Daftar karakter Transformers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Daniel Witwicky)

Berikut merupakan karakter yang dimunculkan dalam waralaba media Transformers karya Hasbro dan Takara Tomy

Autobot[sunting | sunting sumber]

Decepticon[sunting | sunting sumber]

Transformers seri kartun[sunting | sunting sumber]

Transformers Generasi 1[sunting | sunting sumber]

Spike Witwicky
Ia merupakan salah satu teman manusia utama Autobots dalam Transformers G1. Ia diceritakan berusia 14 tahun (tahun 1984) saat bekerja membantu ayahnya di sebuah kilang minyak, yang mana kilang minyak tersebut kemudian diserang oleh Decepticons, dan kemudian Spike bersama ayahnya diselamatkan oleh Autobots. Ia kemudian berteman baik dengan Bumblebee. Selanjutnya, Spike nyaris tewas saat diserang oleh Decepticons. Dan untuk menyelamatkan nyawanya, ayahnya, Sparkplug, kemudian meng-transfer otaknya kedalam sebuah robot yang ia namakan Autobot X, yang ia ciptakan dari sisa-sisa suku cadang Autobots. Namun Spike yang labil, malah menganggap hal itu sebagai pe-monsteran dari dirinya. Dengan pengaruh Megatron, ia nyaris menembak ayahnya, sebelum akhirnya dirinya sadar dan berbalik menembak Decepticons dengan Megatron dalam mode pistol. Pada 1985, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Carly, dan selanjutnya ia bersama Carly terlibat beberapa aksi berbahaya, seperti saat pergi ke Cybertron untuk mengambil Cybertronium. Selanjutnya, Spike dan Carly menikah pada awal 1990-an, dan pada 1993 mereka memiliki putra bernama Daniel. Pada 2005, Spike diangkat menjadi duta besar Autobots untuk Bumi. Pada 2007, Spike menemukan suatu penemuan besar saat menggabungkan kekuatan Autobots dengan alien di planet Nebulons, untuk selanjutnya menjadi headmasters. Ia juga berjasa menyelamatkan Bumi dan Cybertron dan memanfaatkan Plasma Energy Chamber menjadi sebuah kekuatan baru yang membantu Cybertron menggapai kembali masa keemasannya.
Pengisi suara Spike adalah Corey Burton.
Sparkplug Witwicky
Ia merupakan ayah dari Spike. Keduanya merupakan teman baik Autobots. Sparkplug sering membantu Autobots dengan kompetensinya sebagai ahli mesin dan komputer. Sparkplug pertama kali muncul dalam episode dua Transformers season satu. Saat itu ia bekerja di sebuah kilang minyak lepas pantai bersama putranya, Spike. Lantas kilang minyak tersebut diserang oleh Megatron bersama Decepticons, hingga akhirnya Sparkplug dan Spike terjebak dalam air laut sebelum akhirnya diselamatkan oleh Autobots. Setelah penyelamatan tersebut, dan kilang minyak tempat ia dan putranya hancur, Sparkplug memutuskan untuk bergabung dengan tim Autobots. Dalam episode ketiga ia sempat berkata: "Rasaya lebih enak menjadi seorang mata-mata untuk Autobots ketimbang bekerja penuh bahaya di sebuah kilang minyak." Sparkplug yang juga ahli di bidang komputer dan alat-alat elektronik juga banyak berjasa kepada Autobots. Salah satunya adalah ia berhasil memperbaiki Teletraan I yang dihancurkan oleh Optimus Prime yang mengalami gangguan akibat ulah Megatron. Selain itu Sparkplug juga berjasa dalam menyelamatkan beberapa anggota Autobots yang mengalami masalah, seperti kasus Optimus yang kemudian diselamatkan dengan membuat sebuah alat penetralisir, lalu menemukan busa anti elektrik untuk mencegah makhluk kecil Kremzeek yang diciptakan oleh Megatron.
Pengisi suara Sparkplug Witwicky adalah Chris Latta.
Carly
Carly (nama belakangnya tidak disebutkan) bertemu Spike pada usia 16 tahun disebuah tempat rental video game. Awal mulanya, Carly hanya tertarik pada Bumblebee dan Autobots, tetapi Spike lama-lama jatuh hati kepadanya, dan Carly pun demikian. Ia lantas menjadi pahlawan bersama Spike saat mengambil Cybertronium di Cybertron. Walaupun sempat ditangkap oleh Shockwave, Carly bersama Spike dan Swoop bisa bebas dan menyelamatkan semua anggota Dinobots. Selanjutnya, beragam petualangan ia alami, hingga akhirnya ia menikah dengan Spike pada awal 1990-an, dan kemudian di 1993 Carly melahirkan putra pertamanya, Daniel. Selain itu, ia bersama Spike dan Daniel diangkat menjadi Duta Besar Autobots untuk Bumi.
