Leading-edge slats

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Leading Edge Flaps Slats.jpg
Slats.gif

Bilah slats adalah permukaan aerodinamis di tepi muka sayap pesawat sayap tetap, ketika digunakan, memungkinkan sayap untuk beroperasi pada sudut serangan tinggi. Sebuah koefisien angkat tinggi yang dihasilkan sebagai hasil dari angle of attack dan kecepatan, sehingga dengan mengerahkan bilah slats pesawat terbang dapat terbang pada kecepatan yang lebih lambat, atau lepas landas dan mendarat di jarak pendek. Mereka biasanya digunakan ketika mendarat atau melakukan manuver yang mengambil pesawat dekat dengan stall, tetapi biasanya dalam penerbangan normal untuk meminimalkan hambatan.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Jenis meliputi:

  • Otomatis - slat terletak rata dengan leading edge sayap sampai mengurangi gaya aerodinamika memungkinkan untuk memperpanjang dengan cara aerodinamis bila diperlukan. Kadang-kadang disebut sebagai bilah Handley-Page.
  • Tetap - slat secara permanen diperpanjang. Hal ini kadang-kadang digunakan pada pesawat kecepatan rendah spesialis (ini disebut sebagai slot) atau ketika kesederhanaan diutamakan daripada kecepatan.
  • Powered - slat extension dapat dikontrol oleh pilot. Hal ini umumnya digunakan pada pesawat airliners.

Referensi[sunting | sunting sumber]