Soundwave

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Soundwave" beralih ke halaman ini. Untuk grup musik Indonesia, lihat Soundwave (grup musik).
Soundwave
Soundwave.jpg
Decepticon
Sub-grup Action Master
Communications
Go-Bot
Laser Cycle
Targetmaster
Fungsi Communications
Rekan Buzzsaw, Laserbeak, Ravage, Rumble, Space Case, Wingthing
Semboyan "Cries and screams are music to my ears."
Model alternatif Communications tower
Tape recorder
Stock Car
Sepeda motor
Cybertronian tank
MP3 mini player
Seri Seluruh seri Transformers, baik versi Jepang ataupun versi Amerika Serikat

Soundwave (versi Transformers Jepang adalah Soundblaster) adalah salah satu tokoh robot fiksi dari serial The Transformers. Ia bisa berubah dari robot menjadi sebuah tape recorder. Soundwave merupakan salah satu anggota Decepticons pimpinan Megatron. Ia merupakan salah satu anggota yang loyal pada Megatron. Ia mempunyai rival dari Autobots yaitu Blaster.

Transformers: Generation 1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Soundwave merupakan satu dari sedikit tokoh Transformers yang banyak dikenal orang disebabkan bentuknya yang unik yaitu sebuah tape recorder.

Ia dapat mendeteksi dan mengacaukan transmisi radio di udara. Dan berkat kemampuannya itu, Soundwave mendapatkan tempat sebagai Petugas Komunikasi Decepticons, baik ketika dipimpin oleh Megatron maupun ketika dipimpin oleh Galvatron. Selain itu ia juga dapat membaca pikiran dan mencuci otak manusia.

Soundwave merupakan satu dari sedikit robot Transformers yang terkuat mentalnya. Ia berubah menjadi sebuah tape recorder Bumi. Sebelumnya di Cybertron, ia bisa berubah menjadi sebuah menara lampu jalan.

Pengisi suara Soundwave adalah aktor Frank Welker, di mana saat proses sulih suara berlangsung, pihak produser menggunakan alat vocoder untuk menampilkan suara monotone khas robot. Namun dalam sempat dalam dua episode, suara Soundwave tidak tersaring secara khusus. Akibatnya suara Soundwave mirip dengan Megatron yang juga diisi suaranya oleh Frank Welker. Sementara di Jepang pengisi suara Soundwave adalah Issei Masamune, sekali lagi pihak Takara juga menggunakan alat vocoder untuk menampilkan suara robot khas Soundwave.

Daftar kaset[sunting | sunting sumber]

Layaknya tape recorder didunia nyata, Soundwave mempunyai beberapa kaset yang setiap saat bisa dikeluarkan untuk membantunya. Kaset-kaset itu kebanyakan adalah kaset yang bisa berubah menjadi robot atau binatang. Kaset-kaset yang dikeluarkan dari deck Soundwave selengkapnya adalah sebagai berikut:

Ravage dan Laserbeak merupakan robot yang paling sering keluar di serial Transformers AS season satu dan dua. Sementara itu Rumble (bersama Frenzy) sering tampil sebagai robot independen. Keahlian Rumble adalah ia mampu membuat gempa Bumi. Dan ia juga terkenal sebagai pencuri ulung, salah satunya adalah saat ia mencuri mobil-mobil untuk dijadikan Stunticons. Sementara Ratbat baru muncul di season tiga dan di Transformers: The Headmasters untuk mengatasi keterbatasan yang dimiliki Laserbeak.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Transformers 1980-an, Soundwave adalah salah satu robot kepercayaan Megatron. Dengan kaset-kaset di decknya, Soundwave banyak ditugaskan oleh Megatron untuk memata-matai Autobots. Salah satu contohnya ketika ia memata-matai Autobots di Iacon dan mendengar bahwa Autobots akan meninggalkan Cybertron untuk mencari energi baru. Bergabung bersama Megatron di The Nemesis, Decepticons kemudian menyerang The Ark milik Autobots, hingga akhirnya mereka semua jatuh ke Bumi, dan meninggal sampai akhirnya mereka bangkit kembali pada tahun 1984.

