Saibertron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cybertron)
Langsung ke: navigasi, cari

Saibertron (Cybertron) adalah nama sebuah planet fiksi dari serial The Transformers. Planet ini merupakan kampung halaman dari semua robot Transformers, baik Autobots maupun Decepticons.

Profil[sunting | sunting sumber]

Transformers serial kartun[sunting | sunting sumber]

Saibertron diceritakan sudah ada sejak 12 juta tahun yang lalu, saat itu Quintessons membangun planet ini sebagai pabrik pembuatan robot. Ada dua jenis robot yang dihasilkan oleh Quintessons, pertama adalah Autobots yang tadinya dimaksudkan untuk penjualan komersial. Satunya lagi adalah Decepticons, yang tadinya dimaksudkan untuk penggunaan militer.

Namun karena satu dan lain hal, kedua ras robot cerdas tadi berubah menjadi saling memusuhi. Pihak Quintessons sebagai pencipta mereka diusir dari Saibertron. Memasuki masa 9 juta tahun yang lalu, Cybetron adalah sebuah planet yang kaya akan energi. Namun diawali oleh keserakahan Megatron akan energi, Cybetron yang indah akhirnya berubah menjadi planet mati. Sisa-sisa tentara Autobots yang dipimpin oleh Optimus Prime mencoba untuk mencari kehidupan baru di luar angkasa. Mereka pergi ke Bumi, di luar dugaan pihak Decepticons pun mengikuti mereka hingga akhirnya mereka tiba di Bumi dan masih terus bermusuhan hingga tahun 2006, ketika pada saat itu Decepticons menjadi pihak yang kalah dalam perang.

Selama masa perang, hubungan antara Saibertron dan Bumi dibangun melalui jembatan luar angkasa yang dibangun oleh Decepticons. Mengetahui ide kreatif Decepticons di bawah pimpinan Megatron tersebut, Autobots tidak punya jalan lain selain meniru ide tersebut. Hubungan yang dibangun antara Bumi-Saibertron adalah untuk pengiriman energi, yaitu kubus energon.

Setelah perang besar pada 2006 tersebut, pihak Autobots di bawah pimpinan Rodimus Prime dan Ultra Magnus akhirnya bisa menempati planet kampung halaman mereka dulu. Mereka juga mengangkat duta besar dari bumi, yaitu Spike Witwicky bersama istrinya yaitu Carly, dan anaknya Daniel.

Namun di sisi lain, pihak Decepticons juga berusaha untuk merebut kembali Saibertron. Di bawah pimpinan Galvatron mereka melakukan apa saja demi mengalahkan Autobots, termasuk bekerjasama dengan Unicron dan Quintessons. Pihak Quintessons sebenarnya berpura-pura membela Decepticons. Tujuan sebenarnya mereka adalah menghancurkan Autobots, Decepticons, dan Unicron.

Namun di perang terakhir, pihak Quintessons akhirnya balik membela Autobots. Sementara itu diawali dari ide Spike yang merancang Transformers Headmasters, pihak Decepticons akhirnya kalah. Saibertron akhirnya kembali lagi ke masa keemasannya setelah Optimus Prime berhasil memecahkan misteri yang dikatakan oleh Vector Sigma.

Transformers film 2007[sunting | sunting sumber]

Dalam film Transformers 2007 karya Michael Bay, tidak banyak ditemukan perbedaan antara Saibertron versi kartun dan versi film. Perbedaan hanya ditemui ketika Optimus Prime menceritakan misi dan tujuan mereka setelah perang di Saibertron bersama Megatron cs. dari Decepticons, yaitu mencari AllSpark. All Spark itu diyakini berada dalam koordinat yang ditunjukkan oleh retakan kaca mata Archibald Witwicky, kakek Sam, yang tewas akibat menghidupkan rangka tubuh Megatron ketika ia menemukannya di kutub.

All Spark yang diperebutkan oleh Autobots dan Decepticons tersebut akhirnya hancur setelah Sam Witwicky menembakkannya ke dada Megatron. Sehingga dengan kehancuran tersebut, pihak Autobots (atau pun Decepticons) tidak akan bisa kembali ke planet Saibertron.