Pengisi suara Carly adalah Arlene Banas.
Daniel Witwicky
Ia adalah putra dari pasangan Spike Witwicky dan Carly. Ia merupakan salah satu teman manusia dari Autobots. Daniel lahir tahun 1993, 12 tahun sebelum Autobots dan Decepticons terlibat perang besar ketiga yang akhirnya menjadi kekalahan di pihak Decepticons. Setelah perang besar usai, Daniel bersama ayahnya Spike dan Carly kemudian diangkat menjadi duta besar Bumi untuk Autobots di Cybertron. Masalah sempat muncul saat Daniel mengalami mimpi buruk bertemu dengan Galvatron raksasa, dan kemudian Quintessons menculik Daniel untuk dijadikan kelinci percobaan dalam sebuah mesin mimpi. Dalam mimpi tersebut, muncul juga Rodimus Prime, Ultra Magnus, dan pihak Predacons yang dipimpin oleh Razorclaw. Namun berkat perjuangan keras, Daniel akhirnya bisa mengalahkan komputer mimpi yang diciptakan oleh Quintessons. Daniel pernah juga terjebak di dimensi lain, saat ia bersama Grimlock yang merasa bosan dengan seremonial resmi bermain kesebuah lorong di Cybertron. Lantas ia lagi-lagi ditipu oleh salah satu Quintessons. Namun akhirnya sang ibu, Carly bersama Blaster berhasil menyelamatkan Daniel sekaligus pula mengusir Quintessons yang mengaku bernama Penyihir Merah. Dalam episode terakhir Transformers versi AS, Daniel diceritakan mengalami kecelakaan bersama seluruh tim Autobots saat mereka dikejar Decepticons di planet Nebulans. Akhirnya Spike memutuskan untuk menyembuhkan Daniel dengan cara menggabungkannya sebagai salah satu bagian dari Arcee. Dalam tubuh Arcee, Daniel berperan sebagai komandan sekaligus pengendali Arcee yang kemudian dikenal dengan nama Headmasters.
Pengisi suara Daniel adalah David Mendenhall.
Chip Chase
Ia merupakan salah satu teman manusia Autobots selain keluarga Witwicky (Sparkplug, Spike, Carly, dan Daniel). Ia digambarkan sebagai seorang pemuda cerdas berkacamata yang sangat ahli di bidang teknik, komputer, dan listrik. Sayangnya, ia memiliki satu kekurangan, yaitu ia harus memakai kursi roda. Namun alasan dan penyebab ia memakai kursi roda sama sekali tidak dijelaskan dalam serial The Transformers. Chip pertama kali muncul dalam serial season satu. Saat itu ia menjadi mandor di sebuah pembangkit listrik. Secara tiba-tiba pembangkit listrik tersebut diserang oleh Megatron bersama Decepticons. Tak lama berselang, Autobots bersama Sparkplug dan Spike datang menolong dan kemudian menyelamatkan Chip. Setelah itu, Chip memutuskan untuk bergabung bersama Autobots dan menyumbangkan keahliannya untuk membantu Autobots secara sukarela. Chip merupakan salah satu aktor pencipta dari dua anggota Dinobots, yaitu Swoop dan Snarl. Selain itu ia juga merupakan salah satu teman manusia Autobots (selain Carly) yang handal dalam mengoperasikan super komputer Teletraan I. Ketika Optimus Prime mengalami kerusakan karena serangan Megatron, Chip bersama Bumblebee dan Wheeljack kemudian terbang menuju Cybertron untuk mengambil salah satu komponen Optimus yang tersimpan di ruang kerja Wheeljack. Dengan kecerdasannya, kunci sandi dari pintu ruang kerja Wheeljack dapat dibuka secara mudah oleh Chip. Dan ia berhasil menyelamatkan Optimus dari kematian.
Dalam episode Megatron’s Master Plan, Chip menjadi salah satu tokoh yang berhasil kabur dari “kerja paksa” yang dilakukan oleh Decepticons setelah Autobots difitnah dan keluar dari Bumi. Melalui sebuah truk trailer, ia berhasil kembali ke markas Autobots, dan mencoba mencari tahu lewat Teletraan I, tetapi tak lama berselang datanglah Thrust dengan maksud membawa kembali Chip, terima kasih untuk Thrust karena ia menghancurkan Teletraan I, dengan demikian perintah “terbang ke matahari” yang Megatron perintahkan kepada Teletraan I berhasil terhapus, dan Cosmos yang menyelamatkan seluruh anggota Autobots dari kehancuran akhirnya bisa kembali membawa Autobots ke Bumi, dan kemudian melawan Decepticons sekaligus pula membebaskan para sandera.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Isaac Sumdac