Selanjutnya, Soundwave memegang posisi penting di Decepticons, ia terkenal sebagai pembuat kubus energon kosong yang siap diisi dan membuat Jembatan Luar Angkasa baru untuk menghubungkan Bumi dan Cybertron. Kemudian ia membaca jalan pikiran dari otak Chip Chase untuk digunakan sebagai antisipasi dari serangan Autobots. Dan tentu saja, tindakan spionase di Cybertron ia lanjutkan di Bumi.

Salah satu momen terburuk Soundwave adalah saat ia harus berhadapan dengan Blaster, yang notabene mempunyai bentuk serupa dengan Soundwave. Sebelumnya ia bersama Starscream mencoba mencuci otak warga kota dengan gelombang ultrasonic.

Soundwave merupakan robot yang paling loyal kepada Megatron. Ia nyaris tewas saat bertarung di Autobot City pada 2005. Namun ketika ia mengetahui Megatron tewas, ia sempat memberanikan diri menjadi pemimpin Decepticons yang baru. Sampai tiba saatnya Galvatron tiba dihadapannya dan akhirnya Soundwave meneruskan posisinya untuk tetap loyal pada Galvatron yang merupakan reinkarnasi dari Megatron.

Transformers: The Headmasters[sunting | sunting sumber]

Soundwave memang tidak tampil dalam tiga episode terakhir Transformers versi AS, namun ia tampil dalam serial ekslusif Jepang The Transformers: The Headmasters. Kali ini ia tampil sebagai Soundblaster (New Soundwave di Inggris dan Amerika Serikat, serta Vizar di Italia). Mainannya sendiri juga hanya tersedia di Jepang.

Cerita Soundwave di Transformers: The Headmasters dimulai saat ia dan Blaster bertarung di Kutub Utara ketika Autobots dan Decepticons bertarung mencari Matrix. Baik Blaster maupun Soundwave bertarung ketat hingga akhirnya mereka cedera fatal, dan akhirnya tubuh Soundwave meledak, sementara Blaster tertimpa reruntuhan tubuh Soundwave sebelum akhirnya diselamatkan kaset-kasetnya. Dengan menggunakan teknologi pembangunan dari planet Master, pemimpin Decepticons Headmasters, yaitu Zarak (Scorponok) berhasil membangun kembali Soundwave sebagai Soundblaster. Dengan warna yang sedikit berbeda dari Soundwave sebelumnya. Kembali Soundblaster loyal pada Galvatron dan Scorponok sambil terus menjalankan spionase untuk Autobots, kali ini dengan Ratbat.

Beast Wars[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Sebuah karakter bernama Soundwave --- tentu saja tidak ada hubungannya dengan karakter orsinil G1 --- dirilis sebagai bagian dari Beast Wars Mutants pada tahun 2000. Meskipun Beast Wars resminya merupakan kelanjutan atau ada hubungannya dengan Generation 1 (di mana Soundwave tampil sebagai cameo dalam salah satu episode berjudul The Agenda Pt. III), karakter yang dirilis ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Decepticon orisinil Soundwave.

Sebagai mutan, Soundwave versi ini bisa berubah dari kelelawar menjadi alligator, tanpa mode robot. Dengan radar yang ada dalam mode kelelawar dan rahang tajam yang ada di mode alligator, ia terlibat dalam beragam misi. Dengan radar yang ia miliki, Soundwave dapat mendeteksi semua gelombang secara sensitive. Dan dalam mode alligator, ekornya dapat mendeteksi gerakan seismic dalam tanah.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Diasumsikan, Soundwave secara tiba-tiba tampil dalam sebuah insiden yang kemudian membawanya terbang ke orbit ketika Bumi dalam masa prasejarah dalam serial Beast Wars.

