Metroplex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Metroplex adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers. Dalam Transformers G1 ia tampil sebagai sebuah kota, dan dalam Transformers: Cybertron ia tampil sebagai salah satu komandan Autobots.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Metroplex merupakan sebuah robot dengan tiga bagian kecil yang berbeda fungsinya. Pertama, Six-Gun, sebuah benteng pertahanan. Kedua, Scamper, sebuah robot yang bisa berubah menjadi mobil, dan ketiga adalah Slammer, sebuah tank.

Lawan utama dari Metroplex adalah Trypticon, selain itu ia juga seimbang kekuatannya dengan Fortress Maximus dan Scorponok. Pengendali utama dari Metroplex adalah Blaster.

Metroplex tampil dalam serial season ketiga. Setelah The Ark dihancurkan oleh Trypticon, Blaster sempat khawatir karena sasaran selanjutnya Trypticon adalah Metroplex. Namun berkat kecepatan dari Blurr, Wheelie, Marrisa Faireborn, dan Sky Lynx yang mengantarkan roda transformasi Metroplex, akhirnya Metroplex bisa berubah dan bangun. Ia lantas menghajar dan melemparkan Trypticon jatuh ke laut.

Selanjutnya, Metroplex membantu manusia untuk mengembalikan monumen-monumen internasional yang dicuri Trypticon untuk Republik Federal Sosialis Demokrat Carbombya. Monumen-monumen itu adalah menara Eiffel (Paris, Prancis), patung Liberty (New York, AS), Taj Mahal (New Delhi, India), dan Piramida (Kairo, Mesir). Bahkan Metroplex juga berhasil menggagalkan usaha Trypticon untuk mencuri Kremlin dari lapangan merah, Moskow, Rusia.

Metroplex kemudian tampil dalam beberapa petualangan, diantaranya salah satu matanya dicuri oleh Starscream, kemudian roda transformasinya dicuri oleh Scourge, lalu Rodimus Prime memintanya untuk mematikan sistemnya saat hate plague merebak luas.

Transformers: Cybertron[sunting | sunting sumber]

Dalam serial ini, Metroplex tampil sebagai salah satu komandan Autobots. Di Jepang ia dikenal dengan nama Megalo Convoy.