Spoileron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Spoileron.jpg

Dalam aeronautika spoileron adalah sebuah permukaan kontrol penerbangan, spoiler khusus yang dapat digunakan asimetris untuk mencapai efek aileron, yaitu untuk menggulung sebuah pesawat dengan mengurangi lift dari satu sayap tetapi tidak seperti ailerons tidak meningkatkan angkat dari sayap lainnya. Sebagai efek samping sebuah angkat spoileron juga meningkatkan drag pada salah satu sayap yang menyebabkan pesawat untuk yaw yang dapat dikompensasikan dengan kemudi. Tapi karena roll dan gerak yaw keduanya ke sayap dengan mengangkat spoileron, biasanya diinginkan. Spoileron dapat digunakan untuk membantu aileron atau mengganti mereka sepenuhnya, sehingga mengurangi jumlah permukaan kontrol.

Awal penggunaan spoileron berada di pesawat tempur malam Northrop P-61 Black Widow.

B-52 Stratofortress tidak memiliki aileron karena mereka akan menyebabkan memutar berlebihan sayap yang sangat fleksibel. Ini mencapai kontrol roll sepenuhnya melalui spoileron dipasang di dekat pusat sayap di sekitar tempat yang sama seperti kebanyakan glider. Mitsubishi Mu-2 memiliki flaps double-slotted yang mengambil sayap panjang penuh, tanpa meninggalkan ruang untuk aileron. Seperti B-52 memiliki spoileron dekat pusat sayap. Pesawat lain dengan full-length flaps double-slotted adalah Wren 460. Itu serangkaian spoileron pada setiap sayap yang memutar selebaran angin untuk membantu dengan kontrol roll.

Boeing dari pesawat jet memiliki cepat bertindak spoiler. Mereka ganda sebagai spoileron yang membantu aileron ketika pilot perintah tingkat tinggi roll. Ini dapat dengan mudah dilihat dalam operasi ketika pilot berjuang crosswinds berembus ketika mendarat.

Referensi[sunting | sunting sumber]