Transformers: Cybertron[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers: Cybertron, Soundwave adalah Transformer kedua yang berasal daru sebuah planet misterius bernama Planet X. Ia membawa model alternatif yang berasal dari planet X yaitu sebuah jet, bersama rekannya yang kecil, yang kemudian disebut Laserbeak (alias Killer Condor di Jepang). Dalam serial TV versi bahasa Inggris, ia lebih banyak menampilkan suara manusia seutuhnya, berbeda dengan di versi G1. Walaupun begitu, beberapa ungkapan khas robot seperti di G1 masih terus dipertahankan, seperti ketika ia berbicara: "He got served" dan "Peace out, bots" dan berbicara di lapangan tempur, "The Floor."

Menurut biodata resminya, Soundwave yang berasal dari Planet X ternyata adalah seorang agen untuk Unicron. Bersama Sideways, mereka berdua adalah korban selamat dari usaha pemusnahan massal, dan kemudian mereka sepakat untuk loyal kepada Unicron. Soundwave di versi ini memiliki senjata berupa dua kanon, dan ia dapat bersembunyi disamping hologram saat ia bekerja dengan Laserbeak.

Pengisi suara Soundwave dalam versi bahasa Inggris di serial ini adalah Gary Chalk yang kemudian digantikan oleh Robert O. Smith. Sementara dalam versi bahasa Jepang, pengisi suaranya adalah Taketora.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Pertama kali Soundwave tampil adalah dalam episode Titan, menawarkan kepada Megatron dan anak buahnya untuk datang ke planet Gigantion, di mana dalam sebuah scene ada yang menampilkan Sideways dan Starscream sedang masuk ke Atlantis dengan sebuah tape recorder pemutar kaset berwarna ungu dengan symbol Decepticon yang sedang memainkan musik untuk menghilangkan perbedaan antara dua robot jahat tersebut. Tidak diketahui secara pasti apakah ini Soundwave atau bukan, tetapi yang pasti ia tampil dalam episode Titan dan beberapa episode lainnya. Selanjutnya ia mencoba melawan Optimus Prime dan Wing Saber dan kemudian bertarung secara hebat sampai Megatron kalah oleh Metroplex dan Decepticons kemudian memutuskan untuk mundur dan merencanakan hal baru.

Singkatnya setelah mereka tiba di Gigantion dan kemudian Megatron berubah menjadi Galvatron, Soundwave dilupakan oleh Decepticons, dan kemudian bergabung bersama rekannya, Sideways. Dalam sebuah pertempuran melawan Autobot Cybertron Defense Team, ia menerangkan tentang sejarah dunianya, dan bagaimana mereka memakai Cyber Planet Keys untuk mendapatkan kebangkitan di Gigantion.

Selanjutnya, ia dan Sideways memilih untuk membumbui pertarungan antara Galvatron dan Starscream untuk memperebutjab Planet Keys dan Omega Lock. Namun Soundwave tampil beberapa lama kemudian, ketika Starscream masuk ke sebuah dimensi lain bersamanya dan Sideways. Starscream sendiri tampil kembali ketika serial ini mendekati akhir, dan diyakini Soundwave dan Sideways juga kembali.

Soundwave adalah karakter yang dalam serial ini tidak pernah disebutan Cyber Key-nya. Dalam versi mainan, Cyber Key miliknya bisa membuka deck tapenya yang digunakan untuk menyimpan Laserbeak atau salah satu dari dua kanon yang ia miliki.

Sebagai bentuk penghargaan, Soundwave versi G1 ditampilkan sebagai cameo dalam serial ini dengan sebuah boombox berwarna biru yang digunakan Sideways untuk mendengarkan musik.

Transformers: Film[sunting | sunting sumber]

The Movie 2007[sunting | sunting sumber]

Soundwave tidak muncul dalam film Transformers 2007 karya sutradara Michael Bay. Sebenarnya pihak Paramount Film sudah menyiapkan bentuk robot Soundwave yaitu sebagai sebuah helikopter. Namun sang sutradara menolak karena ia lebih menginginkan Soundwave tampil sebagai tape recorder. Sementara pihak animator sendiri kesulitan menampilkan Soundwave dalam bentuk tape recorder (hal yang sama juga untuk Megatron dalam bentuk pistol). Akhirnya semua pihak produser film dan sutradara setuju untuk tidak memakai Soundwave dalam film tersebut.