Ia adalah seorang ilmuwan pandai berusia lebih dari 50 tahun, dan merupakan otak dari robotisasi kota Detroit. Sewaktu ia masih muda ia menjadi penemu dari kepala Megatron yang hancur akibat di bom oleh Starscream, di mana kemudian Sari secara tidak sengaja menghidupkannya lewat kunci ajaibnya. Lewat kepala Megatron itulah, Mr. Sumdac menciptakan beragam jenis robot yang kebanyakan dipakai untuk membantu manusia dan memudahkan pekerjaan manusia. Bangunan pabriknya, yaitu Sumdac Tower merupakan bangunan gedung tertinggi yang berada di kota Detroit. Dalam usahanya untuk memperbaiki Dino-Drive, Mr. Sumdac sempat ditipu oleh Megatron yang saat itu berhasil aktif kembali berkat kunci Sari, dengan mengaku sebagai salah satu dari Autobots. Megatron lantas membantu Mr. Sumdac untuk memperbaiki robot dino tersebut, yang kemudian berubah menjadi Dinobots berkat kekuatan kunci Sari. Megatron kemudian banyak memengaruhi beragam penemuan Mr. Sumdac yang dimaksudkan akan digunakan untuk mencelakakan Autobots. Salah satu penemuan Mr. Sumdac yang dikerjai oleh Megatron adalah mainan music milik Sari Sumdac, yang kemudian berubah menjadi robot besar bernama Soundwave. Di season kedua, Isaac Sumdac diculik oleh Megatron dan Decepticons. Mereka lantas memaksa Mr. Sumdac untuk membuatkan mereka Jembatan Luar Angkasa agar para Decepticons bisa kembali ke Cybertron. Namun akhirnya Isaac Sumdac berhasil diselamatkan oleh Optimus Prime dan Sentinel Prime.
Pengisi suara Professor Sumdac adalah aktor Tom Kenny.
Sari Sumdac
Ia adalah putri dari Isaac Sumdac yang berusia delapan tahun, dan merupakan sahabat terdekat dari para Autobots. Ia memiliki kekuatan yang tersimpan pada kunci ajaibnya, yang tadinya hanyalah sebuah kunci sekuriti biasa sebelum akhirnya tercampur dengan kekuatan Allspark. Kunci yang selalu dipegang Sari tersebut ternyata bisa mendeteksi bahaya. Dan Sari Sumdac selalu dilindungi oleh Bumblebee ke mana pun ia pergi. Sari merupakan gadis yang cerdas, walaupun sebenarnya ia tidak pernah bersekolah secara formal.
Sari Sumdac terlibat beberapa petualangan seru bersama Autobots, di mana ia menjadi penolong Autobots untuk bisa bangkit kembali dan kemudian ia menjadi teman dekat dari Bulkhead dan Bumblebee. Ia juga nyaris terlibat dalam bahaya ketika mainan musik robotnya, yaitu Soundwave berubah menjadi robot besar, di mana ternyata, robot tersebut sudah mendapat sentuhan tambahan dari Megatron, tetapi akhirnya robot tersebut akhirnya bisa dihancurkan oleh Bulkhead. Sari Sumdac sempat gundah saat ia mengetahui bahwa dalam catatan Isaac Sumdac ia tidak mendapati akta kelahiran dan siapa sebenarnya ibunya. Akhirnya Sari yang labil dan sedih kemudian kabur dari Sumdac Tower dan pindah ke markas Autobots. Bumblebee dan Bulkhead kemudian mencoba membantu mencari tahu siapa sebenarnya Sari Sumdac. Bumblebee kemudian berpendapat bahwa Sari adalah alien, dan Bulkhead berpendapat bahwa Sari adalah robot yang diciptakan oleh Mr. Sumdac. Dalam episode "Sari, No One's Home", Sari menjadi penolong bagi Constructicons yang hilang ingatan, yaitu Scrapper dan Mixmaster, tetapi keduanya malah bermaksud akan menculik Sari, sebelum akhirnya Autobots berhasil menghalau mereka berdua. Dalam "A Bridge Too Close" Pt. 2, lengan Sari terluka, dan apa yang dikatakan Bulkhead ternyata benar, Sari adalah robot berwujud manusia, di mana ketika terluka, di lengannya terlihat jelas komponen-komponen sirkuit elektronik.
Pengisi suara Sari Sumdac adalah aktris Tara Strong.

