Keluarga Sumdac

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sari Sumdac)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Keluarga Sumdac merupakan salah satu keluarga yang menjadi tokoh utama dalam serial animasi televisi Transformers: Animated. Keluarga ini ditampilkan dalam dua karakter utama, yaitu Professor Dr. Isaac Sumdac, dan putrinya yang berusia delapan tahun, Sari Sumdac.

Isaac Sumdac[sunting | sunting sumber]

Dr. Isaac Sumdac
Autobot
Model alternatifNone
SeriTransformers: Animated
Sulih suara InggrisTom Kenny

Profil[sunting | sunting sumber]

Professor Dr. Isaac Sumdac adalah seorang ilmuwan pandai berusia lebih dari 50 tahun, dan merupakan otak dari robotisasi kota Detroit. Sewaktu ia masih muda ia menjadi penemu dari kepala Megatron yang hancur akibat di bom oleh Starscream, di mana kemudian Sari secara tidak sengaja menghidupkannya lewat kunci ajaibnya.

Lewat kepala Megatron itulah, Mr. Sumdac menciptakan beragam jenis robot yang kebanyakan dipakai untuk membantu manusia dan memudahkan pekerjaan manusia. Bangunan pabriknya, yaitu Sumdac Tower merupakan bangunan gedung tertinggi yang berada di kota Detroit.

Pengisi suara Professor Sumdac adalah aktor Tom Kenny.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Professor Dr. Isaac Sumdac tampil dalam episode pertama Transformers: Animated, ketika ia masih muda. Kala itu ia menemukan kepala Megatron yang kemudian ia rahasiakan selama lebih kurang 50 tahun. Selama itu pula, ia banyak menciptakan beragam jenis robot. Bahkan ia juga menjadi salah satu ahli perbaikan Autobots.

Dalam usahanya untuk memperbaiki Dino-Drive, Mr. Sumdac sempat ditipu oleh Megatron yang saat itu berhasil aktif kembali berkat kunci Sari, dengan mengaku sebagai salah satu dari Autobots. Megatron lantas membantu Mr. Sumdac untuk memperbaiki robot dino tersebut, yang kemudian berubah menjadi Dinobots berkat kekuatan kunci Sari. Megatron kemudian banyak memengaruhi beragam penemuan Mr. Sumdac yang dimaksudkan akan digunakan untuk mencelakakan Autobots. Salah satu penemuan Mr. Sumdac yang dikerjai oleh Megatron adalah mainan music milik Sari Sumdac, yang kemudian berubah menjadi robot besar bernama Soundwave.

Di season kedua, Isaac Sumdac diculik oleh Megatron dan Decepticons. Mereka lantas memaksa Mr. Sumdac untuk membuatkan mereka Jembatan Luar Angkasa agar para Decepticons bisa kembali ke Cybertron. Namun akhirnya Isaac Sumdac berhasil diselamatkan oleh Optimus Prime dan Sentinel Prime.

Sari Sumdac[sunting | sunting sumber]

Sari Sumdac
Autobot
Model alternatifNone
SeriTransformers: Animated
Sulih suara InggrisTara Strong

Profil[sunting | sunting sumber]

Sari Sumdac adalah putri dari Isaac Sumdac yang berusia delapan tahun, dan merupakan sahabat terdekat dari para Autobots. Ia memiliki kekuatan yang tersimpan pada kunci ajaibnya, yang tadinya hanyalah sebuah kunci sekuriti biasa sebelum akhirnya tercampur dengan kekuatan Allspark.

Kunci yang selalu dipegang Sari tersebut ternyata bisa mendeteksi bahaya. Dan Sari Sumdac selalu dilindungi oleh Bumblebee ke mana pun ia pergi. Sari merupakan gadis yang cerdas, walaupun sebenarnya ia tidak pernah bersekolah secara formal.

Pengisi suara Sari Sumdac adalah aktris Tara Strong.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Sari Sumdac terlibat beberapa petualangan seru bersama Autobots, di mana ia menjadi penolong Autobots untuk bisa bangkit kembali dan kemudian ia menjadi teman dekat dari Bulkhead dan Bumblebee.

Ia juga nyaris terlibat dalam bahaya ketika mainan musik robotnya, yaitu Soundwave berubah menjadi robot besar, di mana ternyata, robot tersebut sudah mendapat sentuhan tambahan dari Megatron, tetapi akhirnya robot tersebut akhirnya bisa dihancurkan oleh Bulkhead.

Sari Sumdac sempat gundah saat ia mengetahui bahwa dalam catatan Isaac Sumdac ia tidak mendapati akta kelahiran dan siapa sebenarnya ibunya. Akhirnya Sari yang labil dan sedih kemudian kabur dari Sumdac Tower dan pindah ke markas Autobots. Bumblebee dan Bulkhead kemudian mencoba membantu mencari tahu siapa sebenarnya Sari Sumdac. Bumblebee kemudian berpendapat bahwa Sari adalah alien, dan Bulkhead berpendapat bahwa Sari adalah robot yang diciptakan oleh Mr. Sumdac.

Dalam episode "Sari, No One's Home", Sari menjadi penolong bagi Constructicons yang hilang ingatan, yaitu Scrapper dan Mixmaster, tetapi keduanya malah bermaksud akan menculik Sari, sebelum akhirnya Autobots berhasil menghalau mereka berdua. Dalam "A Bridge Too Close" Pt. 2, lengan Sari terluka, dan apa yang dikatakan Bulkhead ternyata benar, Sari adalah robot berwujud manusia, di mana ketika terluka, di lengannya terlihat jelas komponen-komponen sirkuit elektronik.