Revenge of The Fallen[sunting | sunting sumber]

Pada akhir 2007 lalu diadakan sebuah poling tentang karakter apa saja yang ingin ditampilkan dalam sekuel Transformers. Ternyata Soundwave adalah satu dari banyak karakter yang diminta oleh masyarakat agar tampil dalam sekuel film tersebut. Michael Bay selaku sutradara Transformers pun akhirnya memastikan Soundwave akan tampil dalam film sekuel Transformers: Revenge of the Fallen. Dalam film yang di rilis pada 26 Juni di AS ini, Soundwave menjadi sebuah satelit luar angkasa yang menyadap satelit milik Amerika Serikat demi mendapatkan sisa potongan All Spark.Dialah juga yang menembakkan misil yang ternyata adalah Ravage.Hal itu bertujuan agar Ravage mencuri potongan Allspark terakhir di pangkalan US.dia berhasil melakukannya dengan mengisi lubang udara dengan semacam bola besi yang yang bergabung menjadi robot tipis setinggi 50-70 cm yang bernama Reedman dia sempat menyerang salah satu anggota NEST. Namun, Soundwave tidak tampil dalam pertempuran di Mesir.

Dark of the Moon[sunting | sunting sumber]

Di Dark of the Moon, Soundwave diperlihatkan untuk sudah berada di Bumi sejak 1970an. Pada masa kini, setelah pertempuran Mesir, dia muncul di Afrika bersama Megatron, Starscream, dan Laserbeak. Dia dan Laserbeak memberitahu Megatron bahwa mereka telah menyembunyikan keberadaan pesawat luar angkasa Ark di Bulan. Mengetahui ini, Megatron memerintahkan Laserbeak untuk membunuh sekutu-sekutu manusia mereka. Satu-satunya sekutu manusia yang tidak dibunuh, Dylan Gould, mempunyai mobil Mercedes Benz SLS-AMG yang ternyata adalah Soundwave, yang kemudian dijadikan hadiah untuk Carly, pacar Sam. Soundwave kemudian menyandera Carly untuk memaksa Sam mencari tahu rencana balasan Autobots. Di pertempuran Chicago, Soundwave dan 4 Decepticons lainnya menangkap 5 Autobots. Dylan meyakinkan Soundwave untuk membunuh tahanan yang menyebabkan dia setuju untuk melakukannya. Soundwave menyuruh Barricade untuk menembak mati Que. Korban selanjutnya adalah Bumblebee. Namun, kapal-kapal Decepticons yang jatuh mengalihkan perhatian Soundwave dan pasukannya. Bumblebee membunuh Soundwave dengan menembak kepalanya hingga lepas dari badannya.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Soundwave kembali tampil dalam serial Transformers: Animated. Kali ini ia diceritakan bisa berubah menjadi sebuah speaker tape. Ia diciptakan oleh Megatron sebagai hadiah ulang tahun untuk Sari Sumdac. Namun di luar itu, sebenarnya tujuan Megatron menciptakan Soundwave adalah untuk memata-matai Autobots.

Mirip seperti di versi G1, kali ini pun, Soundwave kembali tampil dengan suara khasnya. Pengisi suara Soundwave (Jeff Bennett) tidak berkeberatan dengan suaranya yang disaring memakai vocoder supaya memunculkan suara robot khas Soundwave.

Musuh utama Soundwave dalam serial ini adalah Bulkhead. Dalam sebuah pertarungan, Bulkhead sebenarnya berhasil mengalahkan Soundwave. Namun sebelum Soundwave hancur, ia dengan segera mengubah dirinya menjadi sebuah MP3 player, dan kabur. Sejak itulah Soundwave tidak diceritakan lagi dalam serial ini.

Soundwave kali ini bermodel mobil dengan gitar listrik raksasa.Berbeda di serial sebelumnya yaitu tape recorder.Gitar listrik Soundwave selain untuk senjata bisa untuk menghipnotis dengan suara ultrasonic.Masalahnya Soundwave kesulitan dalam mengontrol gitarnya,sehingga kadang-kadang anggota Decepticons merasa terganggu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]