Transformers seri film[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

Samuel James Witwicky
Dalam film Transformers 2007, karakter bernama Sam (alias Spike jika dipanggil oleh teman-teman sekolahnya) diperankan oleh Shia LaBeouf. Ia diceritakan membeli mobil pertamanya, sebuah Chevrolet Camaro 1970-an yang tanpa sepengetahuannya adalah Bumblebee. Ia sempat akan dibunuh oleh Frenzy dan Barricade sebelum akhirnya ditolong oleh Bumblebee. Dalam usahanya mempertahankan AllSpark, ia nyaris tewas oleh Megatron, sebelum akhirnya diselamatkan Optimus Prime. Dan kemudian dengan menggunakan Allspark, ia berhasil membunuh Megatron dan sekaligus pula menyelamatkan dunia.
Mikaela Banes
Diperankan oleh Megan Fox, merupakan pacar dari Sam, dan juga sedikit ahli di bidang mekanik berkat pelajaran sederhana tentang mekanik dari ayahnya, yang ternyata adalah seorang pencuri mobil. Awalnya, Mikaela adalah pacar dari Trent, tetapi ia memutuskannya karena sesuatu hal, dan kemudian Sam menawarkan diri untuk mengantarkannya pulang. Mikaela kemudian mencoba memperbaiki Chevy Camaro (yang aslinya Bumblebee) milik Sam. Namun ia sedikit heran dengan kondisi mesin mobil tersebut yang berbeda dari biasanya. Ketika Mikaela mengkritik Bumblebee yang berwujud jelek, Sam sempat marah kepadanya. Meskipun begitu, Mikaela puas, karena Bumblebee meng-scan sebuah Chevy Camaro 2009, dan menjadikannya mobil baru. Dan dengan bantuannya juga, Bumblebee bias mengalahkan Devastator dalam pertarungan akhir memperebutkan Allspark.
Ronald Witwicky
Diperankan oleh Kevin Dunn, mengantarkan Sam untuk membeli mobil. Ia lantas mencari mobil yang harganya hanya 4000 dollar saja. Ketika sang pemilik dealer mobil bekas menolak untuk menjual Chevy Camaro 1976 seharga 4000 dollar, mobil tersebut malah menghancurkan semua mobil yang ada di dealer tersebut. Akhirnya Ron berhasil mendapatkan mobil untuk anaknya, yang tanpa ia sadari, mobil tersebut adalah Bumblebee.
Judy Witwicky
Ibu Sam, diperankan oleh Julie White. Ia mengetahui tentang Autobots yang menjadi teman Sam saat film berakhir, tetapi ia menolak untuk menjelaskannya kepada media massa.
Archibald Witwicky
Kakek Sam, dan merupakan orang yang menemukan Megatron di daratan kutub utara pada 1897. Secara tidak sengaja ia mengaktifkan system navigasi Megatron, dan menyebabkan Archibald tak sadarkan diri. Namun koordinat Allspark tergambar dengan jelas pada kacamatanya. Dan mengundang Decepticons dan Autobots untuk datang ke Bumi memperebutkan Allspark. Pemeran Kapten Archibald Witwicky adalah W. Morgan Sheppard.
Carly Spencer
Carly Brooks-Spencer adalah wanita muda Inggris, tapi dia berprestasi. Cerdas, percaya diri, dan cerdas, dia bahkan menangani situasi yang mengancam jiwa dengan sifat tenang yang mahir. Carly adalah pencium yang dalam dan sesekali membutuhkan mainan anak laki-laki miliknya untuk menempatkan bibir merah mudanya yang besar untuk ciuman terbesar yang pernah ada. Dia bertemu Sam Witwicky di Gedung Putih, dan jatuh cinta padanya. Setelah Pertempuran Chicago, Carly menikahi Sam atas saran Bumblebee, yang juga dia akui dia cintai. Karakter ini diperankan oleh aktris Inggris Rosie Huntington-Whiteley.
