Combaticon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Combaticons (Combatrons di Jepang) adalah salah satu sub-grup Decepticons dari serial The Transformers.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Kelima anggota Combaticons original yang kita kenal adalah sebagai berikut:

  • Onslaught (jenis: Truk Anti-pesawat) – Pemimpin Combaticons
  • Blast Off (jenis: Pesawat Ulang Alik)
  • Brawl (jenis: Leopard Tank)
  • Swindle (jenis: Mobil Jeep)
  • Vortex (jenis: Helikopter UH-60 Black Hawk)

Seluruh anggota Combaticons (seperti juga tim kombinasi lainnya) bisa berubah menjadi sebuah robot raksasa bernama Bruticus.

Combaticons adalah nama untuk subgrup Transformers yang bisa berubah menjadi peralatan milik pemerintah dari Decepticons. Keandalan Combaticons adalah mereka dapat menyerang sesuatu layaknya peralatan militer milik manusia secara halus. Lawan atau rival dari Combaticons adalah Protectobots.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Awal mula Combaticons berlangsung sekitar beberapa juta tahun yang lalu tepatnya ketika perang besar ketiga antara Autobots dan Decepticons saat sebuah grup bernama Renegade Decepticons mencoba mengambil alih kepemimpinan Megatron. Namun usaha mereka gagal dan Megatron memerintahkan Shockwave untuk menghancurkan mereka semua. Sementara komponen kepribadian mereka disimpan disebuah penjara, tepatnya di ruang 217, yang mana pada tahun 1985, Starscream mencuri komponen tersebut untuk mmbuat projeknya sendiri, dengan maksud sama, yaitu mengambil alih kepemimpinan Decepticons dari tangan Megatron.

Starscream kemudian menggunakan komponen kepribadian tersebut dengan memasukkannya ke dalam beberapa kendaraan bekas Perang Dunia II yang terdampar di pulau Guadalcanal, dan menamainya "Combaticons".


Dua di antara lima anggota Combaticons yang kendaraan perangnya tidak bisa diperbaiki kemudian berubah menjadi jenis lain. Yaitu Blast Off yang menjadi pesawat ulang alik (seperti Astrotrain), padahal asalnya adalah pesawat perang rongsokan dan Vortex yang menjadi helikopter baru (kasusnya sama seperti Blast Off). Namun Combaticons ternyata masih sama seperti dulu, tidak bisa diatur. Akhirnya setelah kekacauan yang dibuat oleh Starscream, Megatron memutuskan untuk mengasingkan Starscream ke sebuah asteroid. Namun Onslaught malah merencanakan untuk menabrakkan asteroid tersebut dengan Cybertron dan kemudian sasaran berikutnya adalah Bumi.

Megatron bersama pasukan jetnya (termasuk Constructicons) mulai turun tangan untuk membereskan Starscream dan Combaticons. Namun sayang gagal, hingga akhirnya Autobots yang juga ingin menyelesaikan kasus ini setuju mengajak Decepticons berkerjasama.

Melalui sebuah senjata yang sebagian komponennya diambil dari tubuh Megatron dan Optimus Prime, pihak gabungan Autobots dan Decepticons akhirnya berhasil menghentikan Combaticons. Selanjutnya Megatron memerintahkan Blitzwing, Soundwave, dan Shockwave untuk memprogram ulang Combaticons agar patuh terhadap perintah Megatron.

Combaticons “baru” yang merupakan hasil pemograman ulang Megatron tersebut lalu ditugaskan di Timur Tengah. Mereka lantas berhadapan dengan Aerialbots dan Protectobots. Dimana pihak Combaticons mengalami kekalahan. Namun dalam Perang Besar 2005, pihak Combaticons tidak ikut campur dalam perang antara Autobots dan Decepticons tersebut.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara anggota Combaticons dalam serial Transformers original versi bahasa Inggris antara lain adalah:

Transformers G2[sunting | sunting sumber]

Dengan dirilisnya Transformers: Generation 2 pada tahun 1990-an, tim Combaticons juga rencananya akan dirilis ulang dengan warna dan penampilan baru, dan Onslaught akan mendapatkan senjata baru, berupa peluncur roket. Namun, ketika semua tim Transformers mendapatkan penyegaran, Combaticons masih melanjutkan skema warna orsinil, seperti tercantum dalam buku komik versi Marvel.

Robots in Disguise[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini, Combaticons dicat ulang dan dinamai ulang menjadi Decepticon Commandos. Dalam versi Jepang namanya adalah CarRobots, dan kemudian disebut dengan nama Combatrons.

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

Combaticons juga tampil dalam serial 2004 berjudul Transformers: Energon. Kali ini yang tampil sebagai anggota Combaticons adalah:

  • Barricade (Onslaught di Jepang), pemimpin tim, dan merupakan tubuh utama dari Bruticus Maximus.
  • Blight (Brawl), bisa berubah menjadi sebuah tank.
  • Kickback (Swindle), sama seperti Blight.
  • Blackout (Vortex), bisa berubah menjadi sebuah helikopter.
  • Stormcloud (Blast Off), sama seperti Blackout.

Semuanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Bruticus Maximus. Sayangnya tidak ada data yang mendetail tentang kelima anggota Combaticons tersebut.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Combaticons (bersama Constructicons) adalah dua tim kombinasi yang dimiliki oleh Decepticons. Mereka tampil dalam beberapa episode Transformers: Energon. Namun mereka semua dapat dikalahkan oleh tim Aerialbots yang bergabung menjadi Superion Maximus.

Bruticus Maximus diisi suaranya oleh Trevor Devall (bahasa Inggris) dan Makoto Yasumura (bahasa Jepang).

2007 Transformers Film[sunting | sunting sumber]

Dalam film karya sutradara Michael Bay ini hanya dua anggota Combaticons yang tampil, yaitu Brawl yang tampil sebagai tank M1 Abrams Tank dan Blackout yang juga merupakan nama lain dari Vortex yang tampil sebagai helikopter MH-53 Pave Low Special Ops Helicopter. Namun dalam bentuk mainan, Swindle juga tampil. Ia bisa berubah menjadi sebuah mobil.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Satu anggota Combaticons, Swindle, tampil dalam serial Transformers: Animated. Ia tampil dalam episode 24, "S.U.V. - Society of Ultimate Villainy".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]