trim tab, berfungsi mengontrol keseimbangan sebuah pesawat udara sehingga dapat menjaga dan mempertahankan posisi terbang dalam kondisi lurus dan mendatar tanpa tekanan pada kolom kendali, roda kendali atau pedal kendali. Sebagian besar trim tab yang dipasang pada pesawat udara dioperasikan secara mekanis dari kkpit melalui sistem kabel. Namun, ada pula yang dioperasikan dengan menggunakan aktuator listrik. Trim tab dipasang pada kendali pengangkat, pengguling dan pemutar.
  • Servo tab, sering disebut flight tab,[butuh rujukan] digunakan terutama untuk bidang kendali yang besar/lebar untuk membantu pergerakan bidang kendali dan menahannya pada posisi yang diinginkan. Hanya servo tab yang bergerak merespons terhadap pergerakan kendali kokpit, di mana tanduk dari dari servo tab bersifat bebas terhadap pivot sumbu engsel bidang kendali utama. Tekanan aliran udara pada servo tab akan menggerakkan bidang kendali utama untuk mengurangi tenaga yang dibutuhkan pilot untuk menggerakkan bidang kendali utama tersebut.
  • Balance tab, yang dirancang sedemikian rupa sehingga saat bidang kendali utama bergerak, tab bergerak dalam arah yang berlawanan, sehingga gaya aerodinamika yang bekerja pada tab membantu pergerakan bidang kendali utama.
  • Spring tap, bekerja seperti aktuator hidrolik, membantu pergerakkan bidang kendali utama. Konstruksinya terdiri dari susunan spring dan rangkaian mekanik lainnya. Dalam beberapa pesawat udara, spring tab dipasang pada bagian belakang masing-masing kendali belok dan digerakkan oleh gaya spring push pull rod yang dirangkaikan ke kaitan kendali kemudi belok.
Bidang kendali pembantu

Yang termasuk bidang kendali pembantu penerbangan adalah: flap, spoiler, pengurang kecepatan, slat, leading edge flaps dan slot. Kendali pembantu tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok penambah gaya angkat (lift increasing group) dan kelompok pengurang gaya angkat (lift decreasing group).[butuh rujukan]

Yang termasuk kelompok penambah gaya angkat adalah: flap, trailing edge dan leading edge slat, dan slot. Sedang yang termasuk kelompok pengurang gaya angkat adalah pengurang kecepatan dan spoiler.

Referensi[sunting | sunting sumber]