Seymour Simmons
Pada awalnya ia adalah antagonis minor di film pertama Transformers yang berubah menjadi antihero di film yang sama dan protagonis utama di Revenge of the Fallen dan Dark of the Moon serta karakter minor di The Last Knight. Pemerannya adalah John Turturro. Sejak kemunculannya di film pertama, ia digambarkan sebagai sosok yang bermulut besar, mudah panik, tetapi mencoba tegas saat berada dihadapan anak buahnya.
Dia adalah mantan kepala Agen Lapangan Sektor Tujuh. Dia adalah bagian dari barisan panjang Simmons yang merupakan kepala petugas di Sektor Tujuh. Kakek buyutnya menarik N.B.E.-1, Transformer pertama yang ditemukan, keluar dari es, dan kakek serta ayahnya menyiapkan Sektor Tujuh untuk menghadapi hari di mana lebih banyak N.B.E. akan tiba di Bumi. Dia mungkin dianggap brengsek, tetapi dia menganggap pekerjaan ini sangat pribadi.
William Lennox
Kolonel William "Wild Bill" Lennox adalah anggota United States Army Rangers sebelum direkrut ke dalam gugus tugas rahasia yang disebut NEST sebagai komandan lapangannya. Sebagai perwira muda yang cakap, Lennox memiliki persahabatan dan kepercayaan dari orang-orang di bawah komandonya. Ia diperankan oleh aktor Josh Duhamel.
Dia adalah tritagonis dari Transformers, Revenge of the Fallen, dan Dark of the Moon, dan antagonis sekunder yang enggan menjadi karakter utama dalam film Transformers: The Last Knight tahun 2017. Dia juga memiliki seorang istri dan seorang bayi perempuan di rumah.
Robert Epps
Robert Epps adalah Sersan Teknis di Angkatan Udara Amerika Serikat dan tokoh utama dalam serial film Transformers. Dia di bawah komando Kapten William Lennox. Dia sering menuntut membawa hal-hal, seperti "itu" dan "hujan". Dia berhak memakai baret merah dari Air Force Combat Control. Dia menyimpan kartu kredit Visa di salah satu dari banyak (Dia punya 10) kantong belakang. Yang di pipi pantat kirinya, tepatnya. Dia diperankan oleh Tyrese Gibson.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Dylan Gould
Ia adalah karakter fiksi dari film Transformers: Dark of the Moon. Dia adalah CEO Investasi Hotchkiss Gould dan juga mengumpulkan mobil kaya untuk "menjaga kewarasannya". Dia adalah majikan dari Carly Spencer, dan menyayanginya, terjadi memanggilnya "duchess saya". Gould juga membantu Sam Witwicky menemukan pekerjaan di Sistem Acuretta, memberikan majikan Sam, Bruce Brazos sebuah merekomendasikan huruf. Dalam rahasia, dia dalam pelayanan Decepticons, membantu mereka membunuh setiap orang yang terhubung ke misi ruang angkasa NASA Apollo 11. Dylan Gould digambarkan oleh Patrick Dempsey.

Referensi[sunting | sunting sumber]