Variometer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Variometer adalah salah satu instrumen penerbangan di pesawat yang digunakan untuk memberi tahu pilot tentang kecepatan turun atau naik.[1] Ini dapat dikalibrasi dalam meter per detik, kaki per menit (1 kaki / menit = 0,00508 m / s) atau knot (1 kn ≈ 0,514 m / s), tergantung pada negara dan jenis pesawat. Ini biasanya terhubung ke sumber tekanan statis eksternal pesawat.

Dalam penerbangan bertenaga, pilot sering menggunakan VSI untuk memastikan bahwa level penerbangan dipertahankan, terutama selama manuver berbelok. Dalam meluncur, instrumen digunakan hampir secara terus-menerus selama penerbangan normal, seringkali dengan keluaran yang dapat didengar, untuk memberi tahu pilot tentang udara yang naik atau tenggelam. Biasanya pesawat layang dilengkapi dengan lebih dari satu jenis variometer. Jenis yang lebih sederhana tidak memerlukan sumber daya eksternal dan oleh karena itu dapat diandalkan untuk berfungsi terlepas dari apakah baterai atau sumber daya telah dipasang. Tipe elektronik dengan audio membutuhkan sumber listrik untuk beroperasi selama penerbangan. Instrumen kurang diminati selama peluncuran dan pendaratan, dengan pengecualian aerotow, di mana pilot biasanya ingin menghindari pelepasan di wastafel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Federal Aviation Administration, Glider Flying Handbook, Skyhorse Publishing Inc., 2007 ISBN 1-60239-061-4 pages 4-7 and 4-8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]